Home Lifestyle Kenal Dekat Pawon Bogana Khas Kota Cirebon

Kenal Dekat Pawon Bogana Khas Kota Cirebon

written by Admin August 29, 2020
Kenal Dekat Pawon Bogana Khas Kota Cirebon

Selama ini wisatawan yang traveling ke Cirebon, Jawa Barat ketika menikmati kuliner khas pasti sudah mengenal kuliner Empal Gentong, Nasi Jamblang dan lainnya.

Namun Cirebon ternyata masih punya kuliner khas yang tak kalah enak. Bahkan, kuliner ini sudah ada sejak masa Sunan Gunung Jati yang termasuk salah satu diantara para Wali Songo. Namanya adalah Pawon Bogana.

Pawon Bogana adalah nasi peninggalan masa Sunan Gunung Jati pada sekitar tahun 1490-an di Cirebon.

Pawon Bogana merupakan nasi yang kuat aroma rempah-rempah. Hal tersebut dijelaskan Sultan Keraton Kacirebonan, PR Abdul Gani Natadiningrat kepada para anggota Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) di Cirebon dalam rangkaian kegiatan ‘Press Tour & Seminar Series: Cirebon, Kuningan dan Bandung’, pada hari Kamis (27/8).

“Selain kuat aroma rempah-rempah, Pawon Bogana ini juga merupakan gabungan bumbu dapur yang ada di masyarakat Cirebon,” terangnya.

Sultan Abdul Gani mengaku pamor Pawon Bogana mulai redup diantara masyarakat Cirebon. Karenanya Sultan Kasepuhan Kacirebonan ini berharap pemerintah kota Cirebon tertarik untuk meneruskan peninggalan Sunan Gunung Jati ini.

Pawon Bogana ini bisa dinikmati travelers dalam paket wisata di Keraton Kacirebonan. Pawon Bogana bisa dihidangkan di Hari Ulang Tahun Kota Cirebon sehingga nantinya akan membuat masyarakat Cirebon kembali mengenal dan menyukai Pawon Bogana,” harapnya.

You may also like

Leave a Comment