Home Lifestyle Traveloka: Sukses Lewati 10 Transformasi Luar Biasa dalam 10 Tahun Melayani Travelers

Traveloka: Sukses Lewati 10 Transformasi Luar Biasa dalam 10 Tahun Melayani Travelers

written by Admin March 11, 2022
Traveloka: Sukses Lewati 10 Transformasi Luar Biasa dalam 10 Tahun Melayani Travelers

Perjalanan satu dekade Traveloka dipenuhi dengan berbagai pencapaian dan inovasi berbasis teknologi untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup konsumen yang terus berkembang.

Dengan menawarkan produk dan layanan yang lengkap, Traveloka kini telah tumbuh sebagai lifestyle superapp yang memberikan solusi perjalanan dan gaya hidup tidak hanya bagi konsumen di Indonesia, namun juga konsumen di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Lalu, keunikan apa saja yang mendukung perjalanan Traveloka sejak awal hingga sekarang?

Berikut 10 fakta unik transformasi Traveloka sebagai lifestyle superapp:

1. Pengalaman pemesanan tiket pesawat jadi ide awal berdirinya Traveloka

  • Traveloka didirikan pada 29 Februari 2012 oleh Ferry Unardi (CEO & Co-Founder), dan Albert (Co-Founder). Berawal dari pengalaman Ferry Unardi yang mengalami kesulitan dalam memesan tiket pesawat saat merantau di Amerika untuk pulang ke tanah kelahirannya di Padang, Sumatera Barat. Kesulitan tersebut, kemudian dijadikan peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengalami kendala serupa.
  • Bersama dua temannya, Ferry Unardi menyewa sebuah apartemen di Jakarta untuk memulai usaha. Menggunakan tiga laptop sebagai modal utama, para founders memulai perjalanan Traveloka sebagai metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat.

2. Burung Godwit yang menjadi inspirasi logo Traveloka

  • Pengguna Traveloka pasti mengenal logo perusahaan yang identik dengan gambar burung dilengkapi warna putih dan biru. Burung yang bernama Godwit ini menjadi inspirasi bagi Traveloka karena memiliki kemampuan untuk terbang sejauh ribuan kilometer tanpa berhenti sama sekali. Hal ini dilakukan karena mereka suka berpetualang atau bermigrasi keliling dunia. Karakter ini sesuai dengan visi Traveloka untuk terus ‘terbang’ jauh ke seluruh dunia sehingga dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dimanapun mereka berada.

3. Traveloka bermula dari 8 orang hingga tumbuh bersama ribuan karyawan

  • Pada awal berdiri, Traveloka hanya beranggotakan delapan orang yang terbagi ke dalam beberapa divisi, seperti keuangan, operasional, pemasaran, dan lainnya.
  • Kini, Traveloka memiliki lebih dari 2.000 talenta-talenta terbaik dari Asia Tenggara, dan kawasan lainnya seperti Eropa dan Amerika, demi mewujudkan komitmen untuk senantiasa menghadirkan kontribusi positif di mana pun Traveloka beroperasi. Hal ini menjadi fondasi terciptanya inovasi-inovasi yang diterima dengan baik oleh para konsumen, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya. Traveloka saat ini memiliki rasio karyawan pria & wanita sebesar 60:40.
  • Di Traveloka, karyawan laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan karir yang sama. Traveloka juga menunjukkan komitmennya untuk menjunjung tinggi keberagaman dan inklusivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan suportif bagi semua karyawan, termasuk wanita, untuk tumbuh dan berinovasi.

4. Hadapi situasi pandemi dengan ragam inovasi

Berbagai inisiatif dan inovasi yang kami lakukan selama pandemi lakukan mencakup beragam produk dan fitur, seperti:

  • Traveloka Eats Delivery, sebuah layanan pemesanan dan pengantaran makanan yang baru tersedia sejak November 2020. Saat ini, kami bermitra dengan lebih dari puluhan ribu restoran di kawasan Jabodetabek, Bali dan Bandung.
  • Traveloka Clean Partners, mendorong para mitra untuk berkomitmen dalam menerapkan protokol CHSE yang ketat serta memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi mitra-mitra tersebut dengan melekatkan label khusus. Hingga saat ini, kami telah menggandeng lebih dari 11.000 mitra untuk Traveloka Clean Partners.
  • Traveloka LIVEStyle, menghadirkan rekomendasi dan tur virtual secara livestream melalui aplikasi dan media sosial resmi Traveloka.
  • Tes Covid-19, bekerja sama dengan 140+ mitra dengan lebih dari 850 pilihan produk layanan tes Covid-19, baik In-Clinic maupun Drive-Thru. Sekitar 600.000 tes Covid-19 telah dipesan oleh pengguna Traveloka.
  • Traveloka PayLater Virtual Number, metode pembayaran cicilan menggunakan nomor virtual untuk pengguna PayLater di Indonesia, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan kredit PayLater di berbagai situs e-commerce.
  • Gold, tabungan Emas bekerja sama dengan salah satu perusahaan milik negara Indonesia yang telah memiliki izin untuk melakukan transaksi jual beli emas. Ini adalah produk investasi pertama di Layanan Keuangan Traveloka,
    yang bertujuan untuk memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat terhadap instrumen investasi serta mendorong literasi dan inklusi keuangan sebagai bagian dari fokus pemerintah Indonesia.
  • Serta beberapa fitur lain seperti Online Xperience Tur Virtual, Buy Now Stay Later, Pay Upon Check-In, Easy Reschedule, hingga layanan Order Now untuk Traveloka Eats.

5. Perusahaan Startup Teknologi di Indonesia yang Menjual Produk di luar Indonesia

Traveloka akhirnya menjadi perusahaan startup teknologi di Indonesia pertama yang menawarkan produk dan layanannya ke luar Indonesia

  • Berangkat dari pencapaian dan pengalaman di tanah air, sejak tahun 2015, Traveloka menjadi perusahaan startup teknologi tanah air pertama yang mengembangkan bisnis di luar negara asalnya ke wilayah Asia Tenggara, seperti
    Vietnam, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina.
  • Pada 2017 lalu, Traveloka menyandang gelar perusahaan Unicorn. Menjadikan Traveloka sebagai technology startup pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang berhasil meraih gelar tersebut.

6. 20 Produk & Layanan

Traveloka memiliki lebih dari 20 produk dan layanan, serta lebih dari 40 juta monthly active users

  • Traveloka yang sebelumnya dikenal sebagai Online Travel Agent kini telah bertransformasi menjadi lifestyle superapp di Asia Tenggara. Menawarkan solusi end-to-end dengan portofolio komprehensif dengan lebih dari 20 produk dan layanan di bawah tiga pilar utama: Perjalanan (Travel), Local Services, dan Layanan Keuangan (Financial Services).
  • Aplikasi Traveloka juga telah diunduh lebih dari 100 juta kali, dan memiliki lebih dari 40 juta pengguna aktif setiap bulannya (Januari 2022). Menjadikan Traveloka sebagai aplikasi pemesanan perjalanan dan gaya hidup paling populer di kawasan Asia Tenggara.

7. Traveloka Mulai Rambah Layanan Gaya Hidup

Lebih dari sekadar layanan perjalanan, Traveloka hadirkan beragam layanan penunjang gaya hidup konsumen

  • Memahami kebutuhan konsumen yang tidak lagi terbatas hanya pada transportasi dan akomodasi, namun juga layanan penunjang lainnya seperti rekreasi, kuliner, dan layanan keuangan.
  • Sebagai pemain utama di kategori local services, Traveloka hadirkan Traveloka Xperience, Traveloka Eats, dan Traveloka Eats Delivery untuk memudahkan konsumen memenuhi kebutuhan gaya hidup.
  • Lebih dari itu, Traveloka juga menawarkan solusi keuangan, pembayaran, dan asuransi, salah satunya skema pembayaran PayLater yang menjadi pelopor konsep Buy Now Pay Later (BNPL) di Indonesia.

8. Terus Tumbuh Bersama Mitra

Traveloka tumbuh bersama jutaan mitra di seluruh dunia

  • Traveloka telah bekerja sama dengan berbagai mitra di seluruh dunia, dengan total lebih dari 1,8 juta mitra akomodasi untuk menyediakan inventori di aplikasi Traveloka.
  • Bekerja sama dengan 200 maskapai penerbangan dengan layanan penuh (full service carrier), dan maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier).
  • Bermitra dengan lebih dari 300 operator bus & shuttle, dan lebih dari 500 mitra rental mobil dan antar jemput bandara di Indonesia.
  • Untuk memberikan layanan gaya hidup yang lengkap, Traveloka Xperience bekerja sama dengan lebih dari 111.000 inventaris.
  • Traveloka juga bermitra dengan lebih dari 30.000 restoran yang tersebar di Indonesia.
  • Traveloka juga bermitra dengan lebih dari 250 penyedia layanan finansial.

9. Program Ikonik

Mengedepankan pengalaman konsumen, Traveloka hadirkan program-program ikonik

  • Pengalaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup merupakan salah satu fokus utama Traveloka. Untuk menghadirkan pengalaman seru, Traveloka hadirkan kegiatan pemasaran ikonik tahunan, Traveloka EPIC Sale yang diselenggarakan di Indonesia, Vietnam, dan Singapura.
  • Menggandeng lebih dari 81.000 mitra saat Traveloka EPIC Sale 2021 di Indonesia mencatat kenaikan transaksi di bulan Oktober 2021 hingga 1,5 kali lipat dibandingkan bulan Maret 2021. Aplikasi Traveloka juga dikunjungi oleh lebih dari 12 juta pengguna selama periode kegiatan, memberikan dampak positif bagi ratusan ribu pekerja pariwisata.

10. Games Seru

Kini pengguna juga bisa main game seru di Traveloka

  • Traveloka mengajak pengguna untuk memiliki interaksi yang lebih seru dan menyenangkan di dalam aplikasi dengan menghadirkan Reward Zone, kumpulan casual games yang bisa dimainkan secara gratis oleh para pengguna. Sejak diluncurkan pertama kali pada pertengahan Januari 2022, Traveloka Reward Zone telah berkontribusi lebih dari 15% terhadap pertumbuhan pengguna harian di aplikasi Traveloka.
  • Salah satu game multiplayer pertama Traveloka, Sodaloka. Game ini memiliki lebih dari 500.000 pemain setia sejak pertama diluncurkan pada Oktober 2021. Pada Desember 2021 terdapat ‘event‘ Liga Sodaloka yang berhasil meningkatkan pertumbuhan pengguna harian sebesar 30%.

You may also like

Leave a Comment