Bicara pariwisata di Jepang, tak selalu hanya Tokyo dan Osaka saja yang punya potensi besar, karena ternyata Nagoya pun sudah semakin berbenah dan mulai jadi pilihan para wisatawan dunia untuk berlibur.
Nagoya yang terletak di daerah Chubu, bagian tengah Pulau Honshu ini memiliki pesona wisata budaya dan wisata kuliner yang sangat menarik.
Dengan potensi wisata yang dimilikinya, Nagoya pun semakin percaya diri memperkenalkan dan membuka diri kepada dunia, salah satunya dengan memperkenalkan Central Japan International Airport (Centrair) sebagai operator Chubu Centrair International Airport, yang merupakan ‘Pintu Gerbang’ daerah Nagoya.
Nagoya pun dianggap cukup cocok dipromosikan kepada pasar wisatawan Indonesia. Selain menggandeng media massa nasional untuk publikasi, aktris cantik Chelsea Islan pun diajak serta mempromosikan Centrair, Nagoya ini di Fairmont Hotels, Jakarta, pada hari Selasa (9/7).
Hidehisa Nagae selaku Board Member and Director of Route Development Marketing Centrair mengatakan, penerbangan langsung maskapai Garuda Indonesia yang menghubungkan Jakarta dan Nagoya merupakan pilihan praktis bagi wisatawan Indonesia. Penerbangan ini sudah mulai beroperasi sejak 23 Maret 2019 silam.
“Dengan penerbangan ini, Anda dapat menikmati keindahan pemandangan empat musim serta kebudayaan Nagoya dan sekitarnya secara langsung dari dekat. Nikmati juga pengalaman yang mengesankan di wilayah Nagoya, Jepang, dengan maskapai bintang lima dan tak ketinggalan bandaranya yang juga bintang lima,” kata Hidehisa kepada Travelmaker.ID di acara press conference ‘Centrair #AdaApaDenganNagoya Traveling with Chelsea Islan to Nagoya’ (9/7).
Sementara itu, Felix Hartanto dari Centrair menambahkan bahwa Indonesia saat ini sedang mendapat perhatian dari para pelaku bisnis pariwisata di Jepang, Angka pertumbuhan wisatawan Indonesia ke Jepang menunjukkan rata-rata lebih dari 20 persen. Jumlah wisatawan Indonesia yang mengunjungi Jepang pada 2018 tercatat sebanyak 400 ribu dari populasi sekira 260 juta orang.
“Sebagai pintu gerbang wilayah Nagoya, kami Centrair ingin memperkenalkan rute wisata baru Jepang kepada wisatawan Indonesia. Kali ini kami bekerja sama dengan Chelsea Islan dengan mengangkat slogan ‘Ada Apa Dengan Nagoya’,” terang Felix.
Slogan #AdaApaDenganNagoya sengaja diangkat untuk memancing rasa penasaran wisatawan Indonesia terhadap wilayah Nagoya. Yang dipercaya akan menjadi rute wisata baru yang tak kalah menarik. Chelsea Islan mendapat kehormatan mengunjungi daerah ini, untuk kemudian membantu mempromosikannya di Indonesia.
“Ada banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Nagoya. Di antaranya tentu saja Shirakawa-Go, desa tradisional Jepang yang dinobatkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO,” ujar Chelsea mengisahkan perjalanannya selama di Nagoya.
Dan ternyata Nagoya juga memiliki tempat-tempat menarik lainnya selain Shirakawa-Go yaitu iluminasi Nabana no Sato yang instagramable, Fuji Flower Park yang penuh dengan bunga, 21st Century Museum of Contemporary Art, dan Alpine Route. Selain tempat-tempat wisata yang menawarkan keindahan untuk diabadikan, terdapat pula wisata budaya dalam bentuk di kastil bersejarah Jepang di antaranya Inuyama Castle dan Matsumoto Castle. Ada pula wisata desa ninja dan samurai yang menjadi atraksi utama, bahkan diangkat sebagai ikon dalam promosi pariwisata Nagoya.
“Ketika saya baru tiba di bandara, saya langsung disambut oleh aksi para ninja asli Jepang lho,” ungkap Chelsea.
Aksi ninja asli Jepang itu sendiri turut ditampilkan dalam kegiatan promosi di Fairmont Hotels. Nagoya, sambung Chelsea, juga memiliki sederetan wisata kuliner yang menggugah selera. Di antaranya hitsumabushi atau nasi ikan belut yang merupakan menu favorit Chelsea, dan tebasaki atau ayam goreng khas Nagoya.
“Saya juga bisa berbelanja di shopping district Sakae maupun outlet mall,” sambungnya.
Tentu saja dengan adanya penerbangan langsung dari Jakarta ke Nagoya, travelers bisa mengunjungi tempat wisata di Nagoya dan sekitarnya dengan mudah dan nyaman. Selamat traveling!