Home Lifestyle Ragam Acara Seni & Budaya di Dubai

Ragam Acara Seni & Budaya di Dubai

written by Admin February 19, 2020
Ragam Acara Seni & Budaya di Dubai

Dubai adalah destinasi ideal bagi pecinta seni dan budaya, khususnya di Timur Tengah. Kancah seni lokal telah berkembang, menghadirkan lebih banyak seniman independen, mempromosikan seni setempat dan merayakan berbagai budaya – bersama-sama menciptakan suasana yang merepresentasikan Dubai.

Musim seni Dubai dimulai pada bulan Maret dan April dengan pameran internasional Art Dubai, Sikka Art Fair dan World Art Dubai yang membawa kreativitas sebagai prioritas di kota ini – tetapi masih ada banyak tempat bagi para penggemar seni untuk dinikmati sepanjang tahun.

Ragam Acara Seni Menarik

  • Art Dubai adalah pameran seni internasional terkemuka di UEA, menempatkan seni dari Timur Tengah di peta global. Merayakan edisi ke-14 tahun ini, pameran ini akan menampilkan 90 galeri dari 38 negara, termasuk 21 seniman pemula dari Nigeria, Sudan dan Vietnam. Pameran ini terdiri dari empat bagian: Kontemporer, Modern, Residen dan Bawwaba yang baru diluncurkan. Bawwaba merupakan Bahasa Arab yang berarti ‘gateway’ dan menyoroti berbagai karya dari Timur Tengah, Afrika, Asia Tengah, Selatan dan Tenggara, serta Amerika Latin.
    • Tanggal: 25-28 Maret 2020
    • Lokasi: Madinat Jumeirah

  • SIKKA Art Fair dinamai sesuai dengan sikkas (lorong) di dalam Al Fahidi Historical Neighborhood yaitu tempat acara, pameran ini  mengundang pengunjung untuk menjelajahi rumah-rumah tua bertingkat dan menara angin yang telah diubah menjadi galeri seni mini dan instalasi untuk festival. Tahun ini menandai edisi ke-10 pameran ini, pengunjung akan melihat lebih dari 65 seniman menyulap rumah-rumah di lingkungan itu dengan instalasi seni dan desain interaktif dengan tema tahun ini yaitu ‘Dreamers’. Para tamu dapat melihat pertunjukkan lukisan langsung, boneka raksasa, kaligrafi Arab, potret 3D atau karya seni audio, video, dan seni pertunjukan yang menarik di setiap pintu. Pengunjung juga dapat menikmati beragam hiburan di alun-alun utama, mulai dari Afro-Tarab dan konser musik klasik, hingga pertunjukkan puisi dan film yang memprovokasi pemikiran. Hal terbaik dari semuanya adalah: terbuka secara cuma-cuma bagi pengunjung!
    • Tanggal: 19-29 Maret 2020
    • Lokasi: Al Fahidi Historical Neighbourhood

  • World Art Dubai menyebut dirinya sebagai ‘pameran seni ritel terbesar yang terjangkau di UEA’, kembali untuk edisi keenamnya dengan tujuan menjadikan seni kontemporer lebih mudah diakses. Acara ini akan menampilkan lebih dari 3.000 karya seni modern dan kontemporer yang indah dari galeri terkenal dan seniman solo berasal dari 30 negara lebih, termasuk seniman Emirat, ikon pop-art, fashion art disrupters, ekspresionis eksperimental dan praktisi seni rupa dan fotografi.
    • Tanggal: 8-11 April 2020
    • Lokasi: Dubai World Trade Centre

  • Dubai Design Week adalah acara utama dari Dubai Design District (d3) dan festival kreatif terbesar di UEA. Acara yang diselenggarakan selama seminggu ini merayakan semua cabang ilmu desain, mulai dari produk dan grafik hingga arsitektur dan interior, pameran hosting, lokakarya, dan kuliah umum – yang sebagian besar bebas untuk dihadiri dan dapat diakses oleh anggota industri maupun masyarakat umum.
    • Tanggal: 9-14 November 2020
    • Lokasi: Dubai Design District (d3)

Distrik Seni

  • Alserkal Avenue telah muncul menjadi salah satu distrik seni paling trendi di kota ini, diakui sebagai salah satu pusat seni terkemuka di kawasan UEA dengan sejumlah galeri, kafe, dan toko berkonsep yang tumbuh di dalam dan sekitar gudang di distrik Al Quoz. Lingkungan ini adalah perhentian wajib bagi penggemar budaya, menampilkan lebih dari 60 ruang seni, desain, ritel, tempat makan dan creative spaces yang terletak di beberapa gudang. Arsekal Avenue juga merupakan rumah bagi studio tari, artisan kafe dan ruang publik yang menjadi tuan rumah berbagai pameran, pembicaraan, diskusi panel, pemutaran film dan festival berbasis masyarakat.
  • Dubai Design District (d3) adalah pengembangan kota yang didedikasikan untuk fashion dan desain. Ini adalah rumah bagi studio desain, galeri, kafe berkonsep trendi dan tempat perbelanjaan, dan sebagai tuan rumah diselenggarakannya acara dalam kalender kreatif sepanjang tahun untuk dinikmati semua orang.
  • Al Fahidi Historical Neighbourhood, terletak di Dubai Creek, ini adalah rumah bagi beberapa galeri seni di indoor dan halaman rumah-rumah bersejarah. Salah satu galeri tertua di sini adalah XVA, yang tidak hanya menjadi tuan rumah kesenian Timur Tengah tetapi juga merupakan bagian dari hotel butik yang terdiri dari kamar-kamar dengan dekorasi khas Dubai. Majlis Gallery adalah perhentian hebat lainnya untuk melihat pameran mulai dari fotografi hingga patung.
  • Dubai International Financial Centre (DIFC) adalah rumah bagi sejumlah galeri kelas atas, menampilkan beragam karya seni dari seluruh dunia. Tempat yang wajib dikunjungi adalah Farjam Foundation, sebuah inisiatif yang bekerja sama dengan organisasi lokal dan internasional untuk memberi audiens pemahaman yang lebih besar tentang seni dan budaya Islam. Tempat-tempat hebat lainnya termasuk Cuadro Fine Art Gallery dan The Empty Quarter, sebuah ruang yang didedikasikan untuk fotografi seni rupa.

Pertunjukan Seni

  • Populer, dan tentunya wajib dikunjungi, adalah pertunjukan penduduk Dubai, La Perle, yang menggunakan teknologi canggih untuk visualisasi air terjun, hujan deras dan hujan di lantai yang banjir dan mengalir dalam hitungan detik. Berharap untuk menyaksikan 65 pemain kelas dunia dari 23 negara melakukan aksi yang menakjubkan termasuk akrobat, meliuk, terbang, menyelam, dan bahkan sepeda motor yang melawan gravitasi.
  • Destinasi lain yang tidak pernah mengecewakan adalah Dubai Opera, tempat pertunjukan musikal, opera, komedi, konser, produksi teater, dan balet yang terus hadir sepanjang tahun.
  • The Junction Dubai telah memantapkan dirinya sebagai rumah bagi komunitas seni pertunjukan Dubai yang berkembang. Tempat ini sering menjadi tuan rumah festival nyanyian Acapella, stand-up comedy, pertunjukan sulap, tari dan berbagai produksi teater.
  • The Fridge menjadi tuan rumah bagi spektrum konser musik yang luas, dengan banyak genre – klasik, jazz, rock, funk, dan hip-hop, menyediakan platform bersama bagi para insan industri kreatif untuk bertemu, berkreasi, dan berkembang.
  • Madinat Theatre, tempat pertunjukkan berkapasitas 442 orang yang memukau, adalah teater pertama yang dibangun di Dubai dan telah menyelenggarakan berbagai genre pertunjukan langsung mulai dari drama Shakespeare dan komedi internasional hingga musikal Broadway yang sukses besar. Anda juga akan menemukan pertunjukan skala kecil dari opera dan konser klasik hingga pantomim.

You may also like

Leave a Comment