Home WorldwideHong Kong HKTB & Michelin Guide Luncurkan ‘Hong Kong Chefs’ Playbook’

HKTB & Michelin Guide Luncurkan ‘Hong Kong Chefs’ Playbook’

written by Admin September 22, 2021
HKTB & Michelin Guide Luncurkan ‘Hong Kong Chefs’ Playbook’

Hong Kong Tourism Board (HKTB) dan Michelin Guide mempersembahkan Hong Kong Chefs’ Playbook, empat serial video yang menampilkan beberapa koki terkenal dan memiliki predikat Bintang Michelin dari berbagai restoran di Hong Kong.

Ditampilkan untuk memanjakan seluruh panca indra, Hong Kong Chef’s Playbook akan membawa Anda semakin dekat dengan beberapa koki terkenal di Hong Kong seperti Vicky Lau, Shane Osborn, Vicky Cheng dan pemilik restoran, Danny Yip, video ini akan menampilkan kunjungan mereka ke beberapa tempat terbaik di lingkungan sekitar dan membagikan beberapa rahasia mereka dalam mencari produk lokal yang segar dengan kualitas terbaik disertai dengan keindahan kota metropolitan seperti Yau Ma Tei, Wong Tai Sin, Tai O dan Pasar Aberdeen.

“Sebagai ibu kota kuliner Asia, Hong Kong memiliki hampir 70 restoran dengan predikat Bintang Michelin. Meskipun masih ada pembatasan untuk berkunjung ke Hong Kong, kami berharap dapat terus membawa Hong Kong lebih dekat dengan orang-orang di seluruh dunia, kali ini melalui sudut pandang koki Bintang Michelin yang terkenal. Makanan merupakan salah satu faktor penting bagi wisatawan Asia Tenggara dalam memilih destinasi wisata, itulah sebabnya kami sangat senang dan bangga berkolaborasi dengan Michelin Guide untuk menampilkan lingkungan Hong Kong melalui bakat para koki saat berbagi tentang interpretasi cita rasa lokal dan bagaimana tempat favorit mereka di Hong Kong telah menginspirasi dalam setiap masakan mereka,” ucap Raymond Chan, Direktur Regional, Asia Tenggara, Dewan Pariwisata Hong Kong.

Nicolas Achard, Managing Director Michelin Guide Asia dan CEO Robert Parker Wine Advocate mengatakan, “Ketika Michelin Guide berkembang dari Eropa ke Asia, Hong Kong adalah salah satu kota yang paling pertama diakui memiliki hidangan yang lezat. Sejak tahun 2009, Michelin dan Hong Kong telah membangun banyak pencapaian bersama. Sebagai salah satu pusat kuliner paling inovatif dan dinamis di Asia, Hong Kong adalah rumah bagi hidangan khas asli Kanton serta hidangann dari seluruh dunia yang disiapkan oleh koki lokal dan internasional terbaik. Kami berharap dapat menggambarkan cita rasa yang berpadu secara dinamis, bersama dengan orang-orang di balik layar, untuk memberikan pengalaman cita rasa yang dapat dirasakan oleh penonton saat mengunjungi Hong Kong di masa depan.”

Untuk menampilkan semangat dan keragaman kuliner Hong Kong, setiap koki akan mengungkap pedoman mereka masing-masing berdasarkan latar belakang dan keahlian kuliner yang unik. Saat mereka menjelajahi lingkungan tersebut, mereka juga akan membagikan inspirasi, teknik memasak, dan tips yang akan mengungkap rahasia tersembunyi dari kedekatan mereka di lingkungan lokal sambil menemukan tempat-tempat baru di sepanjang jalan.

Vicky Lau, Tate Dining Room | Hong Kong Chefs’ Playbook: Yau Ma Tei bersama Vicky Lau | Tanggal rilis: 21 September

Koki wanita pertama dan satu-satunya di Asia, Vicky Lau yang telah mendapatkan predikat dua Bintang Michelin dari Tate Dining Room, mengasah bakatnya di luar negeri dan kembali ke Hong Kong untuk mengejar karir kulinernya. Chef Vicky akan membawa penonton untuk berkeliling lingkungan Yau Ma Tei, yang termasuk dalam kampanye terbaru dari HKTB, dengan tujuan untuk meningkatkan minat pada aspek budaya asli lokal dari area Kowloon Barat.

Menurut Vicky, Yau Ma Tei adalah sisi Hong Kong yang sering dikunjungi oleh banyak koki. “Area ini adalah tempat dimana budaya lama bertemu dengan budaya baru, dengan begitu banyak tempat yang dapat dijelajahi terutama jika Anda mencari sesuatu yang autentik dan benar-benar asli dari Hong Kong. Ini adalah surga bagi pecinta makanan karena di sini kami menemukan alat, bahan-bahan, dan juga hidangan lezat dengan banyak keaslian yang ditawarkan. Misalnya, Pasar Buah Yau Ma Tei (juga dikenal sebagai Gwo Lan) adalah landmark bersejarah Hong Kong yang terkenal, di mana terdapat banyak buah-buahan menarik yang terkadang tidak bisa kita nikmati atau temui setiap hari. Pandemi ini sangat mempengaruhi pengiriman ke luar negeri, tetapi saya melihat ini sebagai peluang untuk menemukan dan menggunakan lebih banyak produk lokal untuk kreasi saya. Saya sangat bersemangat untuk menunjukkan sisi Yau Ma Tei, terutama dari sudut pandang seorang koki!”

Saat dilakukan pemesanan untuk restoran Crème de la Crème di Eropa, sistem peringkat Bintang Michelin yang terkenal saat ini telah tersebar di seluruh dunia karena industri kuliner yang terus tumbuh dengan bakat yang ditemukan dan diakui di berbagai budaya dan masakan.

Ketika Michelin Guide memulai debutnya di Hong Kong pada tahun 2009, Michelin Guide telah memberikan 31 bintang kepada 22 restoran. Saat ini, Hong Kong adalah rumah bagi total 95 bintang Michelin yang diberikan kepada 69 restoran.

Ketika seluruh dunia masih berjuang untuk memerangi pandemi Covid-19 dengan banyaknya larangan untuk melakukan wisata, HKTB dan Michelin ingin mengembalikan inspirasi kuliner yang membuat para wisatawan di seluruh dunia dapat menikmati tur lokal dan mengingatkan mereka untuk kembali berkunjung ke Hong Kong jika nanti industri pariwisata sudah kembali normal.

Setiap episode Hong Kong Chef’s’ Playbook akan dirilis setiap minggu di saluran media sosial Hong Kong Tourism Board dan Michelin Guide yang di rilis mulai 21 September 2021 dan seterusnya. Rasakan kenikmatan maksimum hidangan dan cita rasa dengan mengikuti @DiscoverHongKong dan @MichelinGuideWorldwide di Facebook.

Shane Osborn, Arcane | Hong Kong Chefs’ Playbook: Wong Tai Sin bersama Shane Osborn | Tanggal rilis: 28 September

Koki Shane Osborn, adalah koki terkenal asal Australia karena menerima bintang Michelin pertamanya di London, dia akan membawa penonton mengelilingi Wong Tai Sin. Ia pindah ke Hong Kong untuk mendirikan Arcane Restaurant, restoran berbintang satu Michelin.

Ia bercerita bahwa sumber daya lokal sangat penting baginya dan timnya di Arcane, “Kami tidak hanya mendapatkan bahan-bahan segar, kami juga mendukung komunitas petani lokal.”

Sebagai seorang ekspatriat, Shane secara terus menerus mencari destinasi baru di Hong Kong. Pertama kali berkunjung ke Biara Chi Lin, Shane mengungkapkan bahwa Hong Kong adalah destinasi yang ramai sekaligus memiliki alam yang tenang.

“Saya sangat terpesona oleh Biara Chi Lin, ketenangan daerah ini paling mengejutkan, terutama karena saya tinggal berdekatan dengan salah satu distrik terpadat di dunia.”

Vicky Cheng, VEA | Hong Kong Chefs’ Playbook: Tai O bersama Vicky Cheng | Tanggal Rilis: 5 Oktober

Dikenal karena masakan Cina-Perancis yang unik, koki Vicky Cheng dari VEA berbintang satu Michelin juga kembali ke Hong Kong untuk mengejar karirnya setelah tinggal di luar negeri. Melalui seri video ini, Vicky Cheng berharap orang-orang yang berkunjung ke Hong Kong tidak hanya menghargai berbagai makanan yang sangat lezat, baik itu kedai jajanan atau dari restoran berbintang Michelin, tetapi juga menghargai apa yang ditawarkan Hong Kong dalam keindahan alamnya.

Vicky menyetujui Shane Osborn, “Salah satu hal terindah yang sangat saya nikmati tentang Hong Kong adalah satu menit Anda berada di pusat distrik bisnis, dan 15 menit kemudian Anda berada di tengah hutan, mendaki tanpa apa pun di sekitar Anda. Ini benar-benar keindahan Hong Kong karena kita dapat berada di pusat kota dan negara besar di sekitar kita. Saya berharap pengunjung juga dapat melihat apa yang saya lihat, melalui sudut pandang seseorang yang lahir di sini, tinggal di luar negeri dan telah kembali lagi.  Hal yang istimewa dari Hong Kong adalah terdapat tempat-tempat yang ingin saya kunjungi, banyak hal yang ingin saya beli, dan banyak macam bahan makanan yang saya sukai untuk memasak.”

Danny Yip, The Chairman | Hong Kong Chefs’ Playbook: Aberdeen bersama Danny Yip | Tanggal Rilis: 12 Oktober

Terakhir yang tidak kalah penting adalah pemilik restoran Danny Yip, yang memiliki restoran ikonik berbintang satu Michelin, The Chairman, dikenal karena selalu memiliki inovasi baru bagi hidangan khas asli Kanton dengan menggunakan bahan-bahan lokal, dia akan membawa penonton dalam perjalanan menuju Aberdeen. Bersama dengan warga Hong Kong, Danny sangat suka berjalan kaki di sekitar kota.

“Ketika kami menjelajahi lingkungan Hong Kong dengan berjalan kaki, kami dapat merasakan hentakan kota dan dapat melihat apa yang ada di tempat-tempat wisata. Di antaranya ada tempat wisata tersembunyi yang seringkali menjadi lokasi yang paling berkesan. Itu sebabnya kami menggunakan bahan-bahan yang berasal dari lokal, produk dari toko bumbu lokal dan boga bahari dari nelayan lokal sebanyak mungkin.”

Sebagai pemilik restoran lokal, Danny telah melihat banyak koki muda berbakat muncul dalam dekade terakhir, mereka dapat memukau pengunjung dengan ide dan cita rasa baru.

“Menjadi koki adalah hal yang keren di kota ini. Mereka memiliki hubungan yang baik dengan negara lain, aktif secara sosial dan siap untuk melakukan perubahan. Kuliner di Hong Kong tidak pernah sebaik ini, begitu semarak dan penuh energi. Saya berharap akan tetap seperti itu: beragam, pribadi, kreatif, dan menarik.”

You may also like

Leave a Comment