Seperti kebanyakan industri bisnis lainnya, sektor makanan dan minuman juga mengalami kesulitan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terjadi secara global. Namun, dengan strategi yang tepat, Kopi Kenangan Group justru mampu bangkit dan bahkan mencetak kesuksesan sehingga bisa mengembalikan performa bisnis seperti sebelum masa Covid-19. Hingga saat ini, Kopi Kenangan Group tetap melakukan ekspansi dan baru saja membuka gerai ke-500.
Ruth Davina selaku Public Relation Manager Kopi Kenangan Group mengatakan, “Di masa pandemi yang tidak menentu ini segala sesuatu dapat berubah dengan tiba-tiba, termasuk gaya hidup dan preferensi konsumen. Menyadari hal ini, kami memutuskan untuk fokus menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi konsumen, menjunjung tinggi kesehatan dan kelangsungan karyawan, serta tentunya terus meningkatkan kualitas produk. Dengan fokus pada 3 hal ini, kami berhasil untuk bertahan dan tetap berkembang di tengah gejolak pandemi.”
“Pada 8 Juli 2021 lalu, kami baru saja merayakan pembukaan gerai ke-500 yang berlokasi di Ruko Green Lake Sunter, Jakarta Utara. Kami harap masa penuh tantangan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis maupun pegiat UMKM untuk terus berinovasi dan berkembang di masa pandemi ini,” lanjutnya.
Berikut ini adalah 4 strategi bisnis jitu yang dijalankan oleh Kopi Kenangan Group untuk bisa tetap menjaga eksistensi di tengah pandemi:
- Mengutamakan kesehatan serta keselamatan seluruh karyawan dan konsumen
Melalui program ‘SENANG’ (Sehat Bareng Kenangan) yang dilaksanakan sejak bulan Maret 2020, Kopi Kenangan Group berkomitmen untuk terus memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pelanggan serta karyawan.
Pada Juni 2021, Kopi Kenangan Group juga mulai melaksanakan vaksinasi tahap pertama bagi 1.800 karyawan domisili Jabodetabek, bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pengadaan Pusat Sentralisasi Vaksinasi di JIExpo Kemayoran, yang ditujukan bagi masyarakat umum dan pelaku UMKM.
Selain itu, Kopi Kenangan Group juga terus menerapkan protokol CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environmental sustainability (Ramah lingkungan) di seluruh gerainya.
- Menganalisis perubahan dan menghadirkan layanan yang sesuai
Sejak pertama kali didirikan, Kopi Kenangan Group memiliki komitmen untuk senantiasa memberikan layanan dan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat. Semangat inilah yang menjadi key driver Kopi Kenangan Group sehingga bisa terus bertahan di tengah gempuran pandemi.
Kopi Kenangan Group secara agresif menganalisis ke mana para pelanggan berada selama diberlakukannya Work from Home (WFH) selama pandemi.
Dengan data yang terkumpul, Kopi Kenangan Group mendapati bahwa saat ini kebanyakan pelanggan berada di wilayah perumahan, berbeda dengan saat sebelum pandemi di mana pelanggan kebanyakan melakukan transaksi di daerah perkantoran dan pusat perbelanjaan.
Dengan menerapkan strategi ini, Kopi Kenangan Group berhasil membuka lebih dari 200 gerai baru selama masa pandemi. Selain itu, Kopi Kenangan Group juga menyediakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan.
- Berpartisipasi dalam program promo
Tidak hanya bisnis, pandemi juga berdampak pada daya beli masyarakat secara umum. Memahami hal ini, Kopi Kenangan Group secara gencar memberikan stimulus berupa promo-promo menarik agar masyarakat tetap bisa menikmati kelezatan berbagai sajian dari Kopi Kenangan Group.
Salah satunya adalah dengan berpartisipasi di promo ShopeePay Super Online Deals yang berlangsung pada tanggal 15-21 Juli 2021 ini. Melalui kerja sama kampanye ini, seluruh pelanggan bisa mendapatkan keuntungan cashback hingga 100%.
Dengan stimulus promo dan kolaborasi bersama pihak ketiga, Kopi Kenangan Group dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.
- Memperluas inovasi produk
Tidak hanya menyediakan sajian minuman kopi dan teh, Kopi Kenangan Group terus berinovasi menghadirkan ragam hidangan lezat lainnya yang pas untuk disantap dengan segelas kopi.
Beberapa di antaranya adalah aneka roti dari Cerita Roti dan ayam goreng dengan nama brand ‘Chigo‘ yang baru saja diluncurkan pada awal tahun ini. Dengan menghadirkan ragam menu yang semakin luas, Kopi Kenangan Group ingin menemani keseharian masyarakat Indonesia dengan menu-menu yang nikmat.