Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba dihadiri langsung okeh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno serta turut bergabung secra virtual yakni; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati; Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G. Plate serta ada juga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo yang hadir dari Balige, Sumatera Utara dan tentunya sang tuan rumah kegiatan yakni Bupati Kabupaten Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu.
Menparekraf menegaskan bahwa Beli Kreatif Danau Toba memiliki dua program utama, yakni pendampingan berupa up-skilling serta pemasaran berupa on boarding ke marketplace atau e-commerce, sehingga artisan mampu memperluas pasar domestik maupun ekspor dan meningkatkan omzet sekaligus memperluas penyerapan tenaga kerja.
Untuk mendukung program tersebut, sejak awal Februari 2021, Kemenparekraf melakukan rangkaian kegiatan Beli Kreatif Danau Toba mulai dari pre hingga post launching, diantaranya kampanye dan publikasi di owned dan paid media, showcase produk ekonomi kreatif di 5 bandara internasional, BKDT Fair dan Pesona Kuliner Danau Toba di Mall di Serpong, on boarding dan pemasaran, pelatihan dan upskilling pada Maret hingga November 2021.