Home Lifestyle AP I: Selama Periode Mudik, Telah Layani 7.931 Pergerakan

AP I: Selama Periode Mudik, Telah Layani 7.931 Pergerakan

written by Admin June 4, 2020
AP I: Selama Periode Mudik, Telah Layani 7.931 Pergerakan

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat kenaikan aktivitas bandara pada H+6 atau masa larangan mudik lebaran 2020. Peningkatan tersebut tercermin dari jumlah pergerakan pesawat yang mencapai 7.931 pergerakan dan 34,7 juta kg angkutan kargo di 15 bandara.

Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan menyebutkan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menjadi bandara teraktif. Bandara tersebut melayani penerbangan pesawat sebanyak 1.266 dan melayani 3,95 juta kg angkutan kargo.

Kemudian bandara kedua tertinggi tingkat aktivitasnya adalah Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Selama periode 25-31 Mei 2020 bandara tersebut telah dengan melayani total 857 pergerakan pesawat dan melayani hingga 3,59 juta kg angkutan kargo.

Sementara itu, data rencana operasional penerbangan pada 1 Juni 2020 menunjukkan 361 jadwal penerbangan. Sebanyak 234 jadwal merupakan penerbangan reguler, 89 penerbangan angkutan kargo dan 39 penerbangan khusus.

“Ada peningkatan yang cukup tinggi untuk penerbangan reguler di beberapa bandara yang kami kelola. Adapun penerbangan pada H+1 hingga H+6 masa larangan mudik ini didominasi oleh penerbangan kargo yaitu sebanyak 4.883 penerbangan, diikuti oleh penerbangan khusus seperti penerbangan repatriasi dan penerbangan darurat lainnya sebanyak 1.929 penerbangan, dan penerbangan reguler sebanyak 1.119 penerbangan,” jelas Handy dalam keterangan tertulisnya, pada hari Rabu (3/6).

Adapun tujuan rencana penerbangan terbanyak yaitu sebanyak 60 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Juanda Surabaya, 39 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, 35 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta, 31 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan 18 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Dalam upaya pencegahan dan penularan Covid-19 serta tetap memperhatikan pelayanan di tengah pandemi, Angkasa Pura I mengimplementasikan penerapan physical distancing.

“Secara khusus pelayanan kebandarudaraan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat. Upaya ini penting untuk terus kami lakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan calon penumpang yang melewati 15 bandara yang kami kelola,” pungkasnya.

You may also like

Leave a Comment