Lifestyle

Adaptasi Digitalisasi Bantu DFAM Dongkrak Penjualan Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 harus diakui bersama telah berpengaruh terhadap banyak sektor, termasuk sektor properti. Para pelaku bisnis di semua sektor hampir tak punya pilihan lain, kecuali beradaptasi yang diantara lainnya dengan mengadopsi digitalisasi.

Pada hari ini, mungkin agak sulit bagi sebagian kita untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari tanpa keterlibatan teknologi digital. Hampir semua sektor bisnis sudah mulai memanfaatkan era digital, mulai dari sektor pangan, komunikasi, energi, keuangan, kesehatan, sektor industri properti dan masih banyak lagi.

Bicara sektor industri properti, nampaknya sektor inipun tidak luput dengan disrupsi digital dewasa ini. Dahulu untuk menjual properti para agen properti atau broker harus bersusah payah menyebarkan brosur dan menyelenggarakan berbagai event. Sekarang mereka hanya perlu beriklan di marketplace dan memanfaatkan media sosial.

Pemanfaatan era digital, terutama di masa pandemi seperti ini sangat memudahkan dan menguntungkan perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan penjualan unit properti, insight dari hasil media social dan testimoni dari konsumen langsung. Peningkatan penjualan properti bisa dilakukan dengan beberapa strategi seperti memanfaatkan iklan media, social media marketing (Instagram,facebook,whatsapp,marketplace), website professional dan lainnya.

Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang tidak lantas membuat Dafamland menyerah. Dalam upaya pemanfaatan digital, PT Dafam Maju Bersama yang merupakan entitas anak perusahan PT Dafam Property Indonesia Tbk (DFAM), telah menggunakan semua  platform digital yang potensial, mulai dari pengelolaan website, social media, dan beberapa aplikasi telepon genggam dengan tujuan memudahkan akses komunikasi ke konsumen dan calon konsumen.

‘‘Perpanjangan PPKM darurat sangat memberikan hambatan bagi perusahaan dan menuntut perusahaan beradaptasi. Dengan diterapkannya digitalisasi sejak pertengahan tahun 2020 lalu, saat ini target penjualan kami mencapai 48% pada akhir kuartal I tahun 2021 ini. Akad jual beli yang sudah kami capai yaitu 57 unit,” terang Wijaya Dahlan Direktur Dafamland PT Dafam Property Indonesia Tbk.

Selama masa pandemi ini, dengan digiatkannya aktifitas digital marketing, memberikan efek peningkatan 21,54% jumlah pengunjung di website Dafamland, dari sebelumnya yang hanya 6.668 kunjungan, kini menjadi 8.104 netizen (26/08/21). Selain website, juga dilakukan penetrasi pada berbagai platform social media, misalnya Facebook, yang berhasil memperoleh kenaikan jangkauan hingga 225% dari periode sebelumnya.

Sebagai gambaran pada November 2020 hingga saat ini Dafamland telah menjangkau 460.000 target market yang telah ditetapkan. Untuk Instagram Dafamland telah menjangkau 155.029 orang, dan dari 155 ribu jangkauan tersebut bukan merupakan follower Dafamland.

Dafamland optimis mampu meningkatkan penjualan dan insight media sosial di quartal ke empat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *