Home WorldwideAustralia Hubungan Indonesia dan Australia Makin Direkatkan Lewat Kenikmatan Kopi

Hubungan Indonesia dan Australia Makin Direkatkan Lewat Kenikmatan Kopi

written by Admin October 1, 2018

Warga Australia dan Indonesia sama-sama menyukai kopi. Kedutaan Besar Australia Jakarta merayakan budaya kopi kita ini dengan menghadirkan Andy Easthope, Manajer National Coffee Academy di Grinders Coffee Roasters, untuk berkunjung langsung ke Jakarta.

Dengan pengalamannya yang luas dalam industri kopi, Andy telah mengembangkan salah satu program pelatihan barista terkemuka di Australia.

Andy berbagi pengalaman pada Jakarta Coffee Week dengan para pecinta kopi di Indonesia, Jakarta Coffee Week sendiri merupakan salah satu acara kopi paling bergengsi di Indonesia, pada hari Sabtu (29/9). Dia juga berpartisipasi sebagai juri tamu di kompetisi Indonesia AeroPress Championship 2018, dan memimpin masterclass keterampilan kopi di Indonesia Coffee Academy.

Dalam masterclass dengan Indonesia Coffee Academy, Andy berfokus pada seluk-beluk parameter pembuatan kopi untuk mencapai hasil rasa yang unggul dalam secangkir kopi.

“Budaya kopi dan kafe merupakan bagian hidup dalam keseharian baik di Australia dan Indonesia serta ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari satu sama lain,” ungkap Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan.

“Selain kafe kami yang terkenal di tingkat dunia, Australia menawarkan kursus pelatihan berkualitas tinggi di industri kopi dan perhotelan,” tambahnya.

Kopi juga merupakan ekspor penting bagi Indonesia.

Indonesia adalah produsen dan pengekspor kopi terbesar keempat di dunia. Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Aceh, dan Sulawesi Selatan adalah penghasil biji kopi terbanyak.

Sebagian besar perkebunan kopi di Indonesia dibudidayakan oleh petani skala kecil yang memiliki perkebunan relatif kecil.

Australia mendukung para petani kopi Indonesia ini untuk meningkatkan hasil panen dan pendapatan mereka melalui program Promoting Rural Income through Support for Markets in Agriculture (PRISMA).

You may also like

Leave a Comment