Home Lifestyle Orchard Road, Surga Belanja Singapura yang Kini Semakin Ramah Muslim

Orchard Road, Surga Belanja Singapura yang Kini Semakin Ramah Muslim

written by Admin December 12, 2021
Orchard Road, Surga Belanja Singapura yang Kini Semakin Ramah Muslim

Singapura terkenal sebagai surga belanja dengan deretan pusat perbelanjaan modern yang menjadi rumah dari berbagai merek internasioal. Salah satu kawasan yang mewakili Singapura sebagai surga belanja adalah Orchard Road. Umumnya, wisatawan yang datang ke Singapura, akan menyempatkan diri berkunjung ke Orchard Road untuk berbelanja ke tempat tujuan atau sekadar window shopping, menjelajahi Orchard Road.

Orchard Road didesain senyaman dan semenarik mungkin bagi wisatawan yang berbelanja. Deretan pusat perbelanjaan dilengkapi jalur pejalan kaki yang lebar, banyaknya pohon yang teduh, lampu-lampu indah saat malam hari, dan berbagai atraksi menarik di sepanjang jalan.

Jalanan sepanjang 2,2 kilometer ini dahulu adalah kebun gambir, lada, pala, dan tanaman Anggrek. Sebelum terkenal akan deretan pusat perbelanjaan, Orchard Road dahulu terkenal akan rumah peristirahatan. Pusat perbelanjaan pertama yang dibuka di Orchard Road adalah C.K Tang Department Store pada tahun 1958.

Orchard Road sejak dahulu juga terkenal sebagai pusat hiburan yang selalu ramai dan menjadi magnet bagi banyak orang. Misalnya The Cold Storage Milk Bar yang menawarkan es krim, cake, dan aneka minuman yang menyegarkan yang terkenal pada 1960an.

Bagi Anda yang saat ini belum bisa mengunjungi The Centrepoint, pusat perbelanjaan modern dan hiburan ikonik di Orchard Road, kini telah berubah menjadi surga belanja modern, dan juga surga kuliner bagi para pencinta makanan. Terdapat zona gastro, Gastro+, kawasan makanan yang menghadirkan berbagai pilihan resto untuk memenuhi hasrat foodie dari berbagai kalangan.

Di Orchard Road tidak hanya belanja, Anda juga dapat staycation di hotel, wisata kuliner, dan bermain bersama teman dan keluarga di Orchard Road. Di Orchard Road juga terkenal ramah muslim, karena terdapat Masjid Al-Falah, yang dapat menjadi tempat menunaikan ibadah salat. Masjid ini dapat menampung 2.000 orang dalam sekali salat berjamaah sebelum pandemi. Lokasinya strategis, sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari hotel dan pusat perbelanjaan di Orchard Road.

Inilah lima aktivitas seru ramah Muslim yang dapat Anda lakukan di Orchard Road bersama teman atau keluarga. Bersiaplah bertualang di Orchard Road Singapura untuk mendapatkan pengalaman baru, seru, dan tak terbayangkan sebelumnya.

Staycation di hotel nyaman dengan fasilitas terbaik

Orchard Road dan distrik sekitarnya merupakan daerah yang terkenal akan hotel-hotel mewah bintang lima. Anda dapat menginap di hotel jaringan internasional, yang terkenal akan fasilitas dan pelayanan terbaik.

Hotel-hotel berikut juga mengantongi sertifikat SG Clean, sebagai tanda akan pelaksanaan protokol kesehatan yang sangat ketat bagi kesehatan dan kenyamanan para tamu.

1. Mandarin Orchard Singapore

Mandarin Orchard Singapore adalah hotel bintang lima legendaris di pusat Orchard Road yang dibuka pada 1973. Fasilitas hotel ini terus diperbarui mengikuti perkembangan zaman.

Hotel ini memiliki 1.077 kamar dan suite yang menawarkan pemandangan kota yang indah. Tamu dapat bersantap di restoran khas Jepang Shisen Hanten yang mendapatkan penghargaan dua bintang Michelin.

  • Alamat: 333 Orchard Road, Singapura 238867
  • Telepon: +65 6737 4411
  • Email: orchard@meritushotels.com
  • Website: https://www.meritushotels.com/en/mandarin-orchard-singapore/index.html 

2. The St. Regis Singapore

Hotel ini memiliki lokasi yang strategis, dekat dengan Singapore Botanical Garden. The St. Regis Singapore memiliki lebih dari 70 karya seni seniman lokal dan internasional. Terdapat 299 kamar termasuk 21 suites eksekutif di hotel ini.

Kamar-kamar di St. Regis Singapore memiliki desain klasik dengan sentuhan seni mewah.

  • Alamat: 29 Tanglin Rd, Singapura 247911
  • Telepon: +65 6506 6888
  • Website: https://www.marriott.com/hotels/travel/sinxr-the-st-regis-singapore/ 

3. YOTEL Singapore  

Hotel butik di pusat Orchard Road memiliki konsep dan desain modern yang unik dengan kamar yang disebut Cabin.

Ada 610 Cabin di YOTEL Singapore yang dilengkapi berbagai fasilitas canggih terkini seperti ranjang yang bisa diatur ketinggiannya, Smart TV dan techno wall (dinding dengan pengaturan cahaya), serta meja kerja yang nyaman.

YOTEL juga memiliki staf robot Bernama Yoshi dan Yolanda yang siap membantu para tamu.

Selain itu, Anda bisa ikut dalam berbagai kelas menarik dari hotel seperti kelas membuat minuman, tur di Singapore Zoo pada malam hari, atau ikut speed dating bagi yang masih lajang.

  • Alamat: 366 Orchard Road, Singapura 238904
  • Telepon: +65 6866 8000
  • Email: singapore.reservations@yotel.com 
  • Website: https://www.yotel.com/en/hotels/yotel-singapore 

Wisata sejarah di pusat kota

Selain berbelanja, Orchard Road juga terkenal dengan situs bersejarah seperti Emerald Hill dan The Istana. Tiga tempat bersejarah ini mewakili masa lampau Singapura yang masih dapat dilihat dalam bentuk aslinya dan uniknya berada di pusat kota yang ramai.

1. The Istana

Khusus The Istana, kantor Presiden Republik Singapura hanya dibuka lima hari dalam satu tahun dalam acara open house yang diselenggarakan setiap hari raya dan Hari Buruh.

Namun Anda tetap dapat melihat dari luar betapa megahnya bangunan bergaya Neo-Palladia yang dulu merupakan kediaman Gubernur Inggris di Singapura.

Anda juga bisa tahu lebih banyak mengenai The Istana melalui Istana the Heritage Gallery yang terletak persis di seberang jalan. Galeri ini buka sepanjang tahun, menjelaskan segala detail The Istana mulai dari arsitektur sampai tokoh penting yang pernah berkunjung ke sini.

  • Alamat: 35 Orchard Road, Singapura 238902
  • Telepon: 69044289
  • Email: gallery_enquiry@istana.gov.sg 
  • Website: https://www.istana.gov.sg/ 

2. Emerald Hill

Anda masih dapat melihat dan merasakan suasana era kolonial yang menarik di Orchard Road yang dahulunya adalah daerah perumahan. Berkunjunglah ke Emerald Hill, daerah perumahan yang tenang di antara pusat perbelanjaan dan jalanan yang ramai.

Saat ini ada banyak kafe, restoran, dan bar yang dibuka di rumah-rumah Emerald Hills. Namun, rumah-rumah ini masih tetap mempertahankan desain aslinya yaitu desain kolonial dan peranakan klasik. Tampilan rumah-rumah di Emerald Hill ini sangat estetik dan cocok diabadikan untuk Instagram Anda.

Belanja di pusat perbelanjaan modern

Agenda utama di Orchard Road tak lain adalah berbelanja sampai puas. Orchard Road memiliki hampir 30 pusat perbelanjaan modern dengan berbagai gerai merek lokal dan internasional.

Siapkan sepatu yang nyaman, agar kegiatan belanja semakin menyenangkan.

Saat ingin menunaikan salat, Anda dapat berkunjung ke Masjid Al-Falah Orchard atau berkunjung ke musala di Wisma Atria Shopping Centre Lantai 7, Takasimaya Shopping Centre Basement 1, dan Lucky Plaza Lantai 8.

Berikut ini adalah tiga mal di Orchard Road yang dapat menjadi pilihan tempat belanja seru bagi Anda.

1.ION Orchard

Mal ikonik ini memiliki fasad gedung yang unik dan bergaya futuristik. Kaca gedung memantulkan sinar matahari alami pada siang hari dan pada malam hari menampilkan permainan cahaya yang indah.

Di dalam mal terdapat berbagai merek fesyen mewah hingga kenamaan. Selain itu, mal ini juga terkenal akan ION Art, galeri seni yang menampilkan karya seni kontemporer dan modern Asia sepanjang waktu. Pengunjung bebas mengunjungi lokasi ini.

ION Orchard juga memiliki dek obeservasi bernama ION Sky di Lantai 55 dan 56, dengan ketinggian 218 meter di atas permukaan laut. Lantai Sembilan gedung, terdapat taman dan klub yang bisa dikunjungi pengunjung mal.

  • Alamat: 2 Orchard Turn, Singapore 238801
  • Telepon: +65 6238 8228
  • Email: customercare@ionorchard.com.sg
  • Website: https://www.ionorchard.com/ 

 

ION Orchard

2. Orchard Central

Jangan lewatkan berkunjung ke Orchard Central. Pusat perberlanjaan ini memiliki berbeapa gerai istimewa dan berbeda seperti gerai flagship global Uniqlo dan toko serba ada Jepang Don Donki serta toko aksesoris Jepang Tokyu Hands.

Selain belanja, pengunjung di Orchard Central juga bisa berkunjung ke Art Trail dan Roof Garden yang dibuka 24 jam untuk melihat pemandangan Singapura dari ketinggian.

Bagi anak-anak atau keluarga yang tidak ingin berbelanja, bisa mencoba panjat dinding indor Via Ferrata di Lantai lima. Orchard Central juga punya program khusus wisatawan diskon sampai 25 persen pada beberapa toko. Anda hanya perlu menujukan paspor ke meja concierge yang berada di lantai dasar untuk mendapat diskon ini.

  • Alamat: 181 Orchard Road, Singapura 238896
  • Telepon: +65 6238 1051
  • Website: https://www.fareastmalls.com.sg/Orchard-Central/

3. Design Orchard

Pusat perbelajaan terbaru di Singapura yang buka pada awal 2019 ini merupakan rumah dari lebih dari 100 merek lokal Singapura. Anda dapat membeli berbagai merek pakaian, aksesoris, perlengkapan rumah yang merupakan karya desainer lokal Singapura.

Singapore Tourism Board (STB) bersama dengan Design Orchard juga turut berpartisipasi di Surabaya Fashion Parade 2021, menghadirkan berbagai produk fesyen dari para desainer Singapura yang ditandai dengan logo Made With Passion (MWP).

MWP merupakan sebuah inisiatif pemasaran nasional untuk mempromosikan merek gaya hidup lokal Singapura di empat kategori – Kecantikan & Kesehatan, Fesyen & Aksesori, Peralatan Rumah Tangga & Dekorasi dan Makanan & Minuman Kemasan, dan semangat didalamnya.

Namun, untuk kamu yang sedang berada di Surabaya, kamu bisa  merasakan bagian dari Orchard Road dan melihat booth Design Orchard termasuk barang-barang dari brand MWP pada event Surabaya Fashion Parade tanggal 2-5 Desember 2021 di Tunjungan Plaza 6.

Saat lelah berbelanja, tidak ada salahnya untuk bersantai sejenak di kebun atap yang terbuka untuk publik. Area atap ini juga memiliki amphiteater untuk menyelenggarakan berbagai acara menarik.

Rooftop Design Orchard juga terdapat kafe hidden gem, Alchemist café yang memanggang biji kopi mereka sendiri.

Kafe ini populer di kalangan milenial trendi untuk bersantai di taman terbuka dengan pemandangan Orchard Road langsung di bawah.

Selain berbelanja langsung di pusat perbelanjaan Orchard Road, Singapura juga menawarkan pengalmaan berbelanja online yang tidak kalah seru dengan penawaran menarik.

  • Dover Street Market Singapore: https://singapore.doverstreetmarket.com/  
  • Gin Lee’s Virtual Store Experience: https://www.ginleestudio.com/pages/virtual-store-experience 
  • Beyond the Vines yang memiliki toko di Nge Ann City dan toko online di: https://www.beyondthevines.com/ 
  • Alamat: 250 Orchard Rd, Singapura 238905
  • Telepon: +65 6513 1743
  • Email: designorchard@taff.org.sg 
  • Website: https://www.designorchard.sg/ 

Isi energi dengan makanan enak

Setelah berbelanja dan berwisata, mari istirahat sejenak dan mengisi energi Anda. Bersantap di restoran dengan menu makanan dari berbagai negara bisa jadi pilihan selama berada di Orchard Road.

Berikut restoran halal dengan makanan dari berbagai negara yang bisa Anda coba di Orchard Road.

1. Maki San

Maki San merupakan restoran pertama dengan konsep pengunjung bisa memilih sendiri (do it yourself) komponen salad dan suhi yang mereka inginkan.

Anda bisa memilih jenis sayuran, protein, dan saus sesuai selera untuk membuat sushi dan salad.

Namun jika Anda bingung memilih komponen makanan, Maki San menyiapkan menu tetap yang juga menjadi favorit banyak orang.

Maki San pertama kali dibuka di The Cathay pada 2012 dan terus berkembang hingga 20 restoran di seluruh Singapura.

  • Alamat: 8 Grange Road, Cineleisure Orchard #B1-06 Singapore (239695)
  • Phone: 82184204
  • Email: cine@makisan.com 
  • Website: www.makisan.com 

Maki San

2. Amazing Thai Food

Kangen makanan khas Thailand?

Anda bisa mampir ke Amazing Thai Food yang merupakan restoran Thailand yang halal. Makanan khas Thailand seperti Som Tum (salad pepaya muda), Tom Yum, dan kari ikan thailand yang memiliki cita rasa segar dapat Anda santap untuk beristirahat sejenak saat belanja.

  • Alamat: 14 Scotts Road Far East Plaza, #01-20, Far East Plaza, 228213
  • Telepon: 8650 3055

3. Carousel at Royal Plaza on Scotts Hotel

Restoran buffet makan sepuasnya ini sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang gemar wisata kuliner atau foodies. Terlebih, restoran ini adalah restoran buffet halal paling populer di Singapura.

Restoran ini menyajikan makanan internasional dari Ansia, Mediterania, Perancis, dan Jepang. Jangan lupa untuk mencicipi aneka seafood seperti lobster, tiram, dan kepiting raja yang masih sangat segar.

Selain itu pilihan dessert atau makanan penutupnya sangat cantik dan menggiurkan!

  • Alamat: 25 Scotts Road, Royal Plaza, Singapore 228220
  • Telepon: (65) 6219 3780
  • Email: https://carouselbuffet.com.sg/contact/ 
  • Website: https://carouselbuffet.com.sg/ 

Aktivitas dan hiburan seru bersama keluarga

Terkadang tidak semua anggota keluarga kuat untuk berbelanja dalam waktu lama. Jangan khawatir, karena di Orchard Road juga terdapat tempat hiburan seru.

Anggota keluarga bisa mengisi waktu dengan bermain trampoline, menonton, atau bermain bowling di tempat yang menyenangkan ini.

1. Bounce Singapore

Bounce Singapura merupakan taman trampolin indoor dengan area yang luas. Pengunjung semua usia dari balita sampai dewasa boleh bermain di arena Bounce. Fasilitas bermain di Bounce sangat beragam mulai dari ring basket untuk melakukan slam dunk, lompat tiang di arena Leap of Faith, sampai arena The Wall untuk melatih lompatan dan lari gaya bebas.

  • Alamat: Cineleisure, 8 Grange Road #09-01 Singapore 239695
  • Telepon: 6816 2879
  • Email: enquiries@bounceinc.com.sg 
  • Website: https://www.bounceinc.com.sg/ 

2. Cathay cineplex

Orchard Road sejak dahulu terkenal sebagai pusat hiburan, tak terkecuali untuk nonton film di bioskop. Anda bisa menonton di bioskop legendaris Cathay Cineplex.

Bioskop ini memiliki teknologi canggih untuk membuat sensasi menonton lebih seru seperti bangku ergonomis yang biasa diatur ketinggian kakinya di Elite Club atau sofa pasangan yang empuk di Ultima.

Jika kamu pencinta film, juga bisa mengunjungi The Cathay Gallery di Handy Road. Galeri ini menyimpan koleksi memorabilia film seperti poster, kursi bioskop, kamera dari 1930an yang semuanya masih terawat dengan baik dan memiliki penjelasan cerita.

  • Alamat: Cineleisure Orchard, 8 Grange Rd, Singapura 239695
  • Email: bookings@cathaycineplexes.com.sg.
  • Website: https://www.cathaycineplexes.com.sg/ 

3. K Bowling Club

Arena bowling dengan desain layaknya di luar angkasa ini cocok bagi Anda yang suka aktif menggerakan badan sambil bergembira. Bagi Anda yang tidak membawa sepatu olahraga, di sini tersedia penyewaan sepatu bowling.

Selain bowling Anda juga bisa bermain arcade atau game dingdong, karaoke, dan bermain dart atau tembak panah di dinding. Jika lapar, Anda dapat memesan makanan dan minuman langsung di restoran yang tersedia di K Bowling Club.

  • Alamat: 313 Orchard Road 313@Somerset, #03-27 Singapore 238895
  • Telepon: +65 9127 0313
  • Email: booking@kbowlingclub.com
  • Website: https://kbowlingclub.com/ 

Berbelanja dapat menjadi aktivitas menyenangkan selama liburan di Singapura. Anda juga bisa mendapati toko, fasilitas, dan hiburan yang terus diperbarui, sehingga pengalaman berbelanja bertambah seru dan baru setiap Anda kembali ke Singapura.

You may also like

Leave a Comment