Home Lifestyle Eksklusif : Mengenal Taipei yang Semakin Ramah Travelers Muslim

Eksklusif : Mengenal Taipei yang Semakin Ramah Travelers Muslim

written by Admin August 7, 2018
Eksklusif : Mengenal Taipei yang Semakin Ramah Travelers Muslim

Lembaga rating wisata muslim dunia, Mastercard-CrescentRating telah merilis hasil Global Muslim Travel Index (GMTI) untuk 2018. Selain memastikan Malaysia kembali selama delapan tahun menjuarai indeks wisata halal dunia dan keberhasilan Indonesia naik ke urutan kedua bersama Uni Emirat Arab.

Yang juga menarik perhatian tentulah sepak terjang Taiwan yang mampu terus meningkatkan posisi mereka secara keseluruhan dengan skor rata-rata GMTI sebagai destinasi wisata di wilayah Asia yang menarik perhatian travelers Muslim dari seluruh dunia, diikuti oleh Eropa setelahnya.

Dan, ternyata keseriusan Taiwan dalam mengemas wisata halal di negerinya bukanlah jadi isapan jempol belaka. Sebagai bukti Travelmaker.ID sudah melihat langsung keseriusan pemerintahan Taiwan mengemas wisata halal saat berkunjung ke Taipei memenuhi undangan media famtrip yang diadakan oleh Fun Taipei, belum lama ini.

Penerbangan, penginapan, destinasi wisata sampai kuliner serta oleh-oleh khas Taipei sudah mengemas produknya dengan sentuhan halal agar dapat memanjakan para travelers Muslim  yang berkunjung ke Kota Taipei.
Berbicara terkait travelers Muslim ke Taipei, saat ini diakui oleh pihak perwakilan pariwisata Taipei (Interplan International Corp.) menargetkan wisatawan Muslim dari Timur Tengah dan Indonesia sebagai pasar yang cukup potensial.
“Pemerintah kami cukup optimis mengembangkan pariwisata halal semakin besar lagi. Banyak hal yang sudah dipersiapkan oleh Taiwan dan Taipei khususnya until siap menyambut kehadiran wisatawan Muslim dunia. Target utama Taipei seat ini adalah menyasar wisatawaqn asal Timur Tengah dan Indonesia,” ungkap Bella Cheng selaku Project Manager dari Interplan International Corp. yang mewakili Dinas Pariwisata Taipei dan menemani sepanjang kegiatan Media Famtrip.
Bagi travelers Muslim asal Indonesia tidak perlu khawatir menikmati pariwisata halal di Taipei, karena Travelmaker.ID  sudah menyiapkan beragam informasi terkait wisata halal di Taipei ini secara eksklusif untuk anda :
  • Penerbangan

Terbang menggunakan maskapai EVA Air, yang merupakan peringkat ke-5 maskapai terbaik dunia 2018 dan merupakan maskapai dengan pelayanan bandara terbaik dunia 2018 versi Skytrax, dari Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) dengan penerbangan langsung (direct flight) menuju ke Taipei (Bandara Internasional Touyuan).

Penerbangan langsung rute Jakarta-Taipei ditempuh dalam waktu 5 jam dan penerbangan ini sangat memanjakan para wisatawan Muslim karena tersedia Menu Makanan Khusus Muslim dalam penerbangan premium ini. Travelers bisa memintanya saat melakukan pemesanan.

Penerbangan EVA Air Ramah Travelers Muslim

Dan travelers saat mendarat di Bandara Internasional Touyuan, anda juga bisa menjalankan Ibadan sholat terlebih dahulu Karena bandara kebanggaan Taiwan ini sudah Banyak menyediakan fasilitas Praying Room/Musholla untuk siapapun yang ingin Sholat.

Fasilitas Praying Room di Bandara Internasional Touyuan

  • Penginapan 

Tidak sedikit penginapan di Taipei yang sudah memberi fasilitas cukup baik untuk travelers Muslim. Seperti misalnya, kini sudah bukan hal yang aneh lagi bila anda menemukanperlengkapan Sholat dan Al Quran, bahkan sempai jadwal  Sholat waktu Taipei pun tersedia di setiap kamar yang anda pesan.

Bebeapa hotel yang ramah wisatawan Muslim di Taipei rekomendasi Travelmaker.ID, antara lain :

Palais de Chine yang terletak di Chengde Road No. 3, Section 1, Datong District, Taipei City, Taiwan.
Hotel ini memberikan kesan kemewahan yang terihat begitu travelers menginjakkan kaki ke dalamnya. Patung kuda, lukisan-lukisan bertema kuno, furniture yang berwarna cokelat dan emas yang berpadu sempurna,  perpusatakaan mini di setiap lorong hotelnya dan yang paling mengagumkan adalah restoran peraih penghargaan 3 bintang Michelin Le Palais.

Fasilitas ‘Islami’ di Palais de Chine

amba Taipei Ximending yang terletak di Wanhua District, Section 2, Wuchang St, 77, Taipei City, Taiwan.
Selain Amba yang terletak di kawasan Songshan, penginapan bergaya minimalis ini juga memiliki penginapan keren serupa di wilayah Ximending yang merupakan salah satu kawasan elit di Taipei. Selain memiliki kamar bergaya casual, hotel ini juga dilengkapi dengan restoran yang menyajikan makanan lezat bernama chiba  Restaurant.

amba Taipei Songshan yang terletak di Civic Blvd No. 8, Section 7, Nangang District, Taipei City, Taiwan.
Hotel bergaya khas anak muda ini terletak di Songshan North Road Section 2 Kota Taipei, dan merupakan penginapan berkelas yang selalu menjadi idola para wisatawan muda dari berbagai belahan dunia. Hotel ini mempunyai interior bergaya minimalis dengan kamar yang memiliki view menara Taipei 101 dan Sungai Keelung. Penginapan ini juga hanya berjarak 5 menit berjalan kaki menuju ke Raohe Night Market.

Fasilitas ‘Islami’ di amba Taipei Songshan

Atami Hotel Beitou yang terletak di Guangming Road No. 258, Beitou District, Taipei City, Taiwan.
Hotel Atami merupakan pilihan terbaik di kawasan Beitou, menariknya Hotel ini tidak hanya memiliki kamar yang eksklusif dengan Mini Hot Spring di dalamnya, tetapi ada pula fasilitas Hot Spring yang lebih besar di lantai dasar hotel yang memang merupakan daya tarik utama di kawasan Beitou ini. Hot Spring ini dipisah antara pria dan wanita sehingga sangat tepat untuk travelers Muslim yang ingin menikmati sensasi berendam air panas di sini.

Atami Hotel Beitou Sediakan Fasilitas Sholat

The Sherwood Taipei yang terletak di Section 3, Minsheng East Road No. 111, Songshan District, Taipei City, Taiwan.
The Sherwood Taipei ini merupakan salah satu hotel bintang 5 di Taipei yang menyajikan pelayanan berkualitas bagi para travelers Muslim. Menu-menu halal tersedia bagi seluruh travelers Muslim yang menginap di hotel ini. Ditambah lagi hotel ini memberikan fasilitas yang akan membuat siapapun betah menginap lama di sini.

Ke-5 hotel ini sudah terbukti mampu menyediakan fasilitas yang sangat memudahkan travelers Muslim dari berbagai negara bisa menikmati liburan tanpa harus meninggalkan ibadahnya.

  • Destinasi Wisata

Destinasi wsiata di Taipei beragam dan banyak macamnya, hamper semuanya ramah untuk para travelers Muslim. Tapi apabila ingin melihat lebih dekat lagi perkembangan agama Islam di Taipei, travelers dapat mengunjungi :

Taipei Grand Mosque (Da’an) yang terletak di Section 2, South Sinsheng Road No. 62, Da’an District, Taipei City, Taiwan.

Taipei Grand Mosque Destinasi Wisata Islami Utama di Taipei

Menuju ke Taipei Grand Mosque travelers dapat naik MRT di Jalur Merah Stasiun Da’an Park kemudian keluar pintu exit 2 melewati Taman Da’an di belakang stasiun, posisi masjid berada di sisi barat dari taman megah ini.

Menariknya tepat di sebelah masjid terdapat tempat semacam kantin dan pada saat sebelum atau setelah Sholat Jumat (penyelenggaraan Sholat Jumat pukul 12.00) banyak orang yang berjualan daging-daging segar, baju Muslim atau makanan Halal.

Ya makanan halal banyak tersedia, seperti nasi kebab, gulai kambing, gulai ayam atau sekedar ayam yang telah matang dan siap santap.

Taipei Cultural Mosque yang terletak di Lane 25 Section 1, Xinhai Road No. 3, ZhongZheng District, Taipei City, Taiwan.

Taipei Cultural Mosque Selalu Jadi Tempat Berkumpul Masyarakat Muslim Taipei

Menuju ke Taipei Cultural Mosque travelers dapat Jalur Hijau Stasiun Taipower Building (TaiTianTaLou) Keluar pintu exit 1 kemudian jalan lurus saja dari pintu keluar kurang lebih 100 meter dan masjid berada di sebelah kanan setelah restoran indonesia ‘Sakura’

Masjid ini memang tidak sebesar Taipei Grand Mosque dan letaknya sedikit tersembunyi sehingga tidak terlalu terlihat dari jalanan, kalian dapat melihat lambang/tulisan untuk mengetahui jalan mana yang menuju Masjid ini. Atau travelers dapat mencari toko ‘Sakura’ terlebih dulu sehingga lebih mudah menuju masjid karena jalan masuk ke masjid ini adalah jalan kecil di samping toko ‘Sakura’ ini.
  • Kuliner Halal

Seiring berkembangnya Taiwan sebagai salah Satu Negara yang mengedapnkan pelayanan terbaik bagi travelers Muslim, tentulah kuliner halal menjadi salah satu sorotan utama agar dapat membuat travelers Muslim dari seluruh dunia senang dan berkesempatan menikmati citarasa kuliner setempat dalam versi yang halal.

Kini, sudah Banyak tersedia rumah makan atau restoran yang menyediakan kuliner halal khususnya di kota Taipei. Berikut ini beberapa rumah makan dan restoran halal rekomendasi Travelmaker.ID :

chiba Restaurant yang terletak di dalam amba Taipei Ximending di Wanhua District, Section 2, Wuchang St, 77, Taipei City. Ada banyak makanan lezat di chiba Restaurant seperti misalnya Steak Daging Sapi dan Corn Soup yang sangat menggugah selera ditambah minuman-minuman menyegarkan yang diracik langsung di bar yang terletak tepat di tengah restoran.

Tampilan Menarik Ayam Goreng & Steak Daging Sapi ala chiba Restaurant

Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi ‘Apple Pie and Vanilla Ice Cream’ yang rasanya sensasional dan sangat tepat disantap setelah berjalan-jalan keliling kota Taipei. Tips menikmati kuliner ini adalah santap secara bersamaan antara Vanilla Ice Cream yang menyegarkan dan Apple Pie yang masih hangat, akan muncul citarasa yang luar biasa.

Apple Pie and Vanilla Ice Cream

Satu hal yang menarik perhatian dari restoran ini selain makanannya adalah interior design-nya yang menggunakan benda-benda daur ulang atau barang bekas yang dibentuk menjadi spot-spot foto yang instagramble untuk travelers yang berkunjung.

Chang’s Beef Noodle Shop yang terletak di Yanping South Road No. 21, Zhongzheng District, Taipei City, Taiwan. Rumah makan sederhana ini memiliki Beef Noodle yang lezat, kuliner ini merupakan salah Satu cara bagi travelers Muslim untuk dapat menikmati citarasa masakan setempat. Apalagi kuliner ini, menggunakan mi yang dibuat sendiri oleh pemiliki rumah makan.

Chang’s Beef Noodle Shop Sajikan Kuliner Halal

Yunus Halal Thai Restaurant terletak di Beining Road No. 36, Songshan District, Taipei City, Taiwan. Rumah makan ini menyajikan kuliner khas Thailand yang masih cukup mirip dengan citarasa masakan Indonesia. Restoran ini bisa jadi solusi untuk travelers Muslim yang ingin menikmati masakan pedas, manis, asam yang bisa disantap dengan nasi putin hangat.

Restoran ini ternyata sudah sangat populer bagi selebritis Indonesia dan bahkan tokoh negeri ini yang berkunjung ke Taipei. Hal ini dibuktikan oleh Yunus yang merupakan pemilik Restoran ini dengan foto-fotonya bersama tokoh terkenal negeri ini yang dipajang di dekat meja kasirnya.

Yunus Halal Restaurant Sajikan Masakan Thailand

 

  • Oleh-oleh
Menikmati pariwisata di Taipei takkan lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas bagi orang-orang terdekat di negara asal. Ada beberapa oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang dan merupakan souvenir khas Taipei diantaranya :
Pineapple and Mango Cake
Nanas dan Mangga merupakan 2 buah paling populer di Taipei. Jadi, Tidak mengherankan bila akhirnya 2 buah ini dijadikan bahan baku pembuatan kue oleh-oleh khas Taipei. Anda dapat membeli Pineapple dan Mango Cake di Sunmerry yang beralamat di Section 2, Xinyi Road No. 186, Da’an District, Taipei City.
Nougat Cracker
Nougat Cracker juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Taipei yang bisa anda beli dan bawa kembali ke negara asal. Oleh-oleh ini pembuatannya sangat mudah dan bahannya juga sederhana akan tetapi rasanya enak sekali. Nougat Cracker ini bisa juga anda dapatkan di Sunmerry yang beralamat di Section 2, Xinyi Road No. 186, Da’an District, Taipei City.

Sunmerry Punya Banyak Pilihan Oleh-Oleh Khas Taipei, Salah satunya Nougat Cracker

You may also like

Leave a Comment