Home Lifestyle Tingkatkan Kualitas Layanan Pariwisata, Singapura Luncurkan Kanal Tourism Information & Service Hub

Tingkatkan Kualitas Layanan Pariwisata, Singapura Luncurkan Kanal Tourism Information & Service Hub

written by Admin August 9, 2019
Tingkatkan Kualitas Layanan Pariwisata, Singapura Luncurkan Kanal Tourism Information & Service Hub

Singapura merupakan contoh salah satu negara yang selalu memberikan perhatian khusus terkait peningkatan pelayan di sektor pariwisata. Hal ini pun menjadi terlihat wajar, karena negeri singa menjadikan pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan negara yang cukup besar setiap tahunnya. Bahkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Singapura juga masih menjadi destinasi populer di Asia Tenggara.

Indikasi paling mudah yang dapat ditemukan adalah Singapura selalu mempertimbangkan membuka destinasi wisata baru dalam jangka waktu tertentu. Belum lagi tema-tema yang diangkat juga selalu mampu menarik perhatian wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Seiring semakin positifnya citra pariwisata Singapura, tentu saja di sisi lain mampu meningkatkan pendapatan para pelaku industri pariwisatanya. Bahkan industri pariwisata Singapura kembali mencapai titik yang luar biasa pada 2018 dengan terciptanya rekor baru dalam jumlah devisa pariwisata (tourism receipt) maupun kunjungan wisatawan selama (visitor arrivals) tiga tahun berturut-turut. Kinerja positif terjadi pada sektor utama industri pariwisata yaitu BTMICE, Perhotelan, dan Kapal Pesiar.

Devisa pariwisata Singapura tumbuh 1,0% menjadi S$27,1 miliar, terutama berkat pertumbuhan kunjungan wisatawan dari hampir seluruh 15 negara utama penyumbang wisatawan ke Singapura dan juga belanja yang lebih tinggi oleh wisatawan dari lima pasar utama penyumbang devisa pariwisata. Rekor pertumbuhan jumlah wisatawan dari delapan negara mendorong kenaikan jumlah kunjungan wisatawan sebesar 6,2% menjadi 18,5 juta.

Sementara itu, ruang untuk berkembang terus dimanfaatkan oleh Singapura guna dapat semakin memanjakan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Singapura. Singapura meluncurkan kanal digital Tourism Information & Service Hub (TIH), yang berfungsi sebagai platform sumber daya digital yang siap menyediakan akses informasi yang relevan tentang penawaran dan perjalanan pariwisata di Singapura.

Kanal ini dapat diakses secara global dan bebas biaya oleh para mitra bisnis dan media, untuk berhubungan dan berkolaborasi mengenai informasi wisata dan jasa secara real-time. TIH akan menyediakan akses terhadap lebih dari 3.000 video dan gambar yang dapat diunduh secara gratis, serta berbagai konten terkait pariwisata dan layanan perangkat lunak perjalanan plug-and-play seperti navigasi yang disempurnakan, untuk dimanfaatkan dalam saluran digital penggunanya. Diyakini dengan adanya TIH, travelers akan dapat berkontribusi dan mengekstraksi gambar dan video serta informasi bisnis penting seperti jam buka dan promosi terbaru berbagai tujuan di Singapura.

Berikut ini Travelmaker.ID berikan langkah singkat mendaftar ke Tourism Information & Service Hub:

  1. Silahkan langsung kunjungi laman Tourism Information & Services Hub di https://tih.stb.gov.sg/content/tih/en/home.html
  2. Mendaftar untuk akun – travelers dapat memilih mendaftar sebagai entitas bisnis (menggunakan Business CorpPass) atau sebagai pengguna publik (menggunakan SingPass), atau jika tidak memiliki keduanya, silahkan mendaftar untuk TIH User.
  3. Setelah masuk, pilih Marketing & Media Assets dan klik ‘Digital Images and Videos Listing‘.
  4. Anda akan dapat mencari penyimpanan gambar dan video.
  5. Beberapa contoh istilah pencarian umum yang dapat gunakan untuk mencari gambar destinasi di Singapura misalnya Skyline, Marina Bay, Gardens by the Bay, Chinatown, Little India, dll.

 

You may also like

Leave a Comment