Home Lifestyle AlfaCorp Siapkan UBM Housing sebagai Tempat Isolasi Terkendali Covid-19

AlfaCorp Siapkan UBM Housing sebagai Tempat Isolasi Terkendali Covid-19

written by Admin August 4, 2021
AlfaCorp Siapkan UBM Housing sebagai Tempat Isolasi Terkendali Covid-19

AlfaCorp telah menyiapkan fasilitas isolasi pasien Covid-19, yang berlokasi di 2 tower The UBM Housing di Jalan Lodan Raya No. 2, Jakarta Utara.

Sebagai bagian dari AlfaCorp, Alfaland Group yang telah lebih dari dua dekade menjadi property developer dan OHM yang selama ini dikenal sebagai hotel operator dari brand Cordela Hotel, turut bersinergi bersama-sama dengan perusahaan-perusahaan yang juga dibawah naungan AlfaCorp dalam mengejar persiapan fasilitas pada kedua tower UBM Housing.

UBM Housing yang semula merupakan dormitory yang diperuntukkan bagi para mahasiswa UBM, kini telah dilakukan berbagai perubahan dalam fasilitasnya agar memenuhi kualifikasi sebagai tempat khusus isolasi pasien Covid-19.

Seluruh mahasiswa yang selama masa pandemi sudah mengikuti kelas online, dan yang sebelumnya menghuni dormitory juga sudah pindah ke lokasi lain.

Fasilitas tempat isolasi yang disiapkan AlfaCorp tersebut diharapkan dapat mengurangi beban pemerintah dalam menyiapkan ketersediaan tempat isolasi, khususnya bagi karyawan AlfaCorp yang bekerja di wilayah Jakarta. Fasilitas ini juga dapat digunakan oleh warga sekitar yang terkonfirmasi Covid-19 dengan tanpa gejala atau gejala ringan.

Dijelaskan oleh Solihin selaku Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk bahwa fasilitas tersebut digunakan untuk mendukung pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19.

“Salah satu hal yang kini menjadi prioritas adalah menambah tempat isolasi bagi pasien Covid-19,” ujarnya.

Terdapat total 375 kamar di 2 tower yang digunakan untuk isolasi pasien Covid-19, sementara untuk pasien tanpa gejala maupun gejala ringan tak perlu merasa khawatir karena di setiap lantainya UBM Housing ini terdapat relawan yang bertugas memonitor kondisi pasien.

Dalam kunjungannya ke UBM Housing sebagai fasilitas isolasi  pasien Covid-19 pada hari Selasa (3/8), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut peran korporasi dalam menyediakan tempat isolasi.

“Kami apresiasi inisiatif ini untuk membuka tempat isolasi yang terkendali, ini juga bagian dari penanganan pandemi Covid-19, karena beban Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan tempat isolasi bagi warganya makin berkurang dengan adanya tempat-tempat mandiri yang dibuka oleh badan usaha,” katanya.

Sesuai Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 891 tahun 2021 tentang ‘Penetapan Lokasi Isolasi dan Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Lokasi Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 19 huruf A angka 4’ bahwa Pemprov DKI Jakarta bersama Satgas Penanganan Covid-19 berencana memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di DKI Jakarta termasuk di dalamnya fasilitas milik swasta untuk dijadikan tempat isolasi bagi orang dengan konfirmasi Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan.

Tempat isolasi terkendali ini juga memiliki fasilitas yang memadai seperti klinik, kamar dengan sanitasi yang baik, ruang terbuka hijau dan ambulance yang siap 24 jam.

Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberikan surat rekomendasi untuk kegiatan penyelenggaraan tempat isolasi terkendali untuk AlfaCorp.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nasional/Satgas Covid-19 ikut membantu dalam supervisi rutin, menyediakan tenaga relawan dan tenaga kesehatan. AlfaCorp juga telah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit rujukan sebagai rujukan medis serta penyedia obat-obatan, supervisi dan monitoring operasional.

Operator medis telah disediakan baik tenaga medis dokter dan perawat, dan operasional mini klinik untuk tindakan medis awal pemberian obat dan vitamin.

You may also like

Leave a Comment