Home Lifestyle Traveloka Tanggap Ajak Masyarakat Tukar Poin & Selamatkan Palangkaraya

Traveloka Tanggap Ajak Masyarakat Tukar Poin & Selamatkan Palangkaraya

written by Admin September 26, 2019
Traveloka Tanggap Ajak Masyarakat Tukar Poin & Selamatkan Palangkaraya

Traveloka kembali mengaktifkan program Traveloka Tanggap mulai hari ini, 25 September 2019 hingga 2 Oktober 2019 untuk mendampingi masyarakat Palangkaraya dan daerah Kalimantan Tengah lainnya seperti Barito Timur, Pulang Pisau, Barito Selatan, dan Kotawaringin Timur dalam menghadapi bencana kabut asap.

Melalui program ini, pengguna dapat menyalurkan donasi dengan cara menukarkan poin pada aplikasi Traveloka: 1 poin yang ditukarkan oleh pengguna bernilai 1 masker N95 untuk anak-anak atau orang dewasa, sementara penukaran 100, 250, atau 500 poin akan berkontribusi terhadap upaya pemadaman api, mendanai pemasangan penyaringan udara di pos-pos perlindungan kabut asap, serta mendanai proyek eksperimen sistem penyaringan asap berbiaya rendah yang bertujuan untuk mewujudkan ‘Sekolah Aman Asap’.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagai perusahaan berbasis teknologi Traveloka tidak hanya fokus pada penyaluran masker sebagai solusi jangka pendek, tetapi juga bagaimana teknologi bisa menjadi solusi yang tepat guna untuk jangka menengah dan panjang.

Saat ini, Palangkaraya merupakan kota terdampak kabut asap terparah di Indonesia dengan indeks pencemaran udara yang sudah memasuki kategori berbahaya berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kondisi yang sudah berlangsung selama dua bulan akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan ini telah mengganggu aktivitas masyarakat Palangkaraya karena kabut asap yang menyelimuti kota sudah terlalu pekat dan mengancam kesehatan mereka.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya di Provinsi Kalimantan Tengah, 3.972 warga kota mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dalam kurun waktu lima pekan, mulai dari pertengahan Agustus hingga pertengahan September 2019. Sebagian besar penderita ISPA merupakan anak-anak dan lansia yang memiliki ketahanan tubuh yang lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Melihat situasi ini, Traveloka menyediakan akses donasi yang mudah bagi para pengguna untuk dapat turut berkontribusi dalam membantu masyarakat Palangkaraya.

Sufintri Rahayu selaku Public Relations Director Traveloka, mengungkapkan, “Saat ini, situasi di Palangkaraya sudah mengkhawatirkan dan kritis. Hal inilah yang mendasari kami untuk mengaktifkan kembali program Traveloka Tanggap yang memang khusus kami adakan untuk mendampingi penyintas bencana. Memanfaatkan platform kami sebagai kanal utamanya, kami berharap Traveloka Tanggap dapat menggerakkan para pengguna Traveloka untuk menukarkan poin mereka demi membantu masyarakat di Palangkaraya. Kami berharap melalui inisiatif ini, setiap poin yang ditukarkan melalui aplikasi Traveloka akan menjadi dukungan yang bermanfaat dan bermakna bagi mereka.”

Demi memastikan kelancaran proses distribusi bantuan, setiap donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui Ranu Welum, Borneo Nature Foundation, dan Kopernik. Para pengguna Traveloka dapat dengan mudah menukarkan poin mereka dengan mengikuti tahap-tahap berikut:

  1. Membuka aplikasi Traveloka.

  2. Pada laman utama, pengguna dapat mengeklik bagian Traveloka Tanggap.

  3. Pada laman Traveloka Tanggap, pilih jumlah donasi yang diinginkan.

  4. Setelah muncul detail laman donasi, klik tombol Tukarkan.

  5. Pemberitahuan transaksi akan muncul pada laman Kupon Saya dan dikirimkan melalui surel.

Traveloka Tanggap merupakan salah satu program Traveloka terkait bantuan bencana yang dikemas untuk penanganan tanggap darurat yang telah diinisiasi sejak 2018. Hingga saat ini, Traveloka Tanggap telah diaktifkan untuk membantu penyintas bencana alam yang terjadi di Lombok, Palu, Donggala, dan Solok.

You may also like

Leave a Comment