Home WorldwideHong Kong Dampak Demo Besar di Hong Kong, 3 Negara Telah Resmi Keluarkan Travel Advice

Dampak Demo Besar di Hong Kong, 3 Negara Telah Resmi Keluarkan Travel Advice

written by Admin June 15, 2019
Dampak Demo Besar di Hong Kong, 3 Negara Telah Resmi Keluarkan Travel Advice

Unjuk rasa anti RUU Ekstradisi di Hong Kong rencananya akan digelar lagi Minggu besok. Sejumlah negara mengeluarkan travel advice. Seperti diketahui, warga Hong Kong berbondong-bondong melakukan demo besar pada Minggu (9/6) dan Rabu (12/6) menolak RUU Ekstradisi karena dinilai tidak sesuai prinsip demokrasi. Sementara pemerintah membutuhkan UU ini supaya Hong Kong tidak jadi tempat pelarian buron dari China.

Terkait demonstrasi yang sampai melibatkan 1 juta orang ini, sejumlah wilayah pun terdampak termasuk beberapa tempat turis. Sejumlah daerah yang dilewati pendemo adalah kompleks pemerintahan Hong Kong, Civic Square dan Tim Wa Avenue.

Dalam penelusuran detikcom, Sabtu (15/6) 3 negara pun sudah mewanti-wanti warga negaranya untuk tetap siaga apabila sedang berada di Hong Kong. Inggris misalnya, mengimbau warganya untuk tetap mengikuti instruksi pihak yang berwajib dan berdampak pada sejumlah fasilitas dan transportasi publik.

“The situation remains unpredictable and you should avoid these demonstrations. Further demonstrations may take place in the coming weeks and you should be aware that such demonstrations can close off large sections of the city and affect public transport. You should remain vigilant and follow the advice of local authorities,” tulis laman Gov.uk.

Begitupun dengan pemerintah Kanada. Mereka mengimbau warga Kanada di Hong Kong terkait demonstrasi yang belakangan terjadi. Para WN Kanada harus bertanggung jawab pada keselamatannya masing-masing dan melapor ke kedutaan apabila terkena dampak yang berbahaya.

Pemerintah Australia, melalui laman smartraveller.gov.au juga mengimbau WN Australia di Hong Kong yang dekat dengan daerah terdampak untuk memantau media setempat dan menghindari tempat berkumpul demonstran. Informasi ini dikeluarkan sejak 12 Juni 2019 dan masih berlaku hingga saat ini.

“This travel advice has been reviewed. You may encounter demonstrations or protests. Avoid large public gatherings, as they may turn violent. The level of our advice has not changed – exercise normal safety precautions,” tulis laman tersebut.

Pemerintah Indonesia melalui KJRI Hong Kong pun sudah mengimbau WNI untuk mengindari lokasi demonstrasi. Pelaksana Konsul Jenderal RI di Hong Kong Mandala S Purba mengatakan bahwa WNI sebaiknya tidak berada di wilayah Amirality dan Central yang menjadi pusat para peunjuk rasa.

“Sedapatnya menghindari wilayah Admirality dan Central yang menjadi pusat penumpukan massa,” kata Pelaksana Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Mandala S. Purba, seperti dikutip dari Antara, pada hari Rabu (12/6).

“Sedapatnya tidak keluar dari kediaman bila dirasakan tidak ada hal-hal yang mendesak,” imbuh dia.

Travelers yang berada di Hong Kong pun sebaiknya menghindari pergi ke tempat umum khususnya daerah terdampak. Selalu lapor kepada pihak KJRI atau perwakilan Indonesia apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau mengancam keselamatan.

Destinasi Wisata di Hong Kong yang Harus Dihindari

Unjuk rasa besar-besaran di Hong Kong, patut jadi perhatian travelers Indonesia. Ini tempat wisata yang perlu dihindari atau cari jalan lain yang lebih aman. Pada unjuk rasa Rabu (12/6) terjadi bentrokan antara demonstran dan aparat. Sedangkan menurut Channel News Asia, Jumat (14/6) unjuk rasa akan kembali digelar Minggu-Senin (16-17/6).

Nah untuk para travelers Indonesia, pihak KJRI Hong Kong sudah mengimbau agar travelers menjauhi area unjuk rasa yaitu kawasan Admiralty dan Central. Data dari South China Morning Post dan BBC, area unjuk rasa adalah di sekeliling Central Govenrment Complex Hong Kong yaitu Harcourt Road, Tim Mei Avenue dan Lung Wo Road yang dikuasai demonstran serta Tim Wa Avenue yang ditutup polisi.

Unjuk Rasa di Hong Kong, Ini Daftar Tempat Wisata yang Perlu DihindariLokasi unjuk rasa (sumber : BBC)

Dalam penelusuran, ada sejumlah destinasi yang berada tepat di lokasi unjuk rasa. Destinasi ini mau tidak mau harus dijauhi para traveler Indonesia yaitu:

1. Tamar Park, Ini adalah taman kota di dekat pusat pemerintahan Hong Kong
2. Central and Western District Promenade, ini adalah taman kota di tepi laut menghadap Kowloon.

Destinasi yang masih bisa dijangkau dari Stasiun MTR Central

Ada lagi sejumlah destinasi yang berbatasan langsung dengan area unjuk rasa. Agak riskan, tapi masih bisa diakses dari Stasiun Central, pokoknya jangan turun di Stasiun Admiralty.

Inilah beberapa destinasinya :

  • Hong Kong Maritime Museum, ini museum maritime di dermaga Hong Kong. Keluar dari Exit A Stasiun Central dan susuri Man Yiu Street supaya tidak bertemu demonstran.
  • Hong Kong Observation Wheel, ini bianglala dekat Hong Kong Maritime Museum
  • Statue Square dan Chater Garden, ini taman kota tempat nongkrong buruh migran Filipina dan sering jadi meeting point buat walking tour. Cukup keluar deri Exit K Stasiun Central, langsung sampai di sana.
  • The Peak Tram Station. Nah ini dia nih. The Peak itu destinasi favorit, tapi stasiun tram untuk naik ke The Peak ada di dekat lokasi unjuk rasa, cuma 600 meter. Supaya aman, kamu bisa keluar dari Exit K Stasiun Central, cari jalan lewat St John Cathedral supaya kamu tak perlu bertemu demonstran.

Destinasi yang masih bisa dijangkau dari Stasiun MTR Wan Chai

Ada lagi beberapa destinasi yang bisa dijangkau, asalkan turun di Stasiun MTR Wan Chai. Sekali lagi, jangan turun di Stasiun Admiralty.

  • Golden Bauhina Square, ini adalah taman dengan monumen landmark Hong Kong, tempat Hong Kong Expo berada, sekaligus salah satu spot terbaik untuk memotret Kowloon. Tinggal keluar dari Exit A1 Stasiun Wan Chai, naik ke jembatan pedestrian panjang ke arah Kantor Imigrasi Hong Kong.
  • Hong Kong Arts Centre, ini adalah destinasi untuk penggemar seni di Hong Kong. Tempat ini bisa dijangkau dengan aman asalkan dari Stasiun Wan Chai. Caranya sama seperti menuju Golden Bauhina Square atau Hong Kong Expo, hanya saja setelah Kantor Imigrasi Hong Kong, turun dari jembatan pedestrian dan belok kiri.

Total ada 2 destinasi yang harus diwaspadai untuk didatangi dan 6 yang masih bisa didatangi asalkan lewat jalur yang aman. Tapi sarannya kalau tidak mau riskan, lebih baik cari tempat-tempat wisata yang aman saja.

Semua destinasi Hong Kong di Kowloon, Avenue of The Stars, Ladies Market, Tsim Sha Tsui, Yau Ma Tei, Disneyland dan lain-lainnya aman. Begitu juga ke arah timur Pulau Hong Kong seperti Victoria Park dan Montane Mansion tempat shooting film Transformers. Semakin jauh dari Admiralty, maka semakin aman.

You may also like

Leave a Comment