Home Lifestyle Inilah Daftar 10 Kuliner Terbaik Khas Madiun Versi Tripadvisor

Inilah Daftar 10 Kuliner Terbaik Khas Madiun Versi Tripadvisor

written by Admin May 31, 2018
Inilah Daftar 10 Kuliner Terbaik Khas Madiun Versi Tripadvisor

Kota Madiun merupakan surganya bagi pengumbar nafsu makan. Pasalnya kota ini memiliki beragam tempat kuliner enak dan asik. Kuliner paling tenar jelas Pecel Madiun. Meskipun banyak tempat di tanah air yang memiliki kuliner pecel, #PesonaKulinerLebaran2018 di Madiun tak akan kalah. Pecel Madiun tetap yang terbaik.

“Kuliner Madiun yang paling meng-Indonesia. Tapi kalau Anda berliburan Lebaran di Madiun, ada banyak destinasi wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi di sana,” ujar Menpar Arief Yahya, Rabu (30/5).

Berikut #Top10KulinerLebaranMadiun2018 yang bisa dijadikan referensi. Khususnya saat kalian mengikuti #PesonaMudikLebaran2018 dan mengisi libur Lebaran bersama keluarga di Madiun.

1. Nasi Pecel Yu Gembrot

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot berlokasi di area Pasar Besi, tepatnya di pinggir Jalan Imam Bonjol Kota Madiun, Jawa Timur. Berjajar dengan kios-kios lain yang ada di pasar tersebut.

Meski jadi langganan pejabat, warung dengan luas sekitar empat kali lapangan tenis meja itu terkesan sangat sederhana. Dua meja dikelilingi kursi plastik jadi tempat pengunjung nasi pecel. Di sisi utama, meja besar tempat bahan-bahan nasi pecel diletakkan pemilik.

Bahan nasi pecel Yu Gembrot sebetulnya tidak jauh beda dengan nasi pecel Madiun pada umumnya, yakni nasi diselimuti sayuran lalu dilumuri bumbu pecel. Bedanya, pecel Yu Gembrot rasanya terasa betul manisnya. Soal lauk, penikmat bisa memilih tempe, daging, telur, dan rempeyek kacang.

2. Gado-Gado Pak Tomo

Salah satu masakan Madiun yang cukup ternama ini, bisa ditemui di warung Pak Tomo. Warung ini meyediakan menu khas Jawa Timuran. Tapi gado-gadonya disebut-sebut sebagai menu andalannya. Seporsi gado-gado terdiri dari irisan lontong, daun selada, kol, tahu, kentang rebus dan telur rebus disajikan dengan saus kacang yang bertekstur cukup lembut.

Tak lupa kerupuk dan emping ditaburkan di atasnya sebagai pelengkap. Gado-gado dan tahu campur yang ada di tempat wisata masakan Madiun ini memang sangat enak sekali dan wajib kau coba. Warung ini berada di dekat SMA 2 Madiun tepatnya di  Jl. Biliton No.38, Madiun Lor, Mangu Harjo, Kota Madiun, Jawa Timur.

Warung yang ada sejak tahun 80an ini memulai usahanya dengan gerobak. Sekarang, bertransformasi menjadi warung yang cukup besar dan dikenal banyak orang. Meskipun hanya menyediakan menu Gado-Gado dan Tahu Campur saja tapi jangan meremehkan rasanya. Dijamin kalian akan ketagiahan setelah menyantap nikmatnya sajian di warung Pak Tomo ini.

3. Warung Om Breng

Tempat wisata masakan Madiun berikutnya adalah Om Breng. Tempat ini merupakan Traditional Cafe ala Indonesia. Sangat otentik. Seolah-olah ingin menyampaikan kepada kita semua, bahwa cafe ini memang menyajikan makanan ala Indonesia.

Di tempat wisata masakan Madiun ini memiliki menu menyerupai Mie Brengos, Mie Godog, Kwetiau Ayam Klasik, Nasi Ayam Geprek, dan yang menjadi favoritnya yaitu Nasi Gandul. Di tempat wisata masakan Madiun ini juga menyediakan beberapa Aneka es krim dan minuman klasik menyerupai Es Serut Strawberry, Mojito, dan Es Kling yang menjadi penyejuk dahaga anda.

Mie yang disediakan di tempat wisata masakan Madiun ini memang bukan Mie Godog Biasa, alasannya yaitu rasanya benar-benar sangat enak dan lezat sekali. Dan kau wajib mencoba cafe yang satu ini jikalau berkunjung ke tempat Madiun yang berada di alamat Jl. Jawa No. 11, Kartoharjo, Kecamatan Madiun, Jawa Timur 63122.

4. Bluder Cokro

Bluder Cokro sangatlah populer dan sering dijadikan oleh-oleh khas Madiun. Bluder cokro ini didirikan oleh Nyonya Susana sejak 19 Agustus 1889. Pada awalnya Nyonya Susana mendapat resepnya dari orang Belanda dan dibuat hanya untuk dibagikan ke saudara dan kerabat hingga akhirnya berkembang sampai saat ini.

Bluder cokro ini memiliki 14 varian rasa antara lain kismis, coklat, keju, original, mix match, kacang, fruty tam, abon, smooked beef, nutela, selai nanas, strawberry, dan blueberry. Rasa yang manis dan tekstur bluder cokro yang lembut membuat roti ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh berbagai kalangan usia.

Selain itu bluder cokro juga hanya tahan hingga 6 hari karna didibuat masih dengan cara tradisional dan tanpa pengawet jadi lebih enak dan menyehtkan. Untuk harganya roti bluder cokro ini dijual 8 sampai 10 ribu rupiah saja. Outletnya pun buka setiap hari sekitar pukul 7 pagi sampai 9 malam.

5. Warung Latte Madiun

Bagi kamu yang suka nongkrong, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata kuliner di Jl. Cokroaminoto, Taman, Madiun, Jawa Timur. Tempat wisata kuliner Madiun yang satu ini bernama Warung Latte. Tempat wisata kuliner ini menyajikan kopi sebagai menu spesialnya.

Berbagai Kopi Spesial mulai dari Kopi Asli Indonesia sampai Kopi Mixed disajikan oleh Latte. Ada juga menu lainnya di tempat wisata kuliner ini seperti Steak + Black Burger yang sangat populer banget di daerah Madiun. Apalagi roti bakar, hingga mendoan dan aneka gorengan lainnya juga bisa menemani waktu nongkrong kamu saat berkunjung ke tempat wisata kuliner Madiun ini.

6. Dawet Suronatan

Ingin yang seger-seger di Madiun? Mampir saja ke Dawet Suronatan. Dawet yang sudah ada sejak tahun 1960 ini tetap eksis hingga sekarang karena selalu menjaga kualitas rasanya.

Dawet Suronatan ini mempunyai presentasi yang lumayan unik. Dawet ini disajikan dengan mangkuk yang ukuranya kecil berisi cendol, bubur ketan hitam, bubur sumsum dan tapai sebagai campuranya. Sangat cocok diminum di saat siang hari yang panas di Madiun.

Sekarang Dawet Suronatan ini tidak hanya menawarkan menu Dawet saja tetapi ada makanan lainnya seperti gado-gado, soto dan masih banyak lagi.

7. Rawon Cedak Klenteng

Tempat wisata masakan Madiun yang menyediakan menu rawon yang sangat terjangkau harganya ini ternyata juga menjual soto. Rawon merupakan makanan khas dengan kuah yang diberi petis yang rasanya sangat enak dan lezat.

Anda mampu mengunjungi tempat wisata masakan Madiun ini yang berada di Jl. Cokroaminoto di sebelah klenteng, berseberangan dengan gereja. Tempat wisata masakan Madiun ini buka di pagi hari saja.

8. Brem Madiun

Brem merupakan ikon jajanan kota Madiun. Brem dibuat dari sari ketan yang sudah di fermentasi. Jangan takut brem ini halal karena dibuat menggunakan beras ketan yang masih segar (belum berubah menjadi tape) kemudian dimasak untuk di fermentasi.

Brem khas Madiun berbentuk kotak pipih dengan warna putih sedikit kuning, rasanya pun cukup adem dan segar ditiap gigitanya karena tekstur brem yang padat langsung lebur dan rasa manisnya langsung menyebar kedalam mulut.

Varian rasanya pun bermacam-macam ada original, stroberi, coklat, keju, dan lain-lain. Harga jual brem ini juga murah lho, untuk satu kotaknya antara Rp5.000 – Rp15.000, tentu akan lebih murah jika kamu membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh.

9. Soto Madiun Pak Sutopo

Makanan khas Kota Madiun ini bisa ditemukan salah satunya di sebuah warung soto sederhana yang terdapat tepat di sebelah Hotel kartika Abadi. Namanya Soto ayam Kampung Pak Sutopo yang terkenal akan cita rasanya yang gurih dan nikmat.

Jam buka warung soto ini mulai malam hari. Satu porsi soto biasanya berisi bahan soto ayam dan nasi serta disajikan bersama tempe goreng dan sate kulit serta tidak lupa tambahan ati ampela menambah nikmatnya soto Madiun ini.

10. Jiero Wedangan

Jiero Wedangan adalah tempat nongkrong asyik di Madiun. Tempat ini sangatlah terkenal. Sajian kulinernya pun lengkap. Soal rasa tidak perlu diragukan, harganya juga terjangkau.

Tongkrongan yang memiliki slogan ‘Makin Dekat Makin Akrab’ ini memang dikonsep sangat anak muda sekali, yang butuh tidak hanya makanan yang enak, tetapi juga tempat yang nyaman dan membuat betah berlama-lama. Apalagi sambil bercanda bersama teman-teman.

Lokasi ini salah satu tempat hangout di Madiun yang populer. Apa lagi bagi kalian yang hobi foto selfie, tempat ini pas sekali untuk kalian mengekspresikan kenarisisan kalian, karena di Jiero ini banyak sekali sudut yang dapat dijadikan tempat foto.

Lokasi Jiero Wedangan ini berada satu area dengan I-Club Madiun. Alamat lokasi Jiero Wedangan ini berada di Jalan Bali No.17, Kartoharjo, Kota Madiun.

You may also like

Leave a Comment