Home Asian Games 2018 Serba Serbi AG 2018 : Penuh Kisah Bersejarah dan Nostalgia, Jakarta Siap Sambut Kirab Obor Asian Games 2018

Serba Serbi AG 2018 : Penuh Kisah Bersejarah dan Nostalgia, Jakarta Siap Sambut Kirab Obor Asian Games 2018

written by Admin August 14, 2018

Obor Asian Games 2018 akan mengakhiri perjalanan panjangnya selama satu bulan berkelana memancarkan energi serta semangat Asian Games. Perjalanan itu dimulai sejak 15 Juli 2018 di India hingga berkeliling di setiap sudut Nusantara. Dan sebagai ujung dari rangkaian jalan panjang tersebut akan berakhir di Jakarta, dimana saat api obor abadi ini masuk ke Jakarta akan menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Api obor abadi Asian Games ini seakan membawa cerita nostalgia bagi Indonesia, setelah sebelumnya pada tahun 1962 menjadi momen pertama kalinya api obor Asian Games ini hadir di ibukota Indonesia ini. Tahun 1962 itu jugalah yang menjadi momen penuh kisah bagi negara baru saat itu, Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games untuk pertama kalinya.

Di Jakarta nanti, obor api Asian Games ini akan diarak ke 5 Kota dan 1 Kabupaten Administratif di provinsi DKI Jakarta. Menariknya, Jakarta Timur akan menjadi Kota pertama yang disinggahi Kirab Obor Asian Games 2018 pada tanggal 15 Agustus 2018. Kirab bersejarah ini akan dimulai di Lippo Mall Kramat Jati pada pukul 07.00 WIB, untuk diarak menuju ke Taman Mini Indonesia Indah, hingga menyusuri Jl. TB. Simatupang di Jakarta Selatan.

Usai sambangi Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, pada tanggal 16 Agustus 2018 Kirab Obor akan melalui kawasan Jakarta Pusat, dimulai dari Masjid Akbar Kemayoran hingga ke Monas, kemudian Jakarta Barat yang dimulai dari Kawasan Kota Tua dan RTPRA Kalijodo, hingga menuju ke Jakarta Utara. Sementara itu, tepat pada perayaan HUT Indonesia ke-73 Kirab Obor Asian Games 2018 akan berkelana ke Pulau Untung Jawa, kemudian menuju Monas dan Istana Negara.

Dengan adanya Kirab Obor Asian Games 2018 ini, tentu diharapkan semakin menambah antusiasme masyarakat DKI Jakarta dan sebagai pengingat bahwa pembukaan Asian Games 2018 sudah semakin dekat.

“Dengan penu kerendahan hati, saya beserta segenap panitia terkait, memohon pengertian dan dukungan dari masyarakat DKI Jakarta dalam kegiatan Kirab Obor Asian Games 2018 yang berlangsung di beberapa wilayah di Indonesia. Asian Games adalah milik kita bersama. Kami percaya bahwa masyarakat DKI Jakarta juga merupakan bagian penting keberhasilan Asian Games 2018. Jadi sangat saya harapkan turut meramaikan acara dan bersama-sama kita menjadi tuan rumah yang baik,” ungkap Erick Thohir selaku Ketua INASGOC.

“Mulai tanggal 17 Agustus 2018 malam, masyarakat DKI Jakarta dapat menyaksikan Api Asian Games di Kawasan Monas. Kita akan siapkan mini cauldron di sana. Besoknya pada tanggal 18 Agustus 2018, kita akan buat acara Jalan Bersama Obor Asian Games mulai dari Monas hingga ke Pintu 10 Gelora Bung Karno,” tambahnya.

Akan ada beberapa atlet legendaris Indonesia yang siap meramaikan kegiatan tersebut. Beberapa nama yang dikabarkan akan berpartisipasi diantaranya Rudi Hartono, Icuk Sugiarto, Ricky Subagja dan Syamsul Anwar Harahap.

You may also like

Leave a Comment