Dibukanya kembali Bali sebagai destinasi wisata domestik pada tanggal 31 Juli 2020 lalu, merupakan angin segar untuk pelaku industri pariwisata termasuk asuransi perjalanan.
Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Hariyadi Sukamdani sebagai Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), saat diskusi Planet Tourism Indonesia 2020 yang digelar oleh MarkPlus Tourism, pada hari Rabu (29/7).
“Dengan mulai dibukanya destinasi wisata sedikit demi sedikit akan memulihkan sektor pariwisata,” ujarnya.
Tidak hanya itu, perubahan perilaku wisatawan pun juga menjadi angin segar untuk industri asuransi perjalanan.
Donni Gandamana selaku Direktur PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), dalam kesempatan yang sama menambahkan, “Dalam merencanakan perjalanan, travelers kini akan beralih ke digital termasuk untuk booking hotel maupun akomodasi. Selain itu, wisata domestik akan lebih diminati dibandingkan internasional. Dengan situasi saat ini, asuransi perjalanan juga menjadi lebih penting, karena travelers akan lebih waspada terhadap risiko-risiko yang dapat terjadi saat mereka berwisata.”
Hal ini selaras dengan Mario Hardy selaku CEO Pacific Asia Travel Association (PATA) dalam kesempatan yang sama mengatakan, “Asuransi perjalanan dinilai akan menjadi salah satu aspek yang menjadi pertimbangan wisatawan di era next normal.”
Asuransi perjalanan memberikan perlindungan dari risiko-risiko yang tidak terduga selama melakukan perjalanan seperti kecelakaan, sakit, hingga ketidaknyamanan dalam perjalanan. Selama masa pandemi ini, asuransi perjalanan memiliki peran besar untuk mendukung pelaksanaan protokol clean, health, safety, and environment (CHSE) selama berwisata di daerah tujuan.
“Travellin mampu memberikan perlindungan untuk travelers agar dapat berlibur dengan nyaman. Travelers tidak perlu khawatir apabila mengalami kecelakaan, barang bawaan hilang hingga penundaan/ pembatalan penerbangan pesawat saat melakukan perjalanan. Pelanggan Travellin dapat mengajukan klaim dengan cara menghubungi contact center Adira Care 1500456 untuk perjalanan domestik. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat travelers berwisata di masa pandemi Covid-19,” ujar Donni lagi.
Donni kemudian menambahkan 4 alasan travelers harus memiliki asuransi perjalanan:
- Melindungi pengguna dari risiko finansial yang diakibatkan oleh pembatalan atau penundaan penerbangan;
- Melindungi pengguna dari berbagai risiko finansial akibat kejadian yang mungkin terjadi selama dalam perjalanan, seperti kehilangan bagasi, passport, koper, dan barang bawaan lainnya;
- Melindungi pengguna saat terjadi kecelakaan selama perjalanan yang meliputi menemukan rumah sakit terdekat, penanggungan biaya perawatan akibat kecelakaan, hingga perawatan medis yang disebabkan oleh sakit;
- Keperluan yang harus ada saat harus berlibur ke negara yang mewajibkan memiliki asuransi perjalanan.