Home Nusantara Hadir di Munas II GIPI, Menparekraf Kukuhkan Hariyadi Sukamdani Sebagai Ketum GIPI Periode 2022-2027

Hadir di Munas II GIPI, Menparekraf Kukuhkan Hariyadi Sukamdani Sebagai Ketum GIPI Periode 2022-2027

written by Admin June 30, 2022
Hadir di Munas II GIPI, Menparekraf Kukuhkan Hariyadi Sukamdani Sebagai Ketum GIPI Periode 2022-2027

Dr. Ir. Haryadi B.S Sukamdani, MM resmi terpilih sebagai Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) periode 2022-2027, pada pelaksanaan Munas II GIPI 2022 bertempat di Grand Mercure Harmoni, Jakarta, pada hari Kamis (30/6).

Dirinya terpilih menggantikan Didien Juneidy setelah hanya terdapat calon Ketua Umum tunggal tanpa pesaing. Hariyadi Sukamdani pun telah mendapatkan dukungan untuk maju sebagai calon Ketua Umum GIPI dari 22 asosiasi anggota GIPI, 12 DPD GIPI serta 5 asosiasi yang belum menjadi anggota GIPI.

Pada kesempatan pemaparan visi dan misi, Ketum GIPI periode 2022-2027, Haryadi Sukamdani menekankan bahwa dirinya ingin mengoptimalkan peran GIPI dalam menjadikan sektor pariwisata Indonesia menjadi unggulan di kawasan Asia Tenggara.

“Sudah saatnya kita berpikir bahwa Indonesia bisa mengalahkan Thailand dalam sektor pariwisata. Indonesia merupakan negara yang besar dengan latar budaya yang beragam, dialek bahasa yang juga beragam sehingga memiliki potensi besar dilirik oleh wisatawan. Kita perlu mendorong peran promosi pariwisata agar lebih tepat sasaran,” jelas Hariyadi.

Kemudian, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, termasuk untuk mendorong pariwisata Indonesia menjadi yang terdepan di kawasan Asia Tenggara. Terkait regulasi, Haryadi Sukamdani yang juga Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu mengatakan akan mengawal amandemen Undang-Undang Kepariwisataan No. 10 tahun 2009 bersama-sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Rencana Strategis DPP GIPI 20222027

1. Konsolidasi stakeholder pariwisata nasional;
2. Mendorong regulasi yang kondusif untuk sektor pariwisata;
3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan perluasan lapangan kerja;
4. Mendorong pertumbuhan investasi pariwisata;
5. Perluasan jariangan internasional.

Pada kesempatan Munas II GIPI 2022 ini pula, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri hadir dan mengukuhkan Ketua Umum beserta jajaran pengurus GIPI periode 2022-2027.

Menparekraf berpesan agar Ketua Umum beserta jajaran pengurus GIPI periode 2022-2027 untuk segera menekan pedal gas dalam-dalam membenahi sektor industri pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19 selama lebih dari 2 tahun.

“Harapan saya agar Ketua Umum beserta jajaran pengurus GIPI periode 2022-2027 untuk segera Gercep atau Gerak Cepat, Geber atau Gerak Bersama dan Gaspol atau Garap Semua Potensi Online serta Lapangan Kerja di sektor pariwisata ini,” ujar Menparekraf.

You may also like

Leave a Comment