Home Lifestyle Inilah Daya Tarik Istimewa dari 11 Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2018 di Rusia

Inilah Daya Tarik Istimewa dari 11 Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2018 di Rusia

written by Admin June 30, 2018
Inilah Daya Tarik Istimewa dari 11 Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2018 di Rusia

Bagi para pecinta sepak bola, ajang Piala Dunia 2018 yang akan diadakan di Rusia pastinya sangat ditunggu-tunggu. Kalau kamu berencana untuk menyaksikan pertandingan secara langsung di Rusia, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjelajahi negara terbesar di dunia ini.

Nah, berikut ini informasi wisata tentang 11 kota tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2018 di Rusia!

Kazan

Kazan yang didirikan pada tahun 1005 adalah ibukota negara bagian Tatarstan dan memiliki usia lebih tua dari Moskow. Selain menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, kota ini juga sudah menyelenggarakan banyak acara olahraga sehingga dijuluki sebagai ‘Ibukota Olahraga Rusia’. Nama kota Kazan (berarti ‘kuali’ dalam bahasa Tatar) menggambarkan situasi kota ini yang merupakan tempat perpaduan budaya Tatar dan Slavia.

Dengan mayoritas penduduknya yang menganut agama Islam, kamu bisa menemukan banyak mesjid yang dibangun berdampingan dengan katedral di Kazan seperti Kul Sharif Mosque, Cathedral of the Apostles Peter and Paul dan Temple of All Religions. Benteng Tatar yang dibangun pada abad ke-16 – Kazan Kremlin juga tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke sini. Saat berada di Kazan, pastikan kalau kamu menjelajahi situs-situs yang akan menambah pengetahuanmu tentang masyarakat Kazan ya!

Samara

Samara adalah sebuah kota di Rusia yang terletak pada pertemuan antara Sungai Samara dan Sungai Volga. Selain menjadi lokasi berdirinya sinagoga, katedral dan bahkan mesjid terbesar di Rusia, Samara juga berperan penting dalam program luar angkasa Uni Soviet. Kota ini merupakan tempat dibangunnya roket Vostok 1 yang berhasil menerbangkan Yuri Gagarin sebagai manusia pertama ke luar angkasa. Ambisi program luar angkasa Uni Soviet dan peran Samara dalam program ini bisa dilihat di Samara Space Museum.

Selain mempelajari sejarahnya dalam program luar angkasa Rusia, kamu juga bisa bersantai atau melakukan pendakian di Samara. Kamu bisa menikmati keindahan alam Taman Nasional Samarskaya Luka, mendaki Pegunungan Zhiguli, berjalan sepanjang tanggul Samara atau melihat pemandangan sungai terpanjang Eropa – Sungai Volga.

Yekaterinburg

Mulai dari mafia perang di era tahun 90-an hingga eksekusi keluarga kerajaan terakhir – Romanov, kota Yekaterinburg memilki sejarah masa lampau yang kelam sebelum menjadi kota modern yang bisa dilihat hari ini. Kota ini kini merupakan salah satu pusat ekonomi dan industri utama Rusia dengan industri seni yang terus berkembang.

Yekaterinburg memiliki beberapa tempat peribadatan yang luar biasa dan indah. Situs paling terkenal di kota ini adalah Church On The Blood yang berdiri megah dengan dinding putih tinggi dan kubah emas yang berkilauan. Tempat ini merupakan lokasi eksekusi keluarga kerajaan terakhir Romanov yang menandai berakhirnya era Kekaisaran Rusia. Selain mempelajari sejarah kota yang kelam, kamu bisa melihat keindahan panorama kota dari atas Vysotskiy Viewing Platform. Meskipun kamu akan sibuk mengikuti kemeriahan Piala Dunia 2018, sempatkan juga untuk menikmati keindahan kota Yekaterinburg ya!

St. Petersburg

Ibukota Kekaisaran Rusia – St. Petersburg adalah kota megah yang menjadi rumah bagi beragam museum dan istana kerajaan Rusia. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Rusia yang juga memegang peran penting dalam bidang budaya dan politik. Dalam industri pariwisata, St. Petersburg berhasil menarik banyak wisatawan dan menjadi salah satu destinasi wisata paling top di Rusia.

Terdapat beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di St. Petersburg. Salah satunya adalah Hermitage Museum yang merupakan museum sekaligus istana yang bersejarah. Bangunan mewah yang menghubungkan 5 gedung ini memiliki koleksi sebanyak 3 juta item yang tersebar luas sehingga para pengunjung harus merencanakan rute terlebih dahulu jika ingin memaksimalkan kunjungan ini.

St. Petersburg juga memiliki situs ikonik yang menakjubkan: Church of the Saviour on Spilled Blood. Gereja bergaya Ortodoks Rusia yang indah ini berdiri berdampingan dengan katedral lainnya seperti Kazan Cathedral dan Saint Isaac’s Cathedral. Kamu bisa menikmati keindahan kota tuan rumah Piala Dunia 2018 ini dengan berjalan santai dan menjelajahi setiap sudutnya.

Sochi

Meskipun kamu kurang familier dengan kota-kota Rusia, kamu pasti sudah pernah mendengar tentang Sochi. Kota pesisir ini diberi kehormatan untuk menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2014 sekaligus Piala Dunia 2018 lho!

Dengan situs reruntuhan peninggalan era Byzantium dan berbagai museum di kota, Sochi tentunya sangat cocok bagi kamu para pecinta seni dan sejarah. Kunjungi rumah musim panas milik Stalin, Kuntsevo Dacha, untuk mempelajari gaya hidup pemimpin Uni Soviet ini. Beragam situs alam di kota ini juga akan memanjakan para pecinta alam dan petualang. Maklum saja, Sochi merupakan ‘taman bermain’ musim panas dan musim dingin milik Rusia.

Aktivitas-aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Sochi adalah menjelajahi perkebunan teh Sochi, berenang di Laut Hitam yang tenang, bermain ski di Pegunungan Kaukasus, mencari air terjun dan sumber air panas serta menikmati keindahan Danau Ritsa dan Gunung Arkhum.

Kaliningrad

Dikenal sebagai ‘Little Russia’ oleh penduduk setempat, Kaliningrad tidak sepopuler kota lain di Rusia dan tidak memiliki banyak objek wisata. Meskipun begitu, kota ini menawarkan keunikan dan keragaman budaya sebagai daya tarik utamanya. Kota yang didirikan oleh Ksatria Teutonik ini memiliki sejarah yang panjang dan pernah menjadi bagian dari Polandia, Prussia, Jerman, Uni Soviet sebelum akhirnya bergabung dalam negara Rusia.

Perjalanan sejarah Kaliningrad ini bisa kamu amati lewat arsitektur gedung yang bervariasi sesuai dengan era pendiriannya. Kota ini menjadi saksi bisu kehidupan filsuf terkenal, Immanuel Kant yang makamnya bisa ditemukan di Königsberg Cathedral. Katedral ini juga mengadakan konser organ bagi para pecinta musik.

Selain filosofi dan musik, Kaliningrad juga terkenal akan batu amber. Perekonomian kota yang memiliki kandungan batu amber terbesar dunia bergantung pada batu berharga ini. Bahkan, kamu bisa menemukan museum khusus batu amber di sini lho! Jadi, kamu akan mudah menemukan aneka perhiasan dan benda-benda yang terbuat dari batu amber saat berjalan-jalan di kota ini. Cocok banget untuk dijadikan sebagai buah tangan deh!

Nizhny Novgorod

Sebagai salah satu kota tertua di Rusia, Nizhny Novgorod merupakan rumah bagi banyak museum, teater, universitas dan gereja. Atraksi utama di kota ini adalah Nizhny Novgorod Kremlin. Benteng tua yang sudah berdiri sejak tahun 1500-an ini mengelilingi beberapa gedung tertua di kota dan situs-situs lainnya seperti Cathedral of the Archangel Michael, museum seni dan monumen perang.

Gereja Nativity of the Blessed Virgin Mary di kota ini memiliki arsitektur indah bak bangunan dari negeri dongeng. Gereja warna-warni beratap emas yang dibangun sejak abad ke-17 ini tampak menakjubkan dengan latar sunset dan merupakan daya tarik utama kota ini! Jangan lewatkan juga kesempatan untuk menyusuri jalan tua Bolshaya Pokrovskaya sambil bersantai sore atau sekedar menikmati secangkir kopi.

Rostov-on-Don

Kota pelabuhan ini terletak di sepanjang Sungai Don dan cocok untuk berbagai aktivitas daerah pesisir seperti berjalan santai sepanjang tanggul atau berlayar menyusuri sungai. Meskipun tidak terkenal di kalangan wisatawan, Rostov-on-Don memiliki keunikan tersendiri yang tidak boleh kamu lewatkan!

Kamu bisa mengalami sendiri gaya hidup penduduk lokal Rusia dengan mencicipi makanan khas Rostov di Central Market atau mengunjungi taman-taman di sepanjang Pushkinskaya Street dan Bolshaya Sadovaya Street. Pushkin Street juga terkenal akan kafe dan restoran berlatar taman yang dihiasi patung-patung bersejarah. Setelah puas menikmati hidangan di salah satu kafe ini, habiskan waktumu di Bogoroditsa Cathedral. Para penganut agama Kristen Ortodoks Rusia banyak yang datang untuk beribadah di gereja berkubah indah ini lho!

Saransk

Dinamai berdasarkan Sungai Saranka yang mengalir melalui kota, ibukota Mordovia ini kaya akan peninggalan sejarah dan budaya. Koeksistensi agama bisa kamu temukan di Saransk – gereja dan katedral berdiri secara berdampingan di kota ini seperti Cathedral of St. Fyodor Ushakov yang bergaya arsitektur Perancis.

Ingin menikmati suasana khas Saransk, kota penyelenggara Piala Dunia 2018 ini? Datang saja ke Taman Pushkin untuk berpiknik sambil menikmati matahari, mencicipi makanan lokal dan bersantai sore di pusat rekreasi kota ini. Saransk juga memiliki banyak museum seni dan sejarah yang bisa dikunjungi jika kamu lebih memilih untuk berada di dalam ruangan.

Volgograd

Volgograd terletak di sepanjang Sungai Volga dan merupakan saksi sejarah pertarungan paling berdarah selama Perang Dunia II: Pertempuran Stalingrad. Kunjungan ke kota ini tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi situs paling populer dan keramat yaitu Motherland Calls. Patung tertinggi di Eropa ini merupakan monumen peringatan bagi mereka yang gugur di medan perang.

Setelah berziarah ke kompleks peringatan perang ini, habiskan waktumu dengan berjalan menyusuri Taman Komsomol atau bersantai di Danau Elton untuk menenangkan pikiranmu. Pada malam hari, kunjungi planetarium kecil kota ini untuk melihat pemandangan langit kota Volgograd yang indah.

Moskow

piala dunia 2018

Nah, kota tuan rumah Piala Dunia 2018 terakhir yang akan dibahas di sini adalah salah satu kota paling bergairah di Eropa – Moskow. Sebagai jantung negara Rusia, wajar saja kalau Moskow merupakan destinasi wisata paling populer di negara ini. Banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di sini. Bahkan, stasiun bawah tanah peninggalan era Soviet yang sangat mewah dan indah juga termasuk daya tarik kota ini lho!

Kota ini menawarkan objek wisata ikonik Rusia seperti Lapangan Merah, Kremlin, Katedral Santo Basil dan Mausoleum Lenin. Para pecinta shopping bisa puas berbelanja di Pasar Izmailovsky, Arbat Street dan department store paling terkenal di kota ini, GUM. Kalau kamu suka mengunjungi museum, State Historical Museum, Pushkin State Museum of Fine Arts dan Teater Bolshoi wajib kamu datangi. Setelah seharian berkeliling kota, kamu bisa bersantai dan menikmati sauna di salah satu banyas khas Rusia – salah satu sauna paling spektakuler di Moskow adalah Sandunovsky Banya yang sudah berusia ratusan tahun lho!

Kekayaan sejarah dan budaya Rusia menambah daya tarik negara yang luas ini. Jadi, sambil menikmati euforia Piala Dunia 2018, sempatkan juga untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan kota-kota tuan rumah pergelaran akbar sepak bola ini ya!

You may also like

Leave a Comment