Home Lifestyle Blibli Tawarkan Pilihan Produk Kloset Toto Berkualitas, Anti Meledak

Blibli Tawarkan Pilihan Produk Kloset Toto Berkualitas, Anti Meledak

written by Admin March 9, 2023
Blibli Tawarkan Pilihan Produk Kloset Toto Berkualitas, Anti Meledak

Belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan berita yang tak biasa. Sebuah toilet warga di daerah Jakarta Timur tiba-tiba meledak dan melukai penghuni rumah yang sedang di dalam kamar mandi. Peristiwa ini tentunya mengherankan banyak pihak, bagaimana bisa sebuah kloset meledak? Apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

Kloset merupakan saluran pembuangan tertutup yang terdiri dari tempat pembuangan dan penampungan kotoran. Tempat pembuangan berupa kloset itu sendiri dan penampungan biasa disebut dengan septic tank. Untuk menyambung dua lokasi itu dibuatlah instalasi pipa saluran pembuangan.

 

Penyebab kloset meledak dan cara mencegahnya

Sebagai saluran yang tertutup, kloset dan septic tank bisa saja meledak. Hal ini bisa terjadi karena banyak parameter penyebab, diantaranya:

  • Gas dari septic tank naik ke kloset

Dalam pembuatan septic tank, harusnya disertai dengan pipa pembuangan udara. Pipa tersebut berfungsi untuk membebaskan gas atau udara yang terbentuk saat kotoran diurai oleh bakteri.

Apabila pipa udara untuk pembuangan itu tidak ada, maka produksi gas di dalam septic tank bisa menjadi berlebih dan akan berbahaya. Bukan tidak mungkin gas itu naik ke kloset dan memicu ledakan.

  • Tekanan pipa berlebih

Penyebab lain yang bisa menyebabkan kloset meledak adalah apabila terdapat tekanan berlebih di pipa saluran pembuangan. Tekanan ini bisa disebabkan oleh air yang betekanan tinggi atau kebocoran pipa yang menyebabkan udara bertekanan masuk ke saluran pipa.  Apabila tekanan air berlebih ini tidak segera dibebaskan, maka bukan tidak mungkin kloset akan meledak.

  • Adanya sumbatan

Septic tank yang normal itu berarti septic tank yang mampu menguraikan kotoran menjadi air dan akan kembali ke tanah. Namun fungsi septic tank tidak akan berjalan normal apabila ada sumbatan di pipa kloset atau di septic tank.

Sumbatan yang dibiarkan berlarut-larut akan memicu tekanan berlebih baik di septic tank maupun di kloset. Kalau kondisi sudah seperti itu, bukan tidak mungkin akan terjadi ledakan.

  • Permasalahan di sistem penyiraman kloset

Beberapa tipe kloset ada yang sudah diberi dengan bantuan sistem penyiraman. Fitur bantuan untuk menyiram ini harus dirawat secara berkala untuk menghindari kerusakan. Apabila kerusakannya dibiarkan, bukan tidak mungkin sistem yang harusnya membantu ini akan menjadi sumber kerugian karena menyebabkan ledakan kloset.

 

Dari beberapa penyebab di atas, ada juga berbagai cara untuk mencegah terjadinya ledakan di kloset. Berikut ini beberapa cara yang dimaksud;

  • Pastikan sistem septic tank benar & terbuat dari bahan yang kuat

Septic tank merupakan penampungan kotoran yang seharusnya bisa digunakan dalam kurun waktu puluhan tahun. Sistem penguraian dalam septic tank dua kolam bahkan bisa membuat septic tank itu tidak akan pernah penuh. Oleh karena itu, saat membangun septic tank, pastikan sistem dan bahan-bahan yang dipakai adalah yang berkualitas.

  • Jangan lupa pipa pembuangan udara

Saat membangun septic tank, Anda juga harus ingat bahwa pipa buangan udara harus ada. Meski terlihat sepele dan sederhana, pipa ini merupakan alat bantu yang penting sehingga membuat septic tank dan kloset menjadi lebih awet.

  • Pilih kloset berkualitas

Seperti sudah diungkap di atas, fitur dalam kloset bisa menjadi salah satu pemicu ledakan. Oleh karena itu Anda harus bisa memilih kloset berkualitas saat membuat WC. Salah satu kloset yang direkomendasikan adalah kloset merk Toto.

Kloset Toto sudah puluhan taun terbukti menjadi produsen kloset yang berkualitas dan aman digunakan. Jika Anda bingung dimana membeli kloset, tak perlu khawatir, kloset Toto bisa didapatkan di Blibli.

Produk Toto yang tersedia di Blibli dijamin produk original. Blibli menyediakan berbagai tipe kloset, mulai dari yang jongkok hingga yang duduk. Ada juga berbagai aksesoris kloset merk Toto yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Berbelanja di Blibli juga dijamin akan lebih menguntungkan karena Anda berpeluang untuk mendapatkan berbagai promo dan cashback. Tak hanya itu saja, belanja juga akan lebih hemat dengan fitur gratis ongkos kirim.

 

 

You may also like

Leave a Comment