Home Lifestyle J-Express (JX) Indonesia & JD.ID Rangkul Para Pelaku UKM Kota Surabaya

J-Express (JX) Indonesia & JD.ID Rangkul Para Pelaku UKM Kota Surabaya

written by Admin November 22, 2021
J-Express (JX) Indonesia & JD.ID Rangkul Para Pelaku UKM Kota Surabaya

J-Express (JX) Indonesia, perusahaan penyedia solusi logistik bagi para seller (penjual) & klien korporasi, serta penyedia jasa logistik bagi perusahaan retail e-commerce, JD.ID, bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Surabaya dalam melaksanakan program unggulan bertajuk ‘Tips dan Trick Menarik Pembeli Milenial ke Online Store Kami’.

Didukung langsung oleh afiliasi perusahaan, JD.ID yang merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, kedua perusahaan (J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID) memberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengenalan dan pemanfaatan platform online & digital dalam kegiatan jual beli oleh pelaku UKM.

Kegiatan edukasi dan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 17 November 2021 yang bertempat di Harris Hotel & Conventions Gubeng, Surabaya. Kegiatan ini sukses mengajak 125 pelaku UKM di Kota Surabaya dan secara resmi dibuka oleh Meylan Ilahude, Seksi Fasilitas Pengembangan Informasi Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Jawa Timur.

Secara sistematis para pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan sejumlah materi, seperti hal-nya pengenalan dan pemanfaatan platform e-commerce dalam kegiatan jual beli, pengenalan metode transaksi COD sebagai upaya membangun dan membina kepercayaan pelanggan, pengenalan JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce dengan jaringan marketplace yang luas, cara bergabung menjadi mitra seller JD.ID, serta penjelasan mengenai program social commerce JD Fans, program afiliasi marketing resmi milik JD.ID.

Pada seremoni pembukaan, Meylan Ilahude selaku Seksi Fasilitasi Pengembangan Informasi Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Jawa Timur menyampaikan latar belakang dan tujuan diadakannya kegiatan ini, “Kegiatan edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha terutama UKM Kota Surabaya agar dapat semakin berkembang dalam hal digitalisasi kegiatan jual-beli, khususnya pemanfaatan platform e-commerce. Kita dapat melihat bahwa pada saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan & informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada kesehariannya, dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UKM lainnya. Sehingga UKM, terlebih yang berada di Kota Surabaya, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat.”

Arditiandito, Industrial Relations J-Express (JX) Indonesia turut menjelaskan bahwa, “Selayaknya mitra kerja, JX Indonesia tidak hanya ingin hadir sebagai penyedia jasa logistik ‘hulu ke hilir’ bagi rekan usaha-nya, tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UKM, terkhusus di Kota Surabaya. Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin.”

Lebih lanjut, Adhika Yosmik, Head Of Marketing, Community and Partnership J-Express (JX) Indonesia yang memberikan edukasi dan pelatihan perihal metode pembayaran cash on delivery (COD) juga menambahkan bahwa, “COD adalah salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan. Hal ini didukung dengan temuan data statistik yang menyatakan bahwa lebih dari 70% konsumen Indonesia masih memilih metode COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. Terlebih di situasi pandemi dimana kegiatan jual beli mayoritas dilakukan secara digital dan online, kami melihat metode COD sebagai jalan tengah, yang memungkinkan kedua belah pihak, seller dan pelanggan, merasakan kepuasan dan manfaat dari belanja online.

Mencoba untuk memperkenalkan kembali JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce unggulan di Indonesia, Furqon Ramdhan, Seller Acquisition JD.ID menyampaikan bahwa, “Meski tergolong muda jika dibandingkan dengan lini-bisnis ritel kami, platform marketplace JD.ID terus mengalami peningkatan jumlah transaksi dari tahun-ke-tahun nya. Berbagai upaya dan terobosan pun terus kami lakukan untuk menyediakan lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap bagi para mitra seller kami. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para pelaku UKM di Indonesia khusus-nya Kota Surabaya, untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami ‘naik level’. Di JD.ID barang-nya #DijaminOri, seller-nya #DijaminBetah.”

Andrawan Diponugroho, Social Commerce Business Development Specialist JD Fans pun menerangkan bahwa, “Di JD.ID tersedia banyak kanal untuk para pelaku bisnis belajar memulai usaha atau sekedar ingin dapat penghasilan tambahan, tanpa perlu kumpul modal. JD Fans adalah aplikasi afiliasi marketing dari JD.ID yang memanfaatkan platform media sosial untuk penjualan dan promosi. Jika bergabung dengan JD Fans, para promoter berkesempatan untuk mendapatkan komisi hingga 80%, diskon khusus dan voucher menarik, serta dibebaskan untuk mempromosikan barang, sesuai dengan cara dan kreativitas masing-masing. Melalui JD Fans, kami berharap banyak pihak yang dapat diberdayakan, terutama mereka yang harus kesulitan mendapatkan sumber penghasilan di tengah situasi pandemi.”

Dikarenakan tingkat antusiasme dan keikutsertaan yang tinggi dari para seller peserta di Kota Surabaya, J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID bermaksud untuk melanjutkan program edukasi dan pelatihan ini secara berkelanjutan di berbagai kota di Indonesia, seperti di Surabaya. Sebelumnya J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID telah menggelar acara serupa di Kota Serang, Bogor, Malang dan Yogyakarta.

Melalui rangkaian kegiatan ini, JX dan JD.ID berkeinginan untuk dapat berbagi ilmu dan informasi terbaru mengenai industri e-commerce kepada para pelaku UKM, menggandeng para seller dari berbagai daerah, serta memberikan program pelatihan dengan materi yang menarik dan sesuai dengan  kebutuhan para #TemanOnlineSeller.

You may also like

Leave a Comment