Home Lifestyle Citibank Hadapi Wabah Covid-19 dengan Performa Keuangan Solid

Citibank Hadapi Wabah Covid-19 dengan Performa Keuangan Solid

written by Admin April 9, 2020
Citibank Hadapi Wabah Covid-19 dengan Performa Keuangan Solid

Citibank N.A., Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp3 triliun di tahun 2019, termasuk peningkatan pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional bersih. Pendapatan bunga bersih tumbuh 5% dari tahun lalu menjadi Rp4,4 Triliun karena peningkatan rata-rata kredit dan bank secara aktif telah meningkatkan rasio dana murah.

Peningkatan pendapatan operasional bersih terutama berasal dari pendapatan perdagangan bersih yang lebih tinggi dari tahun lalu serta dari efisiensi beban usaha. Pertumbuhan laba bersih telah memberikan kontribusi pada peningkatan rasio Return on Equity (ROE) menjadi 17,9%, meningkat dari 12,5% di tahun 2018 dan Return on Asset (ROA) meningkat menjadi 4,7% tumbuh dari 3,2% di tahun lalu.

Citibank tetap memiliki tingkat kecukupan modal dan likuiditas yang sangat baik, dengan mencatatkan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 26,8% dan RIM sebesar 81,42%. Selain itu, Citibank juga terus menjaga kualitas kredit, dimana bank melaporkan NPL Gross dan Net masing-masing sebesar 2,4% dan 0,5%.

“Citibank berhasil menutup tahun 2019 dengan performa keuangan yang solid. Walaupun kondisi ekonomi global di tahun 2020 penuh dengan volatilitas akibat situasi Covid-19, kami tetap berkomitmen untuk terus melayani para nasabah serta komunitas, sehingga bersama-sama dapat melalui masa-masa penuh tantangan ini,” ujar CEO Citibank N.A., Indonesia, Batara Sianturi.

Sementara di lini Consumer Banking, kami memperkuat model client centric yang kami miliki serta mempercepat perubahan secara digital di seluruh pilar utama, yaitu Credit Cards, Retail Banking dan Wealth Management. Di Credit Cards, kami berupaya untuk meningkatkan tampilan dari aplikasi Citi Mobile khusus untuk pengguna Kartu Kredit, sehingga menghasilkan peningkatan pada jumlah pengguna aktif secara mobile sebesar 69%. Citibank juga berkolaborasi dengan Traveloka dalam memperkenalkan program konversi Citi Rewards Points – Traveloka Points, di mana nasabah dapat menukarkan Citi Rewards Points yang mereka miliki dengan Traveloka Points secara real time. Dalam Wealth Management, Citibank berhasil mendapatkan pengakuan internasional dengan dinobatkan sebagai ‘Wealth Management Platform of the Year’ dari Asian Banking and Finance Magazine. Di lini Institutional Banking, bisnis Treasury and Trade Solutions berhasil memenangkan penghargaan sebagai ‘Best Corporate/Institutional Digital Bank’ di Indonesia, berkat strategi serta kemampuan implementasi yang baik dalam menyediakan solusi serta melayani para nasabah dalam ekosistem digital.

Bisnis Corporate and Investment Banking terus berusaha untuk menyediakan produk perbankan dengan nilai tambah, layanan, serta jaringan berskala global bagi para klien korporasi. Bisnis Global Subsidiaries Group berhasil membukukan pertumbuhan double digit yang kuat serta market share dalam MultiNational Corporations, melalui berbagai inisiatif termasuk Asia-to-Asia.

Upaya Citibank di Tengah Pandemi Covid-19

Citibank turut mendukung arahan serta kebijakan pemerintah terkait dengan stimulus ekonomi nasional bagi para nasabah yang terkena dampak Covid-19. Nasabah yang terdampak dapat menghubungi Citibank di nomor (021) 751 9200, dari jam 8 pagi hingga 5 sore, pada hari Senin sampai dengan Jumat.

“Kami ingin agar para nasabah mengetahui bahwa kami secara aktif terus mendukung mereka dengan menyediakan bantuan yang dibutuhkan dalam masa-masa penuh tantangan seperti saat ini,” jelas Batara Sianturi.

Citibank juga telah menerapkan sejumlah langkah preventif serta proaktif, terkait dengan situasi Covid-19 saat ini termasuk sejumlah investasi guna memungkinkan sebagian besar karyawan untuk bekerja secara remote.

You may also like

Leave a Comment