Japan - Lifestyle - Worldwide

Guna Tingkatkan Layanan bagi Wisatawan ke Jepang, Klook & JR-West Jalin Kemitraan Strategis

Klook dan West Japan Railway Company (JR-West) dengan gembira mengumumkan kemitraan strategis baru yang kelak membantu wisatawan independen dan bebas (free independent traveler/FIT) asal Asia Tenggara dalam menjelajahi atraksi wisata terbaik di Jepang bagian barat.

Dengan memanfaatkan peluang besar di kawasan ini, kedua perusahaan akan berkolaborasi untuk meningkatkan variasi kegiatan perjalanan, yang mencakup kota-kota seperti Osaka, Hiroshima, Okayama, dan banyak lagi. Kemitraan ini melayani keinginan para pelancong untuk menjelajahi negara Jepang dengan kereta api dan meningkatkan pariwisata di Jepang bagian barat.

(kiri ke kanan) Hiroshi Muro – Executive Officer, Senior General Manager of Marketing Department JR-West & Ethan Lin – CEO dan salah satu Pendiri Klook

Lewat kemitraan strategis ini, para wisatawan di seluruh wilayah operasional Klook di Asia Tenggara, dapat menikmati sejumlah inisiatif baru mulai 12 September 2019. Kerja sama Klook dan JR-West kelak mencakup:

  • Pengalaman penukaran tiket bebas hambatan: Klook termasuk salah satu dari beberapa perusahaan yang meluncurkan layanan e-ticket inovatif JR-West secara global. Setelah melakukan pembelian di website dan aplikasi mobile Klook, para wisatawan dapat dengan mudah menukarkan tiket JR-West melalui mesin-mesin jual otomatis (vending machine) di stasiun kereta api setempat
  • Paket Kombo dengan nilai tambah: Konsumen bisa menikmati sejumlah diskon menarik dengan beberapa paket kombo baru yang menggabungkan Tiket JR-West Rail dengan sejumlah atraksi wisata populer seperti tiket Harukas 300 Observatory dan aktivitas lokal terpilih lainnya.
  • Paket-Paket Kombinasi yang dibuat sesuai selera: Dengan memanfaatkan data pemesanan tiket dan preferensi para wisatawan, Klook memaketkan sejumlah produk wisata populer dari beberapa pemain penting di Jepang bagian barat demi menghadirkan program kombinasi yang sesuai dengan selera konsumen Klook.
  • Kolaborasi pemasaran: Kedua perusahaan akan meluncurkan serangkaian inisiatif pemasaran bersama (co-marketing), seperti ajang ‘Klook Travel Festivals’ mendatang di Filipina dan Malaysia. JR-West kelak menjadi salah satu dari mitra penting untuk menjangkau puluhan ribu wisatawan secara langsung.

Asia Tenggara selalu menjadi kawasan penting bagi Klook. Lewat kemitraan ini, kami ingin mendatangkan lebih banyak pengunjung dari Asia Tenggara ke Jepang bagian barat dan wilayah lainnya,” ujar Ethan Lin, salah satu pendiri & CEO Klook.

“Melalui strategi go-to-market yang disesuaikan dengan selera pasar lokal, serangkaian kampanye pemasaran kreatif, serta interface yang mudah digunakan dan secara khusus dibuat untuk produk-produk kereta api, kami yakin, jangkauan global kami yang luas dan profil merek kami yang baik di Asia Tenggara kelak mengusung kemitraan ini ke jenjang yang lebih tinggi,” tambahnya menjelaskan.

Sektor pariwisata di Jepang bagian barat berkembang dengan pesat. Jumlah pengunjung ke Jepang bagian barat pada 2018 meningkat sebesar 41% dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada 2016, dan kawasan ini diperkirakan menyambut lebih dari 13 juta wisatawan asing pada 2020.

Serupa dengan hal tersebut, Klook telah mengalami peningkatan permintaan dari wisatawan Asia Tenggara, baik untuk pemesanan tiket atraksi wisata maupun kereta api di Jepang bagian barat. Antara Agustus 2018 dan Agustus 2019, jumlah pemesanan tiket untuk rute-rute kereta api populer di Jepang bagian barat, seperti Kyoto, Nara, dan Kobe pada Klook, melonjak hingga lebih dari dua kali lipat. Klook juga menyaksikan kian banyak wisatawan yang memilih angkutan kereta api untuk mengunjungi kawasan Jepang bagian barat, dan pada periode yang sama, jumlah pemesanan tiket kereta api telah naik hampir 500%.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan Klook untuk mempromosikan keindahan Jepang bagian barat. Wilayah ini memiliki keindahan alam, Situs Warisan Dunia, budaya unik dan masih ada banyak keindahan lain yang berpotensi untuk menarik wisatawan asing. Cara terbaik menikmati budaya, kuliner, dan alam di kawasan ini adalah dengan JR-West Rail Pass yang fleksibel, sehingga Anda bisa naik dan turun di tempat-tempat tertentu sesuka hati,” kata Hiroshi Muro, Executive Officer, Senior General Manager of Marketing Department, JR-West.

“Kolaborasi dengan Klook membantu kami untuk menjangkau kalangan wisatawan dewasa ini secara lebih baik, memanfaatkan jaringan global, basis pelanggan yang berkembang pesat, serta kemudahan platform selulernya. Lewat kepemimpinan pasar Klook, khususnya di Asia Tenggara, layanan kereta api kami akan lebih mudah diakses di kawasan tersebut dan wilayah lainnya,” tambahnya.

Sebagai pemimpin di sektor pariwisata in-destination, Klook berada di posisi yang baik untuk melayani wisatawan dengan teknologi inovatif, pengalaman pengguna yang ringkas, serta penawaran objek wisata lokal yang beragam. Platform ini juga disesuaikan menurut setiap pasar di kawasan Asia Tenggara yang beraneka ragam, hadir dengan bahasa-bahasa setempat, sejumlah metode pembayaran dan mata uang lokal. Dengan berkembangnya kalangan FIT dan generasi milenial yang terus mencari aktivitas baru, Asia Tenggara tetap menjadi salah satu fokus Klook untuk investasi dan ekspansi usaha secara berkelanjutan.

Kerja sama tersebut menjadi komponen penting dalam strategi Klook untuk memperluas kemitraan penting dan mendiversifikasikan produknya di Jepang, negara yang memiliki banyak tujuan wisata populer di Klook. Langkah ini ditempuh menjelang ajang olahraga dunia pada 2020 di Tokyo. Klook telah berkolaborasi dengan sejumlah operator wisata lokal di Jepang untuk meningkatkan sebesar 600%, sejak 2016, untuk  jumlah produk yang berada di luar kota metropolitan Tokyo dengan memperbanyak pengalaman wisata yang lebih seru dan menarik bagi wisatawan, seperti produk tour harian ke sejumlah atraksi dan kota terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *