Home Lifestyle McDonald’s Wujudkan Harapan Konsumen dengan #RayakanHarapan4

McDonald’s Wujudkan Harapan Konsumen dengan #RayakanHarapan4

written by Admin February 24, 2021
McDonald’s Wujudkan Harapan Konsumen dengan #RayakanHarapan4

Pada setiap pergantian tahun McDonald’s selalu menawarkan pilihan menu Prosperity yang kehadirannya selalu ditunggu oleh para konsumen setia McDonald’s Indonesia.

Peluncuran menu Prosperity dimulai pada tanggal 17 Desember 2020 dengan kembali menghadirkan Beef Prosperity Burger serta varian baru yaitu Fish Prosperity Burger dan Golden Mayo Cheese Steak Burger pada 4 Januari 2021.

Pesan yang disampaikan pada peluncuran Prosperity kali ini adalah kembali rayakan harapan. Melalui kampanye Rayakan Harapan, McDonald’s mengadakan beberapa program dalam menyambut tahun yang baru diantaranya; Rayakan Harapan Bersama 8 (delapan) Panti Asuhan bekerjasama dengan Food Cycle yang diadakan saat Hari Natal, mengajak para pencinta menu Prosperity untuk berbagi harapan bersama Yayasan Ronald McDonald House Charities (YRMHC) serta mengadakan program mewujudkan harapan konsumen melalui program tahunan McDonald’s yaitu Rayakan Harapan 4.

Dimulai dengan program terbaru dari McDonald’s yaitu merayakan harapan bersama anak-anak yang berasal dari 8 Panti Asuhan yaitu Yayasan KDM (Kampus Diakonia Modern), Panti Asuhan Rumah Shalom, Panti Asuhan Anak Berkat, Panti Asuhan Benih Iman Tunas Bangsa, Panti Asuhan Talenta Kasih, Panti Asuhan Berkat Kasih Immanuel, Kemah Beth Shalom & Panti Asuhan Tanjung Barat.

Kegiatan Rayakan Harapan ini diadakan bersamaan dengan perayaan Hari Natal yang dimeriahkan oleh Ronald McDonald yang membacakan cerita fabel dengan tema ‘Selalu Bersyukur dalam Segala Keadaan’. Mengajarkan anak-anak bahwa kekurangan yang dimiliki bukan sebagai penghalang namun menjadi suatu kelebihan untuk membantu sesama. Dan untuk menghibur anak-anak panti asuhan, beberapa permainan sulap juga ditampilkan.

Pada kegiatan ini anak-anak diajak untuk mengisi kertas Rayakan Harapan dan telah terpilih 3 harapan yang akan diwujudkan oleh McDonald’s, yaitu:

  • Rafael Sun dari Panti Asuhan Rumah Shalom dengan harapan memiliki bola basket original untuk di berolahraga di panti;
  • Christo Julio dari Panti Asuhan Tanjung Barat dengan harapan memiliki jam beker agar tidak bangun terlambat;
  • Juan Carlos dari Panti Asuhan Berkat Kasih Immanuel dengan harapan memiliki gitar dengan kualitas baik untuk pelayanan.

Selain itu, McDonald’s juga mengadakan Program Berbagi Bersama YRMHC yang telah dilaksanakan pada 21 Desember 2020 – 3 Januari 2020. Program ini merupakan inisiatif McDonald’s untuk mendonasikan hasil dari setiap penjualan satu Beef Prosperity Burger sebesar Rp2,000 untuk membantu pembangunan Ronald McDonald House Denpasar, Bali.

Selama periode program ini jumlah donasi yang terkumpul ialah Rp508,464,000 yang akan diberikan langsung kepada YRMHC untuk menyelesaikan pembangunan Ronald McDonald House Denpasar yang akan digunakan sebagai rumah singgah yang diperuntukkan bagi keluarga dan pasien anak dengan penyakit kronis yang sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit di Denpasar.

Tak hanya itu, McDonald’s Indonesia juga kembali mengadakan program Rayakan Harapan untuk keempat kalinya. Berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, pada program Rayakan Harapan 4 terdapat lebih banyak harapan yang akan diwujudkan oleh McDonald’s yaitu sebanyak 4 pemenang serta dalam penentuan pemenang juga akan melibatkan komentar dan penilaian dari netizen.

Dengan mengusung tema yang sama seperti tahun sebelumnya, McDonald’s mengajak konsumen untuk merayakan harapan mereka di tahun yang baru. Melalui foto yang diunggah di sosial media masing-masing, konsumen dapat menceritakan harapannya di tahun 2021 dengan menggunakan hashtag #RayakanHarapan4.

Adapun mekanisme kompetisi ini ialah, konsumen mengunggah foto harapan yang diinginkan di sosial media, contohnya harapan ingin membantu usaha ayahnya mempunyai alat penekuk besi untuk usaha pajangan pot besi, maka foto yang diunggah adalah foto sang ayah dengan hasil karya pajangan pot besi, lalu menulis keterangan foto mengenai harapan tersebut serta mention ke @McDonaldsID dan diberi hashtag #RayakanHarapan4.

Setelah itu McDonald’s akan memilih 2 nominator yang fotonya akan ditampilkan di Instagram resmi McDonald’s untuk dapat dipilih langsung oleh para netizen. Harapan dengan like dan comment terbanyak akan terpilih menjadi pemenang dan akan diwujudkan oleh McDonald’s. Terdapat empat periode kompetisi, dengan waktu sebagai berikut:

  • Periode I : 21 – 30 Desember 2020 pengumuman pada 7 Januari 2021
  • Periode II : 7 – 15 Januari 2021 pengumuman pada 22 Januari 2021
  • Periode III : 22 – 31 Januari 2021 pengumuman pada 5 Februari 2021
  • Periode IV : 5 – 14 Februari 2021 pengumuman pada 18 Februari 2021

”Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh dengan kejadian di luar dugaan karena pandemi Covid-19, di mana semua orang harus melakukan penyesuaian. Karenanya, McDonald’s memutuskan untuk kembali mengadakan program Rayakan Harapan untuk memberikan harapan kepada konsumen agar menjadi lebih baik lagi di tahun yang baru,” jelas Caroline Kurniadjadja selaku Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.

“Program Rayakan Harapan 4 telah berjalan sejak tanggal 21 Desember 2020 dan kami telah memilih total dua pemenang untuk 2 periode. Kami berharap dengan program ini dapat membantu memberi semangat kepada masyarakat, khususnya konsumen McDonald’s agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi situasi seperti saat ini,” lanjutnya.

Periode pertama dan kedua dari kompetisi Rayakan Harapan 4 telah dilaksanakan dan telah terpilih satu pemenang, pada periode satu yaitu Irma Rahmawati yang ingin mewujudkan impian ayahnya untuk memiliki alat penekuk besi agar memudahkan usaha baru ayahnya yang sebelumnya telah merugi akibat pandemi.

Selanjutnya, untuk periode kedua telah terpilih Putri Maulani Haqy, yang memiliki harapan untuk memiliki alat bantu jalan sekaligus penyangga lengan untuk anaknya yang memiliki penyakit cerebral palsy dengan flat shoes. Mereka yang terpilih juga didukung oleh para netizen yang memberikan dukungan melalui kolom komentar dan juga like di akun Instagram resmi McDonald’s Indonesia.

Karenanya, partisipasi dari para netizen sangat dibutuhkan untuk membantu mewujudkan harapan para nominator. McDonald’s berharap akan ada harapan-harapan menginspirasi yang datang dari para konsumen dan tentunya dapat dibantu untuk diwujudkan oleh McDonald’s di tahun 2021.

You may also like

Leave a Comment