Home Lifestyle Arab Saudi Siap Buka Sebagian Masjid dengan Aturan Ketat

Arab Saudi Siap Buka Sebagian Masjid dengan Aturan Ketat

written by Admin May 27, 2020
Arab Saudi Siap Buka Sebagian Masjid dengan Aturan Ketat

Pemerintah Saudi akhirnya mencabut penangguhan salat Jumat maupun salat-salat berjamaah lain di masjid-masjid di negara itu, kecuali masjid-masjid di Mekkah, mulai tanggal 8 Syawal 1441 Hijriah atau 31 Mei 2020.

“Kebijakan ini masih terbatas hingga tanggal 28 Syawal 1441 Hijriah atau 20 Juni 2020. Hal ini diumumkan oleh Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Arab Saudi, Abdullatif bin Abdulaziz Al Al-Sheikh, pada hari Selasa (26/5), melalui surat edaran yang ditujukan pada seluruh staff masjid di negara ini,” demikian dilansir laman resmi Saudi Press Agency.

Kendati demikian, Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Arab Saudi menegaskan pentingnya masjid-masjid tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam surat edaran itu, protokol yang harus dipatuhi antara lain, masjid baru boleh dibuka 15 menit sebelum adzan dan ditutup 10 menit setelah salat berjamaah. Waktu tunggu antara adzan dan iqamah ditetapkan selama 10 menit dan jendela dan pintu harus dibuka pada awal dan akhir salat berjamaah. Untuk shaf salat, jamaah diharuskan menjaga jarak 2 meter dan memberi jarak cukup lebar tiap barisnya.

Selain itu, mushaf-mushaf Al-Qur’an dan buku-buku keagamaan akan ditarik untuk sementara waktu. Surat edaran itu juga meminta agar masjid-masjid tidak menyalakan pendingin udara dan lemari pendingin, serta melarang pembagian air maupun makanan di dalam masjid dan menutup toilet hingga tempat wudhu.

Protokol lain yang harus dipatuhi adalah jamaah harus menggunakan masker kain tiap akan melakukan salat berjamaah di masjid, membawa sajadah sendiri dari rumah dan tidak meninggalkan di masjid, tidak membawa anak di bawah 15 tahun ke masjid dan sudah ber-wudhu dari rumah. Jika terjadi kepadatan Jemaah dalam salat Jumat, maka Jemaah akan diarahkan ke masjid terdekat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Adzan pertama akan dilakukan 20 menit sebelum waktu salat. Dan masjid dibuka 20 menit sebelum waktu salat dan ditutup 20 menit setelah salat selesai. Sementara untuk khutbah Jumat tidak boleh lebih dari 15 menit,” dijelaskan surat edaran tersebut, masih mengutip dari SPA.

Menurut data WorldOMeter, hingga tanggal 26 Mei 2020, Saudi mencatat 76.726 kasus positif dengan jumlah kematian 411 kasus akibat Covid-19.

You may also like

Leave a Comment