Home Lifestyle Menghadapi Momen Mudik & Libur Lebaran, EVA Air Bagikan Tips Cegah Jetlag

Menghadapi Momen Mudik & Libur Lebaran, EVA Air Bagikan Tips Cegah Jetlag

written by Admin June 2, 2019
Menghadapi Momen Mudik & Libur Lebaran, EVA Air Bagikan Tips Cegah Jetlag

Memasuki momen arus mudik Idul Fitri 1440 H sekaligus juga libur panjang Lebaran, tentunya banyak sekali travelers yang berpindah dari satu kota ke kota lainnya baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan tak sedikit yang harus melalui perjalanan panjang menuju kampung halaman ataupun bahkan destinasi wisata liburan di luar negeri.

Tak jarang jarak tempuh yang jauh ini kemudian dapat menyebabkan jetlag di kalangan travelers yang sedang mudik ataupun berwisata. Tetapi kini travelers tak perlu khawatir mengalami jetlag setelah melewati perjalanan jauh, EVA Air memberikan 4 tips & trik mencegah jetlag, berikut ini :

  • Menyesuaikan waktu tidur di tempat tujuan sejak sebelum memulai perjalanan

Sebelum travelers memulai perjalanan, anda bisa terlebih dahulu mencoba beradaptasi dengan pola tidur di tempat tujuan nantinya. Jika tempat yang dituju terletak di arah timur, maka bisa mencoba untuk setidaknya tidur 30 menit lebih cepat dari waktu biasanya. Dan sebaliknya pun demikian, jika tempat yang dituju berada di arah barat, anda bisa menyesuaikan diri dengan tidur lebih telat dari biasanya. Lakukan kebiasaan ini setiap hari hingga pola tidur pun mirip dengan zona waktu tempat tujuan.

  • Pilih penerbangan stopover agar bantu tubuh beradaptasi

Tips ini sangat ampuh menjaga diri anda tetap bugar saat sampai di destinasi tujuan. Dengan penerbangan stopover menuju kampung halaman atau destinasi wisata tentu saja akan sangat membantu tubuh beradaptasi dengan lebih baik terhadap perubahan waktu, iklim dan musim.

  • Minum cukup air putih dan hindari minuman beralkohol

Salah satu cara untuk menghindari dampak negatif dari jetlag adalah dengan memastikan tubuh mendapat asupan air putih yang cukup. Untuk itu pastikanlah selalu mencukupi asupan air putih sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi alias kekurangan cairan.

Sementara itu, minuman beralkohol harus dihindari. Tips ini perlu dapat perhatian khusus apalagi banyak orang beranggapan bahwa minum alkohol dapat membantu cepat tidur selama di pesawat, namun kalau terlalu banyak sampai menimbulkan rasa pusing, hal itu justru bisa membuat jetlag tambah parah. Alkohol dapat membuat tubuh lebih dehidrasi, terutama bila kamu sudah berada di ketinggian udara.

  • Banyak bergerak baik saat di pesawat maupun setelah di lokasi tujuan

Travelers, coba gerakkan tubuh anda setiap dua jam saat kamu berada di pesawat. Berjalan di lorong pesawat dapat turut memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Saat tiba di tujuan, olahraga ringan di pagi atau sore hari dapat membuat tubuh terasa segar dan mengembalikan jam biologis.

You may also like

Leave a Comment