Tepat pada tanggal 7 Desember 2018, juga merupakan hari peringatan ke-60 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia. Pada tanggal ini juga, Lumine, pusat perbelanjaan asal Jepang resmi dibuka di Jakarta. Berlokasi di Plaza Indonesia lantai 5, Lumine ingin memperkenalkan Indonesia kepada kultur dan fesyen khas Jepang.
Dunia fashion paling dekat dengan hobi berbelanja. Dunia ritel fashion terus bergeliat seiring tumbuhnya pasar ekspor dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di dalam negeri. Untuk mewadahi itu, pemerintah Indonesia menggandeng Jepang untuk mewadahi para UMKM lewat gerai ritel urban bernama Lumine.
Di Jepang, Luminesudah terkenal sebagai pusat modenya masyarakat Tokyo. Karena itu, hadir di Plaza Indonesia, Jakarta, Lumine ingin menawarkan mood belanja orang Jepang di Indonesia. Untuk menandai hubungan diplomatik dalam perdagangan, Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita langsung terjun meresmikannya.
“Hadirnya Lumine sebagai pengembangan hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia. Ini sebagai sistem marketing dunia UMKM yang bisa kita tambahan,” kata Menteri Enggartiasto Lukita di lokasi.
Untuk membangun gerai yang diburu oleh para konsumen, menurutnya diperlukan sebuah pelatihan kepada para Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya dengan mempertahankan kualitas dan pelatihan menata produk di display.
“Pelatihan sudah harus sesuai standar internasional di kancah global. Karena menurut kami produk di sini sudah cukup baik. Yang paling penting perkembangan UMKM di Indonesia harus bisa berkembang secara internasional,” paparnya.
Designer Fashion Senior dari Indonesia Fashion Chamber (IFC), Taruna Kusmayadi menjelaskan selama ini produk UMKM masih sulit masuk ke pasar department store. Sehingga dibutuhkan sentuhan tangan para desainer untuk memberi nilai tambah. Karena itu bekerja sama dengan para start up juga terus ditingkatkan.
“Asosiasi kami membawahi 230 anggota. Memang ada member yang sudah established. Saingan itu enggak apa-apa yang penting punya keunikan dan visi misi yang beda. Dan displaynya harus bagus atau kualitas penampilannya,” jelas Taruna.
Dia menegaskan jika Indonesia ingin menjadi pusat fashion di tahun 2020, maka Indonesia harus mau terbuka dan belajar dengan siapapun. Sehingga pasar di dalam negeri akan tetap bergeliat.
Lumine Hadirkan 20 Brand ‘Tokyo Mood’
Uniknya, pusat perbelanjaan ini memiliki konsep ‘Tokyo Mood’, dimana kamu bisa merasakan sensasi berbelanja di Tokyo yang modern, kreatif, namun tetap berdampingan dengan budaya dan alam. Di LUMINE, kamu bisa menjumpai berbagai kebutuhan, mulai dari pakaian dan aksesoris untuk laki-laki dan perempuan, leather goods, perhiasan, hingga makanan khas Jepang seperti hot dog bun sandwich, soy milk dessert drink, serta berbagai olahan matcha.
Produk fesyen dan aksesoris yang terdapat di Lumine berasal dari 20 brand pilihan yang dapat merepresentasikan gaya berbusana ala Tokyo: modern, berkelas, simpel, dan tetap wearable untuk aktivitas sehari-hari.
Berikut inilah brand-brand ysng tersedia di Lumine Jakarta, diantaranya :
- drama H.P.FRANCE
- SLOW authentic goods
- Beauty Optical Salon
- override
- Zoff
- ADINA MUSE
- DIANA
- TENERITA
- TOMORROWLAND
- NAKAGAWA MASASHICHI SHOTEN
- MISTERGENTLEMEN
- Drawing Numbers
- GALLARDAGALANTE
- Phlannél
- RIM.ARK
- ELENDEEK
- UN3D
- FRAY I.D
- Mila Owen
- ASTRAET