Home Lifestyle 7 Hidden Gems Pulau Jawa, Siap Dikunjungi Saat Staycation

7 Hidden Gems Pulau Jawa, Siap Dikunjungi Saat Staycation

written by Admin February 26, 2021
7 Hidden Gems Pulau Jawa, Siap Dikunjungi Saat Staycation

Pemerintah baru saja mengumumkan pemangkasan jumlah hari cuti bersama tahun 2021. Keputusan yang dari yang awalnya tujuh hari menjadi dua hari ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang diputuskan pada rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Cuti Bersama 2021. Tentunya pertimbangan dan keputusan ini tidak jauh dari fakta angka kasus Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia.

Waktu liburan yang semakin singkat ini tentunya ‘terpaksa’ mengubah rencana perjalanan yang mungkin sudah mulai diatur sebelumnya.

Namun, jangan khawatir!

Travelers masih bisa melakukan next normal traveling, yaitu dengan staycation di dekat tempat tinggal kamu. Staycation bisa menjadi pilihan untuk melepas penat dengan waktu liburan yang cukup singkat. Liburan ini juga relatif aman karena kamu hanya perlu tinggal di suatu akomodasi yang aman dan nyaman dengan suasana yang berbeda dari rumah.

Namun, mungkin beberapa dari travelers sudah bosan dengan hiburan yang ada di dekat rumah Padahal, jika terus di-explore, ada beberapa hidden gems yang bisa dikunjungi saat staycation.

Berikut ini beberapa hidden gems yang tersebar di Pulau Jawa yang bisa jadi pertimbangan untuk staycation dengan aman dan nyaman namun tetap menyenangkan.

  • Taman Wisata Mangrove, Jakarta Utara

Meski tinggal di Jakarta yang padat penduduknya dan merupakan kota yang sangat sibuk, travelers masih bisa tetap menikmati keindahan alam hutan Mangrove.

Salah satunya adalah Taman Wisata Mangrove yang terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Selain bisa relaksasi, juga bisa belajar tentang hutan mangrove di sini.

Di sini juga ditawarkan dengan berbagai macam penginapan yang sangat nyaman dengan pemandangan hutan dan suasananya yang rindang.  Salah satunya RedDoorz Resort @ Taman Wisata Mangrove yang bangunannya bernuansa kayu dan sangat nyaman.

  • Pasir Putih, Jakarta Utara

Masih di kawasan Jakarta Utara, travelers bisa menikmati pantai buatan satu-satunya di Jakarta, Pantai Putih. Pantai ini dilengkapi dengan wilayah pedestrian yang luas dan juga ada jalur sepedanya.

Travelers juga akan disuguhi banyak wisata kuliner yang buka hingga malam hari. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat keramaian Pantai Indah Kapuk juga membuat travelers mempunyai lebih banyak pilihan makanan.

Beragam akomodasi yang ditawarkan dan cukup dekat dengan Pasir Putih, misalnya RedDoorz Hostel near PIK Avenue Mall yang jaraknya hanya 20 menit dengan kendaraan roda empat.

  • Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan

Sebagai orang Jakarta, tidak sah jika kita tidak mengenal lebih dekat dengan suku asli yang menempati kota Jakarta sejak dahulu kala, yaitu suku Betawi.

Travelers bisa mengenal sejarah dan adat istiadat suku Betawi secara menyenangkan dengan melakukan rekreasi ke Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Kampung betawi ini merupakan tempat cagar budaya Betawi agar tidak punah. Di sana bisa ditemukan berbagai kesenian Betawi, wisata air dan wisata kuliner yang tentunya menyajikan makanan khas betawi seperti Kerak Telor, Laksa dan Tauge Goreng serta Bir Pletok.

Kalau travalers berencana staycation, cobalah menginap di dekat daerah Setu Babakan ini, seperti akomodasi RedDoorz Premium @ Gandaria Jagakarsa.

  • Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat

Satu lagi hutan di tengah kota, yang bisa dikunjungi saat memilih untuk staycation di Jakarta, yaitu Hutan Kota Srengseng.

Hutan yang berada di Jakarta Barat ini merupakan tempat terbuka yang dijadikan tempat resapan air agar tidak terjadi banjir. Hutan Kota Srengseng ini ditumbuhi berbagai macam tumbuhan seperti pohon Akasia dan Flamboyan.

Agar staycation tetap nyaman, bisa pilih akomodasi terpercaya seperti RedDoorz Plus @ Kelapa Dua Kebon Jeruk.

  • Bukit Moko, Bandung

Bagi travelers yang tinggal Bandung, juga bisa menikmati pemandangan alam yang tidak bisa dinikmati orang di kota lain. Salah satunya bisa memandangi hingga puas keindahan kelap kelip bintang malam di Bukit Moko yang terletak di Cimenyan, Bandung.

Dari ketinggian Bukit Moko, bisa terlihat secara keseluruhan kota Bandung dari atas. Travalers juga bisa menikmati kerindangan pohon pinus selama mendaki. Di sana juga tersedia area perkemahan.

Namun, bagi travelers yang lebih memilih menginap di akomodasi biasa, bisa memilih berbagai penginapan terjangkau dan aman seperti RedDoorz Plus @ Cipaganti Street 3.

  • Grojogan Lepo Dlingo, Yogyakarta

Yogyakarta sering kali dipilih sebagai destinasi wisata, tetapi bagi yang tinggal di sana, mungkin bosan dengan destinasi wisata yang sudah populer.

Untuk melepas penat, travelers bisa menikmati wisata alam air terjun yang ada di Yogyakarta, salah satunya Grojogan Lepo Dlingo yang terletak di Gunung Kidul. Bagi yang senang berenang, tempat ini menawarkan kolam alam yang mempunyai air jernih untuk dicoba.

Jaraknya dari kota Yogyakarta kurang lebih membutuhkan waktu satu jam dengan kendaraan roda empat. Di kota Yogyakarta sendiri menawarkan berbagai penginapan yang sangat terjangkau misalnya RedDoorz Plus @ Jalan Parangtritis 2 dengan harga kamar mulai dari Rp130.000 per malamnya.

  • Mangrove Gunung Anyar, Surabaya

Kota Pahlawan Indonesia ini juga menyimpan wisata alam yang patut dikunjungi saat staycation. Mangrove Gunung Anyar salah satunya., wisata ini menyuguhkan hutan mangrove yang sejuk, indah dan asri tanpa memungut biaya sepeserpun kepada pengunjungnya.

Tempat ini sangat cocok untuk yang tinggal di Surabaya sekedar meninggalkan sejenak kebisingan kota. Tidak perlu takut dengan harga penginapan yang mahal, karena di kawasan iuni juga banyak penginapan terjangkau, aman dan nyaman seperti RedDoorz Premium @ Raya Nginden, yang juga menawarkan fasilitas dengan kualitas yang baik.

Tujuh hidden gem yang berada di Pulau Jawa tersebut, dapat menjadi pilihan kamu yang ingin staycation dengan waktu yang singkat. Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, travelers juga bisa staycation di kota yang terdekat dengan tempat tinggal untuk menenangkan pikiran sejenak dari kesibukan.

Namun, perlu diingat, dimana pun staycation, jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Perhatikan juga penginapan yang bisa dipilih untuk staycation. Carilah penginapan yang bisa menjamin kebersihan dan keamanannya, seperti RedDoorz yang mempunyai sertifikat HygienePass.

“RedDoorz berkomitmen menyediakan penginapan yang aman dan nyaman untuk berlibur di mana pun dan kapan pun. Para pelanggan juga tidak perlu takut untuk menginap di akomodasi RedDoorz, karena kami telah memberikan sertifikasi HygienePass mitra-mitra properti kami, yang pastinya memberikan kepastian kebersihan dan keamanannya,” jelas Public Relation Manager of RedDoorz Indonesia, Vinda Karuna.

HygienePass merupakan program sertifikasi akomodasi untuk akomodasi dan mitra properti RedDoorz, yang bekerja sama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dalam menciptakan standar baru protokol keamanan dan kebersihan yang baru. Hingga saat ini RedDoorz sudah memberikan sertifikasi kepada lebih dari 700 mitra propertinya yang tersebar di seluruh Indonesia.

You may also like

Leave a Comment