Saat ini, sudah banyak dilakukan penelitian guna memperoleh berbagai macam manfaat dan fungsi vitamin C, salah satunya yang pernah dibahas mendalam dalam penelitian adalah kemampuan vitamin C menurunkan kadar kolesterol dan dapat memproduksi bahan kimia tertentu yang berguna untuk perkembangan otak.
Tingginya kandungan antioksidan yang terdapat dalam vitamin C juga dapat menolak dan menghindarkan dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.
Fungi dan manfaat vitamin C antara lain :
- Mencegah kanker;
- Regenerasi kulit;
- Memperbaiki mood;
- Turunkan resiko serangan jantung;
- Kendalikan tekanan darah; dan
- Cegah stroke serta diabetes.
Tentu semakin tinggi intensitas rutinistas serta aktifitas yang kita kerjakan akan semakin tinggi pula kebutuhan tubuh kita akan vitamin C ini. Akan tetapi selalu menjadi masalah, saat rutinitas yang dilakukan memakan waktu hampir seharian penuh, kita selalu tidak sempat membeli buah-buahan atau sayur-mayur sebagai sumber vitamin C bagi tubuh.
Pertanyaan pun muncul, bagaimana caranya kita dapat menutupi kebutuhan vitamin C saat pasokan buah dan sayur ke dalam tubuh sangat minim?
Jawabannya adalah Oronamin C!
Produk minuman kesehatan vitamin C dan B yang mengandung madu ini merupakan produksi dari produsen selama ini memproduksi minuman isotonik Pocari Sweat, yaitu PT Amerta Indah Otsuka (juga merupakan produsen snack sehat Soyjoy).
Oronamin C yang merupakan salah satu produk tertua Otsuka di Jepang, tercatat brand ini sudah hadir di pasar Jepang pada tahun 1965 lalu.
Merek Oronamin C ini hadir dengan rasa yang menarik, karena menawarkan minuman berkarbonasi dengan cita rasa sitrus. Sementara, huruf C dalam merek ini mengacu pada vitamin C yang merupakan salah satu kandungan utamanya. Adapun total kandungan vitamin C per satu kemasan Oronamin C (120 mililiter) adalah sebanyak 140 miligram. Secara keseluruhan Oronamin C ini mengandung vitamin B, C, dan madu yang sangat penting bagi tubuh.
Diungkapkan oleh dr. Marya Haryono, Sp.GK dengan minum Oronamin C dapat menjadi antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan bisa diminum saat sariawan dan gusi berdarah.
“Vitamin C yang terkandung dalam produk Oronamin C ini dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan bisa diminum saat sariawan dan gusi berdarah,” ungkapnya dalam acara peluncuran Oronamin C di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ditemui sesaat setelah acara peluncuran Oronamin C, Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka, Yoshihiro Bando menjelaskan kepada Travelmaker.ID bahwa produknya sudah mendapat sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.
“Saya berharap Oronamin C ini bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain kaya akan manfaat, minuman ini juga memiliki rasa yang segar yang dapat diminum setiap saat. Tidak lupa saya sampaikan dengan bangga bahwa Oronamin C kini telah disertifikasi Halal oleh MUI,” jelas Yoshihiro.

Yoshiro juga menjelaskan alasan utama Oronamin C masuk ke pasar Indonesia adalah karena perusahaannya, PT Amerta Indah Otsuka, selama bertahun-tahun lewat Pocari Sweat sudah berfokus membangun serta membuka jalur distribusi yang merata di Indonesia.
“Setelah Pocari Sweat sukses, kami mulai merasa berani membawa Oronamin C ke Indonesia. Sebab, berbisnis di sini, tantangannya adalah distribusi yang sangat rumit,” tuturnya.
Oronamin C ini akan mulai mengekor jalur distribusi Pocari Sweat, baik di general trade maupun modern trade. Minuman ini dibanderol murah sekali, yaitu hanya Rp5000 atau bisa dibilang salah satu yang paling terjangkau dibandingkan
produk lainnya di kategori tersebut. Pricing strategy ini tentu ada alasannya, selain agar dapat mencetak volume penjualan juga guna mampu menarik minat pasar.
“Kami ingin melihat secepat mungkin respons pasar. Jika dirasa kurang sukses, kami akan tambah investasi,” papar Yoshiro dengan nada yakin.
Pede Mem-Branding Oronamin C dengan Nuansa Jepang di Pasar Indonesia
Yang menarik lainnya, adalah kepercayadirian PT Amerta Indah Otsuka mem-branding Oronamin C dengan nama dan packaging produk yang sangat kental nuansa Jepangnya. Terlihat sekali bahwa orisinalitasnya sebagai merek Jepang tetap dijaga.
Memang sangat terlihat pada tampilan kemasan Oronamin C, ada tulisan Kanji tebal berwarna putih di atas latar merah masih dipertahankan. Tampilan botol pun masih sama persis dengan saat produk ini terlahir pertama kali beberapa puluh tahun lalu.
“Dengan desain tutup botol yang unik dan baru pertama kali di Indonesia, Oronamin C berusaha mempertahankan orisinalitas kemasan yang telah diproduksi sejak tahun 1965 di Jepang. Selain itu, kemasan yang berwarna coklat ternyata juga berfungsi untuk membantu melindungi kandungan vitamin yang ada di dalamnya,” kata Yoshihiro.

Dan nuansa Jepang semakin terasa jika kita bicara terkait Oronamin C, kita tidak bisa pisahkan dari sosok Haruka Hagawa sebagai brand ambassador.

Eks personil JKT 48 berdarah Jepang ini dalam sambutannya mengaku sangat menyukai Oronamin C Karena rasanya yang enak dan menyegarkan serta Karena Alaskan bahwa produk ini sudah sangat populer di Jepang.
“Kalau pulang ke Jepang aku suka minum Oronamin C ini. Bahkan dulunya aku sering nonton di depan televisi dan berharap bisa jadi bintang iklannya. Terus sekarang kejadian deh. Hadirnya Oronamin C menjawab kebutuhan aku sebagai entertainer yang juga memiliki kegiatan yang begitu banyak setiap hari dan dituntut untuk selalu sehat dan segar setiap harinya. Memiliki rasa yang menyegarkan, Oronamin C menjadi solusi bagi aku untuk mendapatkan asupan vitamin C & B yang diperlukan untuk tubuh setiap hari,” ungkap Haruka saat diperkenalkan secara resmi sebagai brand ambassador Oronamin C.