Tepat pada hari Kamis tanggal 3 Maret 2022, ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno secara virtual dari Jambi. Selain dibuka dan dihadiri oleh Menparekraf, event ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 juga turut diramaikan dengan kehadiran dari Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah; Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta; Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta; serta juga mendapat sambutan secara online dari Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Odo R.M Manuhutu.
ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 yang rencananya akan digelar mulai tanggal 3 -6 Maret 2022 ini diselenggarakan di venue yang istimewa yakni, Main Atrium PIK Avenue, Jakarta Utara. Pemilihan lokasi ini dinilai sejalan dengan misi untuk mereaktivasi industri pariwisata sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional. ASTINDO berkolaborasi dengan PIK Avenue sehingga harga sewa pun tidak terlalu memberatkan para travel agent yang menjadi peserta ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 yang selama ini sudah terlanjur merugi karena pandemi.
ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia) memang diketahui telah secara rutin menyelenggarakan event ASTINDO Travel Fair ini, bahkan terhitung sudah sejak tahun 2011 hingga 2020 yang kemudian sempat diselingi dengan ASTINDO Virtual Travel Fair di tahun 2021 yang saat itu bertepatan dengan puncak pandemi Covid-19 di Indonesia.
Menariknya, ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini memang skalanya jauh lebih kecil dibanding penyelenggaraan sebelumnya, tapi fakta ini bukan tanpa alasan dilakukan, karena ASTINDO melakukan penyesuaikan kondisi para travel agent yang nyaris mati suri selama dua tahun. Tapi kenyataan tersebut tak diratapi terus oleh ASTINDO yang justru menganggap momentum penyelenggaran ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini harus dimanfaatkan untuk membangkitkan industri travel agent tanah air.
“Travel agent sudah 2 tahun menderita, dengan semakin meratanya vaksinasi di Indonesia, dan melihat kondisi di luar negeri yang sudah mulai mempermudah perjalanan wisata baik domestic maupun internasional, kami berpendapat ini adalah saat yang tepat untuk mulai menggelar barang dagangan kami dan berjualan lagi. Harapannya tentu saja agar travel agent dapat menaikkan sales, apalagi melihat kondisi tahun lalu dimana terjadi peningkatan transaksi penjualan secara konsisten mulai dari bulan Januari 2021 hingga November 2021,” terang Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno yang baru saja terpilih menjadi President of FATA (Federation of ASEAN Travel Association) pada sambutan pembukaannya.
Sementara itu, ditemui terpisah, Ketua Panitia Pelaksana ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022, Anton Sumarli menyampaikan, “Acara ini dilaksanakan secara Hybrid yaitu offline dan online, sehingga para pengunjung selain berkunjung ke PIK Avenue, juga dapat melihat showcase Travel Fair melalui website www.astindovirtualtravelfair.com, serta berinteraksi secara langsung dengan travel assistant dari para travel agent peserta ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022.
Dan, Menparekraf yang membuka secara resmi event ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini juga menyampaikan pesannya kepada panitia pelaksana ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini.
“Kemenparekraf sangat mendukung event ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini. Dan saya berpesan kepada Ibu Pauline dan para travel agent di event ini agar semangat menawarkan destinasi-destinasi terbaik dalam negeri kepada para pengunjung. Sehingga berwisatanya ke #IndonesiaAja,” tegasnya yang juga diamini oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Odo R.M Manuhutu.
Adapun berbagai pihak yang turut berpartisipasi dalam pameran ini ada sebanyak 15 travel agent, ada 4 desa wisata pemenang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021, desa wisata yang mewakili 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) dan 10 DPP ASTINDO.
ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini juga didukung oleh 13 maskapai penerbangan domestik dan internasional yakni All Nippon Airways, Cathay Pacific, China Airlines, Citilink, Etihad Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Japan Airlines, NAM Air, Qatar Airlines, Qantas Airways, Singapore Airlines, Sriwijaya Air, Super Air jet serta Heli City. Tak ketinggalan badan promosi pariwisata luar negeri pun turut hadir memeriahkan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022, yaitu Tourism Australia yang menjadi preferred destination event ini, Korea Tourism Organization (KTO), Tourism Authority of Thailand (TAT), Singapore Tourism Board (STB) dan Tourism Malaysia.
Penyelenggaraan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini didukung oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta serta juga Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Selain itu ASTINDO juga berkolaborasi dengan BCA sebagai bank partner yang akan menyediakan kemudahan bertransaksi pembayaran melalui payment link, serta potongan harga khusus bagi pemegang kartu kredit BCA. Setiap transaksi tiket selama pameran pun akan mendapatkan ‘Free travel insurance‘ dari BCA Insurance. Galileo Travelport Indonesia dan ATI Technology juga turut berperan dalam menyediakan platform reservasi serta display bagi pengunjung virtual.
“Diharapkan dalam waktu empat hari event ASTINDO Travel Fair 2022 ini, ditargetkan dihadiri oleh lebih dari 10.000 pengunjung langsung, selain juga dihadiri secara online dari berbagai penjuru Indonesia. Selain itu, dalam rangka mendukung program pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ASTINDO akan mensubsidi harga paket wisata domestik, khususnya untuk tujuan ke 5 (lima) Destinasi Super Prioritas (DSP), sehingga paket-paket wisata ke 5 DSP tersebut akan lebih terjangkau,” jelas Anton.
Pauline Suharno pun mengakui bahwa salah satu harapannya dengan pelaksanaan event ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini adalah agar dapat menjadi pemicu semangat bagi travel agent untuk kembali mengembangkan bisnisnya di bidang transportasi dan pariwisata.
“ASTINDO tentunya berharap travel fair kami menjadi salah satu pemicu semangat bagi teman-teman travel agent. Kami secara konsisten sejak pandemi terus berupaya mengadakan aktivitas bagi para anggota, dari mulai training, webinar, talk show, travel mart, travel fair, dan sebagainya. Tentunya dengan tujuan agar anggota kami dapat mengembangkan bisnisnya, dan berperan aktif dalam pengembangan industri pariwisata Indonesia pada umumnya.” jelas Pauline.
“Pada event ini juga perlu saya ingatkan bahwa ASTINDO sangat mendukung program unggulan pemerintah, seperti salah satunya yang paling dekat adalah MotoGP di Mandalika pada tanggal 18-20 Maret 2022. Tapi tenang saja, karena pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan tiket pesawat, akomodasi bahkan tiket MotoGP pun tersedia di ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 ini, lengkap di seluruh merchant travel agent kami!” tambah Pauline lagi.