Ajang balap motor berkelas dunia, World Superbike (WSBK) 2021 telah selesai dilangsungkan di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 19 – 21 November 2021 lalu. Menariknya, tak hanya fokus pada balapan, karena juga diseelenggarakan NTB Expo 2021 yang diikuti oleh 330 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Beberapa diantara mereka memasarkan produk kerajinan lokal, salah satunya adalah ‘Dhafi Pearl’ yang menawarkan berbagai produk perhiasan mutiara, mulai dari cincin, gelang, anting hingga kalung. Harga jualnya pun bervariasi, berkisar mulai dari Rp35.000 sampai dengan Rp1.900.000.
Pemilik Toko ‘Dhafi Pearl’, Lasmini yang ditemui TravelmakerID di lokasi Expo mengatakan produk yang paling laris adalah set perhiasan mutiara air tawar. Ia juga menilai bahwa sambutan dari para pengunjung cukup positif dan omzet yang didapatkan juga cukup memuaskan setelah mengalami zero income selama pandemi Covid-19.
“Euforianya itu lumayan, karena kebanyakan penontonnya di luar. Mutiaranya banyak peminatnya,” ungkap Lasmini, pada hari Minggu (21/11).
Ke depannya, ‘Dhafi Pearl’ berharap bisa mendapat pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi UMKM dari pemerintah, serta juga bisa diberi kesempatan untuk memasarkan produknya di pameran-pameran lainnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, Yusron Hadi pada kesempatan terpisah mengatakan, “Produk-produk UMKM yang turut meramaikan NTB Expo 2021 merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan kesempatan kepada UMKM untuk bisa bangkit kembali dan yang terbilang paling banyak peminatnya adalah kriya, fashion, produk kosmetik dan juga kuliner.”
Menariknya lagi, NTB Expo 2021 diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin serta didukung pula dengan diberlakukannya sistem pembayaran cashless dengan EDC dan QRIS di seluruh tenant yang didukung oleh BRI.