Mulai tanggal 21 Februari 2022, Australia siap menyambut kembali pengunjung dari seluruh dunia. Penerbangan internasional pertama yang membawa turis dijadwalkan mendarat di semua bagian negeri, dimana Australia membuka kembali perbatasannya bagi kedatangan yang telah divaksinasi ganda.
Kembalinya pengunjung internasional yang divaksinasi ganda akan menghidupkan kembali sektor pariwisata Australia, yang mendukung 660.000 pekerjaan dan menyumbang AU$60,4 miliar bagi perekonomian pada periode tahun 2018 – 2019.
Ada lebih dari 1,23 juta pelajar, pengunjung, dan pemegang visa working holiday di luar negeri yang, jika telah divaksinasi, akan dapat melakukan perjalanan ke Australia mulai 21 Februari 2022.
Sejak November, sebanyak 92.000 pengunjung, dengan rincian 80.000 pelajar internasional, 35.000 pemegang visa terampil, dan 5.600 pemegang visa working holiday telah tiba di Australia. Lima puluh enam penerbangan internasional tiba di Australia pada hari Senin kemarin, dan itu termasuk 27 penerbangan ke Sydney dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Singapura, Uni Emirat Arab, Jepang dan lainnya.
Untuk merayakan kembalinya kedatangan internasional, Australia telah menggelar karpet selamat datang, dengan acara khusus yang direncanakan di Bandara Internasional Sydney. Pengunjung pertama yang kembali ke Sydney akan disambut dengan hadiah Vegemite dan mainan koala dan kanguru, kru Surf Life Saving yang ikonik, dan seorang DJ yang memainkan lagu-lagu favorit Australia.
Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia, Dan Tehan mengatakan kembalinya kedatangan internasional merupakan langkah penting dalam pemulihan Covid-19 di Australia.
“Tanggapan kesehatan dan ekonomi Australia terhadap pandemi ini termasuk yang terbaik di dunia, dengan salah satu tingkat vaksinasi tertinggi dan kematian yang rendah,” ujar Dan Tehan.
“Kami berhasil mengelola pandemi dan belajar hidup dengan virus. Warga Australia bepergian ke luar negeri, dan kami menyambut pengunjung internasional ke negara kami. Wisatawan internasional akan datang ke sini untuk melihat atraksi ikonik kami, mencicipi makanan dan minuman terkemuka dunia milik kami, belajar tentang budaya Penduduk Asli kami, dan menikmati cara hidup Australia. Australia adalah negara terbaik dunia dan kami senang dapat kembali berbagi
dengan seluruh dunia,” tambahnya menjelaskan.
Tourism Australia telah meluncurkan kampanye pemasaran internasional senilai AU$40 juta bertepatan dengan pembukaan kembali perbatasan internasional kami sebagai langkah pertama dalam strategi jangka panjang untuk memulai kembali pariwisata ke Australia, dengan investasi lebih lanjut dalam kampanye pemasaran pariwisata internasional yang akan dimulai pada paruh kedua tahun.
Pemegang visa yang tidak sepenuhnya divaksinasi akan tetap memerlukan pengecualian perjalanan yang sah untuk memasuki Australia, dan akan tunduk pada persyaratan karantina negara bagian dan teritori.