Home Lifestyle Inilah Daftar 10 Kuliner Terbaik Khas Tegal Versi Tripadvisor

Inilah Daftar 10 Kuliner Terbaik Khas Tegal Versi Tripadvisor

written by Admin May 31, 2018

Kota Tegal adalah salah satu wilayah yang akan ramai dilintasi pemudik. Namun, Tegal sudah siap. Ada #PesonaKulinerLebaran2018 yang siap memanjakan pemudik. Kuliner ini tersebar disetiap sudut kota.

Ada beragam kuliner terbaik dengan harga super ramah yang bisa dinikmati. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Kota Tegal merupakan tempat beberapa kuliner unik yang nikmat.

Namanya juga nyentrik hingga membuat penasaran dikunjungi. Ada kuliner Kupat Blengong atau Nasi Bogana yang nyentrik. Dan, semua tersaji secara lengkap.

“Tegal tetap menjadi perlintasan penting dan lokasi transit. Saat istirahat, pastikan berada di pusat kuliner terbaik. Sebab, ada beragam kuliner nikmat yang bisa disantap agar stamina cepat pulih,” kata Menpar, Selasa (29/5).

Menurut Menpar, di Tegal para pemudik bisa men-share foto-foto terbaik melalui media sosial. Pemudik juga bisa merasakan hospitality di Kota Bahari.

Update saja status-nya dengan foto terbaik dari Tegal. Ini jadi referensi bagi pemudik lain,” katanya.

Bila ada problem menemukan lokasinya, bisa menggunakan Waze atau Google Maps sebagai guidenya. Tinggal klik, pemudik diantarkan menuju lokasi dengan rute tercepat.

Berikut #Top10KulinerKotaTegal dengan keunikan dan kenikmatannya versi TripAdvisor.

1. Nasi Bogana Ny. Pan

Berada di Jalan Veteran, Gang Kong Kwan, No.38, gerai Nasi Bogana Ny. Pan adalah pilihan tepat. Detail ornamen bagunan fisik juga sangat klasik dan otentik. Tema ini pun sesuai dengan menu andalannya, nasi bogana. Nasi kuning gurih dengan bungkus daun pisang, lengkap dengan lauknya.

Rasa gurih nasi bogana sangat khas. Sebab, olahannya menggunakan bumbu lokal terbaik. Nasi bogana akan disajikan lengkap dengan lauk oseng buncis wortel, sambal goreng tahu ampela, kering tempe, abon, juga telur plus suwiran ayam pun disajikan. Selain nasi bogana, pengunjung bisa memesan menu nasi rames, sop ayam, lontong cap go meh, ayam goreng, sate ayam, dan lainnya. Karena otentik karya dari Tegal, ulasan positif diberikan TripAdvisor. Mereka memberikan label 50% luar biasa dan 50% sangat bagus.

2. Kupat Blengong Mas Yanto

Kupat Blengong merupakan kuliner unik khas Tegal. Rasanya super nikmat. Wajar bila TripAdvisor merekomendasikannya kepada publik. Lokasinya strategis. Karena, dekat dengan beberapa hotel di Kota Bahari. Tepatnya ada di Jalan Sawo Barat, No.61, Tegal. View-nya eksotis dengan hamparan persawahan nan asri plus semilir angin yang menyejukan.

Rasa Kupat Blengong Mas Yanto pun juara. Para pengunjung akan terkesima dengan irisan dagingnya yang besar, tapi sangat empuk. Daging ini menyatu dengan kupat kenyal dan paduan bumbu rempah terbaik. Dijamin terasa nikmat saat menyentuh lidah dan membuat ketagihan. Dengan rasa supernya, TripAdvisor memberi ulasan 75 luar biasa dan sisanya sangat bagus. Pokonya mak nyuzzz.

3. Warung Soto Sedap Malam

Menu soto terbaik juga ada di Kota Tegal. Yaitu Warung Soto Sedap malam. Lokasinya ada di Jalan Raya Talang, No. 320, RT. 9 / RW. 2, Tegal. Ada tiga varian soto yang ditawarkan di sini. Soto Sedap Malam Ayam, Babat, dan Daging Sapi Cincang. Namun, jika ingin request ketiganya dalam satu mangkok juga bisa. Apapun requestnya, rasanya sama nikmatnya. Dan, pilihan TripAdvisor ini memang tepat.

Warung Soto Sedap Malam juga menyajikan keripik usus. Ada juga kerupuk rambak, lalu sebabai menu penutupnya tape ketan asli. Soal harga, gerai ini sangat ramah. Komposisi soto tiga porsi lengkap, tiga minuman jeruk peras, masing-masing satu bungkus kerupuk rambak dan makaroni dibanderol Rp64 ribu. TripAdvisor memberi ulasan luar biasa 29%, lalu 64% sangat bagus.

4. Moro Tresno

Kota Bahari Tegal surganya soto. Moro Tresno menjadi sajian soto berikutnya dengan kombinasi tauco. Lokasinya strategis karena ada di Pasar Senggol, Komplek Alun-Alun Tegal. Terkenal sebagai sauto, rasa kuahnya gurih dan segar dengan beragam isiannya. Ada varian ayam atau babat beserta jeroan sapi lainnya. Semuanya dikombinasi dengan nasi, taoge, daun bawang, dan bawang goreng.

Rasa semakin eksotis dengan tambahan tauco. Ada rasa asam nikmat dan terselip rasa pedas. Aromanya juga semakin menggugah selera makan. Selain sauto, pengunjung bisa menikmati menu lain seperi mie godog, sate dan gule kambing, nasi campur, hingga nasi lengko khas Tegal. Karena keeksotisan rasanya, TripAdvisor pun memberi ulasan 90% sangat bagus.

5. Sate Batibul Bang Awi

Kota Bahari Tegal adalah rajanya sate. Bumbunya sangat khas. Salah satu kiblatnya adalah Sate Batibul Bang Awi. Gerai ini berada di Jalan Raya II Ujungsari, Adiwerna, Tegal. Sate Batibul ini memakai daging kambing spesial dengan usia muda tiga bulan. Dagingnya dilumuri bumbu racikan khusus. Aromanya sangat menggoda. Rasanya juara dengan cocolan bumbu khas kecap manis, bawang merah, dan sambal.

Rasa lezat sate muncul karena treatment yang diberikan. Saat dibakar, sate dicelupkan di susu kambing, manyak kambing, dan beragam bumbu rempak terbaik. Bumbunya ada kunyit, jahe, lengkuas, merica, ketumbar, dan bawang putih. Untuk menambah aroma, sate dibakar dengan arang kayu asam. Selain sate, di sini juga disediakan sop kambing. Harganya miring, 10 tusuk dibanderol Rp34.500 lalu sopnya Rp20.000. Karena kelezatannya, TripAdvisor memberi apresiasi lebih.

6. Sate Ayam Margasari

Salah satu sate Tegal yang harus dicicipi adalah Sate Ayam Margasari. Tempat ini sangat familiar. Hingga masuk dalam radar TripAdvisor. Sate Ayam Margasari ini unik. Sate ayamnya saja gurih dan empuk dengan ukuran besar. Untuk penyajiannya bisa dengan bumbu kuning atau kuah santan.

Sebagai pendampingnya, disajikan juga sate kulit, soto tulang, hingga sate ati ampla dan campur. Di sini pengunjung juga bisa merequest daging sate yang digunakan, entah itu paha atau bagian dada ayam. Jenis minumannya beragam, terutama juice. Harganya miring, 10 tusuk sate ayam plus lontongnya dibanderol Rp26.000. Lalu untuk sop tulang hanya Rp5.000 per porsi. Sate ini berada di Kampung Mintaragen, Tegal.

7. Martabak Mr Buck

Kuliner berikutnya adalah Martabak Mr Buck. Lokasinya strategis. Di Jalan Kartini, Pintu Parkir Eks Marina Plaza, Tegal. Mr Buck pun menyediakan dua varian, yaitu martabak manis dan telor.

Martabak manis terkenal sangat spesial karena toppingnya memiliki 8 rasa. Saat disajikan sangat unik dan istagramable. Untuk pilihan adonannya, ada original, original kismis, green tea, dan black charcoal. Harganya mulai dari Rp30 ribu per porsi. Bagaimana martabak telornya? Versi ini juga spesial dengan isian daging sapi, tuna, dan kepiting. Topingnya paten apalagi untuk isian beef, yaitu mozarella.

8. Bakmi Favorit

Bakmi Favorit menjadi destinasi kuliner berikutnya. Lokasinya ada di Jalan HOS Cokroaminoto, No. 67, Tegal. Tempatnya strategis dan mudah dijangkau. Juga sangat nyaman dan bersih.

Rasanya jelas juara. Tekstur mienya sangat lembut. Sajian menjadi semakin lengkap dengan kombinasi bumbu rempat terbaik. Semua disajikan dengan rasa seni memasak yang tinggi. Penuh rasa, ayam yang disajikannya sangat lembut di lidah. Lebih spesial lagi, komposisi rasa sempurna ini tidak menguras isi kantong. Sebab, Bakmi Favorit ini dibanderol dengan harga super ramah.

9. Lontong Ayam Kampung Bu Eni

Wilayah Tegal menjadi rumah nyaman bagi kuliner olahan ayam. Menyempurnakan koleksi, rasa spesial pun ditawarkan Lontong Ayam Kampung Bu Eni. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Taman Rakyat Slawi Ayu. TripAdvisor merekomendasikan menu ini karena kualitasnya. Wajar bila ulasan dari responden 100% mengatakan sangat baik.

Menu ini memiliki kuah yang gurih dan nikmat. Ayam yang disajikan pun tidak keras. Padahal, menu ini menggunakan ayam kampung. Penyajiannya bisa dikombinasi dengan tauge, lalu ditambahkan sambal. Lebih unik lagi, opornya memiliki versi sate ayam. Semua rasa yang ditawarkan juara semuanya.

10. Kepiting Koprol

Namanya unik ya, Kepiting Koprol. Tapi, bahan bakunya dijamin segar dengan kualitas terbaik. Cara mengolahnya pun paten dengan beragam bumbu rempah unggulan. Komposisi bumbunya pas sehingga rasanya sangat meleleh di lidah. Ada beberapa porsi ditawarkan, seperti size S dengan harga Rp65 ribu. Atau, size L dengan rasa pedas yang kuat dan membuat addict.

Selain kepiting, gerai ini pada dasarnya menyajikan beragam seafood. Ada ikan bakar koprol dengan cita ras juara pula. Atau, alternatif pilihannya udang saus khas yang dibanderol Rp40 ribu per porsi.

You may also like

Leave a Comment