Tidak terasa sudah kurang lebih tiga bulan kita bersama-sama berjuang melawan penyebaran pandemi virus Corona yang kita kenal dengan istilah Covid-19. Kabar baiknya, belakangan ini Pemerintah dan banyak kalangan sedang hangatnya membahas ‘the new normal‘.
Era new normal ini adalah masa peralihan kehidupan sehari-hari sebelum wabah Covid-19 dengan masa sesudah wabah tersebut ada. Intinya bahwa prinsip utama dari new normal itu sendiri adalah dapat menyesuaikan dengan pola hidup baru. Tentu banyak sekali perubahan dalam kebiasaan sehari-hari yang sudah dijalani
Oleh karenanya sebagai hotel bintang 3 plus dengan penghargaan The Best Cleanliness Hotel selama 2 tahun berturut-turut dari salah satu platform ternama, Teraskita Hotel Jakarta Managed by Dafam pun juga telah mempersiapkan dan menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat sesuai anjuran pemerintah dalam hal ini dari Kementerian Kesehatan RI, dari mulai tamu memasuki area hotel, melakukan proses check-in dan sampai pada proses check-out dan meninggalkan area hotel.
Protokol kesehatan tersebut yaitu tamu diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir ditempat yang telah disediakan di depan main entrance lobby. Kemudian tamu akan melakukan pengukuran suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer.
Setelah itu tamu dipersilahkan masuk kedalam area hotel dengan mentaati aturan physical distancing dengan jarak aman 1 meter yang telah dibuat oleh pihak hotel, yaitu diantaranya saat menantri di depan counter reception saat melakukan check-in, saat duduk di area lobby, serta saat menunggu lift maupun saat memasuki lift dibatasi hanya 5 orang saja dengan arah menghadap secara berlawanan. Hal ini juga diberlakukan di meeting room jarak antar kursi diatur dengan jarak minimal 1 meter. Bagi tamu yang menginap hotel akan memberikan masker sebagai syarat utama.
Bagi tamu peserta meeting juga diterapkan hal yang sama yaitu wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh kembali, dan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan meeting yang berada di lantai enam. Hal yang sama juga dilakukan di Canting Restaurant, 7th Sky Lounge, dan Teraskita Lounge yang berada di lantai tujuh. Selain itu hand sanitizer juga di sediakan di seluruh area public hotel sehingga tamu dapat membersihkan dan menjaga tangan selalu bersih dan steril kapanpun dan dimanapun selama berada di area hotel.
Hotel yang berlokasi di Jalan MT. Haryono Kav 10A, Cawang – Jakarta Timur dan memiliki 150 kamar dan 6 meeting rooms ini juga menerapkan hal yang sama tidak hanya untuk tamu tetapi juga karyawan hotel. Saat memasuki area hotel karyawan diharuskan menggunakan masker, melalui body sanitizer box, pengukuran suhu tubuh, dan menggunakan hand sanitizer. Saat bertugas pun seluruh karyawan diwajibkan menggunakan standar APD (Alat Pelindung Diri), yaitu masker, hand glove (sarung tangan karet), dan kaca mata goggles, sehingga tamu hotel tidak perlu merasa khawatir.
Imanuelia Kristi selaku Public Relations & Digital Marketing Manager Teraskita Hotel Jakarta Managed by Dafam menjelaskan bahwa penerapan new normal service siap dilaksanakan di Teraskita Hotel Jakarta Managed by Dafam dengan salah satunya memberikan free hygiene set kepada para tamu.
“Kami melakukan new normal service yang berbeda dari biasanya, yaitu bagi tamu menginap akan menerima free hygiene set lengkap saat check-in, yaitu masker, hand sanitizer, antibacterial wipes, sampai dengan vitamin C untuk menjaga imun tamu tetap kuat. Masker gratis juga diberikan kepada setiap tamu meeting. Selain itu fasilitas hotel, mulai dari kamar, meeting room, dan public area selalu dibersihkan secara menyeluruh menggunakan cairan disinfektan untuk menghilangkan bakteri dan virus, juga mencegah penyebaran virus Covid-19, karena kenyamanan dan kesehatan para tamu merupakan prioritas utama kami,” jelasnya.