Home Lifestyle Survey ICI: Era New Normal, Webinar Berbayar Semakin Populer

Survey ICI: Era New Normal, Webinar Berbayar Semakin Populer

written by Admin June 16, 2020
Survey ICI: Era New Normal, Webinar Berbayar Semakin Populer

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan di masa Pandemi Covid-19 beberapa bulan terakhir melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru yang akan berlanjut di masa ‘new normal‘. Di tengah pembatasan fisik yang jadi kendala diselenggarakannya sebuah seminar, webinar hadir sebagai solusi.

Webinar merupakan kependekan dari web-based seminar alias seminar berbasis web. Webinar sebetulnya bukan barang baru. Akan tetapi popularitasnya baru melonjak satu dua bulan terakhir ini.  Kini hampir setiap hari ada informasi mengenai jadwal webinar baik yang gratis maupun berbayar dengan berbagai topik dan narasumber yang menarik.

Imogen Communications Institute (ICI) dalam survey terbarunya mengungkapkan di masa ‘new normal‘, webinar masih akan tetap menjadi tren namun sudah bergerak dengan konten yang lebih serius dan berbayar. Dari hasil survey kepada 100 orang responden di seluruh Indonesia pada bulan Mei 2020 ditemukan 56% responden menyatakan tertarik mengikuti webinar berbayar. 44% responden lainnya lebih memilih mengikuti webinar gratis.

“Sebagian besar responden menyatakan tertarik mengikuti webinar berbayar asalkan tanpa syarat-syarat khusus, harganya harus terjangkau serta materinya menarik dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan skill,” jelas Jojo S. Nugroho selaku Managing Director Imogen PR sekaligus Principal ICI.

ICI melakukan survey ini untuk mendapatkan insight terkait preferensi masyarakat terhadap serba serbi penggunaan Zoom sebagai platform seminar dan kelas daring. Survey dilakukan dengan memberikan pertanyaan pilihan ganda seputar serba-serbi penggunaan Zoom kepada target 100 orang dari seluruh Indonesia terdiri dari 61% laki-laki dan 39% perempuan. Responden didominasi oleh generasi milenial dengan rentang usia antara 26-35 tahun, dari latar belakang  pendidikan yang beragam.

Menurut Jojo, para responden rela mengeluarkan budget untuk mengikuti webinar berbayar sesuai dengan kemampuan ekonominya dan kebutuhan mereka masing-masing. Dari responden yang menyatakan tertarik mengikuti webinar berbayar tersebut, 60% diantaranya bersedia membayar dengan kisaran antara Rp100.000 – Rp200.000. Sementara itu 13% responden lainnya bersedia membayar lebih dari Rp200.000 dan 8% bersedia membayar bila harganya kurang dari Rp100.000.

”Yang penting buat mereka, syarat webinar berbayar yang diminati di antaranya memiliki konten atau materi inspiratif, eksklusif, berbicara hal teknis dan menampilkan pembicara yang keren dan popular,” jelasnya.

60% responden juga mau ikut webinar berbayar asalkan memiliki konten inspiratif karena ingin mempelajari hal baru dan merasa termotivasi. 51% responden ingin konten yang ekslusif, bagus dan jarang ditemui di webinar lain.

“50% responden ingin ikut karena materinya tentang hal teknis dan memberikan tutorial secara step by step. Dan terakhir 31% respon rela membayar karena pembicara dalam webinar tersebut profesional, praktisi dan terkenal di bidangnya,” papar Jojo.

You may also like

Leave a Comment