Blibli sebagai e-commerce lokal terdepan, merangkul perempuan Indonesia untuk merayakan kecantikan dan keunikan dirinya melalui rangkaian program inspiratif bertajuk Women’s Day Campaign.
Mengambil momentum Hari Perempuan Internasional dan Hari Kartini yang akan datang, Blibli ingin memperkuat perannya sebagai platform digital yang dapat memenuhi kebutuhan para perempuan Indonesia.
Perempuan merupakan pangsa pasar yang besar bagi e-commerce. Data dari Statista menunjukkan bahwa 60% pelanggan perempuan di Indonesia berbelanja secara online selama pandemi. Blibli juga merekam hal yang sama, dimana pelanggan perempuan mencapai 56% di 2020. Mereka berasal kota besar di Indonesia, di mana Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang dan Medan menjadi 5 kota terbesar bagi pelanggan perempuan.
Melihat beragam kebiasaan belanja dari pelanggan perempuan selama ini, Blibli mengerti bahwa perempuan memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda dalam menjalani peranannya, termasuk di keluarga, pekerjaan, dan lingkungan sekitar. Mereka semua istimewa dengan keunikan masing-masing.
Perayaan Hari Perempuan Internasional menjadi momen tepat bagi Blibli untuk meluncurkan Women’s Day Campaign.
“Melalui inisiatif ini, Blibli ingin mengajak semua perempuan Indonesia menjadi lebih percaya diri terhadap penampilan dan kepribadian mereka masing-masing, karena ketidaksempurnaan yang mereka miliki adalah keunikan yang perlu diapresiasi. Sikap positif ini dapat menjadikan setiap perempuan merasa berharga dan lebih percaya diri untuk dapat mewujudkan impian serta aspirasi hidup mereka,” ujar Elaine Santoso, Brand Lead Blibli.
Elaine menambahkan bahwa Women’s Day Campaign adalah bagian dari kampanye Blibli yang selalu menomorsatukan pelanggan, termasuk pelanggan perempuan sebagai fokus target pasar.
Sebagai e-commerce, Blibli siap memberikan pilihan produk lengkap, layanan ongkir gratis, hingga pengiriman cepat hingga 2 jam sampai, sebagai solusi untuk para pelanggan perempuan berbelanja online.
Selama 2020, Blibli mencatat bahwa pelanggan perempuan semakin aktif berbelanja di e-commerce terutama didorong saat pandemi. Kategori-kategori rumah tangga, kesehatan, dan gadget menjadi yang paling banyak dikunjungi pelanggan perempuan, mengingat bahwa mereka harus bekerja dan merawat diri serta keluarga dari rumah.
Lima kategori yang mencatat pelanggan perempuan terbanyak adalah BlibliMart, Kesehatan & Kecantikan, Home & Living, Ibu & Anak, dan Handphone, Tablet & Wearable Gadget. Sementara itu, produk-produk yang termasuk tinggi pembeliannya oleh pelanggan perempuan adalah true wireless, air fryer, peralatan sholat, madu & bee pollen, dan alat yoga & pilates.
Women’s Day Campaign yang berlangsung selama bulan Maret akan menghadirkan berbagai kegiatan inspiratif yang melibatkan figur-figur perempuan dengan kecantikan yang unik dan inspiratif, antara lain Marion Jola sebagai Brand Ambassador Blibli.
Untuk membantu perempuan memaksimalkan keunikannya melalui produk yang mendukung peran mereka masing-masing, Blibli juga menyelenggarakan Festival Belanja Cantik dengan promo khusus cashback hingga Rp300,000, Brand Deals hingga 70%, serta berbagai special promo dari mitra pembayaran seperti GoPay, DBS, Citibank dan PayLater.
“Kolaborasi antara Blibli dan mitra brand atau seller akan menghadirkan berbagai keuntungan bagi pelanggan perempuan untuk dapat membeli kebutuhan mereka secara online, sehingga membuat semuanya lebih mudah,” lanjut Elaine.
Para pelanggan Blibli juga akan mendapat fasilitas pembayaran aman, 100% produk berkualitas, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.