Home Lifestyle Inilah Daftar 10 Kuliner Terbaik Khas Kediri Versi Tripadvisor

Inilah Daftar 10 Kuliner Terbaik Khas Kediri Versi Tripadvisor

written by Admin May 31, 2018
Inilah Daftar 10 Kuliner Terbaik Khas Kediri Versi Tripadvisor

Kediri merupakan salah satu kota tujuan #PesonaMudik2018 di Jawa Timur. Kota ini pun menyimpan sejuta #PesonaKulinerLebaran2018 yang selalu dicari ketika Lebaran tiba. Kuliner kampung halaman memang selalu mampu membuat para perantau pulang kampung.

“Ini merupakan fenomena tersendiri ketika Lebaran tiba. Kuliner lezat khas kampung halaman yang tidak mungkin ada di tempat lain menjadi sebuah magnet bagi para wisatawan. Dengan sajian kuliner tersebut, #PesonaMudik2018 makin terasa di Kediri,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Rabu (30/5).

Berikut #10TopKulinerLebaran2018 yang siap memanjakan lidah para pemudik yang singgah di Kediri.

1. Soto Bok Ijo

Dari sekian banyak tempat kuliner di Kota Kediri, Soto Bok Ijo menjadi salah satu yang paling dikenal. Letaknya di Kelurahan Tamanan. Soto ini melegenda karena telah ada sejak 1969.

Untuk menikmati Soto Bok Ijo Tamanan, para pecinta kuliner tak perlu merogoh kocek terlalu besar. Cukup membayar Rp6.500. Yang membuat Soto Bok Ijo berbeda, adalah ayamnya sudah dibakar dengan kecap manis. Namun ayamnya tidak dijadikan satu dengan soto. Melainkan ditaruh di dalam mangkok berukuran sedang.

Pecinta kuliner bisa menikmati cita rasa Soto Bok Ijo Tamanan mulai pukul 08.00 WIB, hingga pukul 01.00 dini hari. Bila mampir ke Kota Kediri, tidak ada salahnya mencoba rasa soto ayam Bok Ijo Tamanan yang khas dan murah di kantong.

2. Bakso Barokah 313

Bakso Barokah 313 adalah salah satu bakso legendaris di Kediri. Bakso ini sudah sejak lama meramaikan dunia perkulineran Kediri. Bakso Barokah 313 Kediri adalah salah satu kuliner Kota Kediri yang direkomendasikan.

Tapi, jangan kaget kalau ketika pesanan datang. Sebab, kalian akan menemui bakso yang berukuran besar nan menggoda lidah. Nikmati saja, karena bakso seenak ini sepertinya hanya bisa kalian temui di Kota Kediri. Bakso Barokah 313 Kediri ini alamatnya berada di Jalan Letjend Suprapto 107/55, Kediri. Lokasinya berada nggak jauh dari Stadion Brawijaya kediri atau bisa lihat di Google Maps disini. Jadi cukup gampang ditemukan deh.

3. Tahu Takwa

Dikenal dengan sebutan Kota Tahu, tentunya anda bisa menjumpai banyak tahu di Kediri. Salah satu yang terkenal yaitu Tahu Takwa atau juga dikenal dengan tahu kuning. Rasanya gurih. Teksturnya halus dan empuk. Cocok untuk oleh-oleh Anda.

Jika anda tertarik untuk mencoba rasa tahunya, bisa menuju ke jalan Trunojoyo atau ke toko pusat oleh-oleh (POO) di Jalan Yos Sudarso, Kediri.

4. Stik Tahu Kediri

Kuliner ini merupakan inovasi olahan tahu yang ada di Kediri. Produksinya pun masih dengan cara tradisional. Dengan bahan utama tahu yang ditambah dengan berbagai rempah-rempah sebagai bumbu, menjadikan stik tahu Kediri ini gurih dan renyah ketika di gigit.

Sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Wisatawan bisa mendapatkan stik tahu ini di Jl. Patimura atau Jl. Yos Sudarso.

5. Gethuk Pisang Kediri

Makanan khas Kediri yang satu ini bisa menjadi buah tangan untuk keluarga bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kediri. Untuk membeli panganan khas ini sangat mudah sekali, kamu bisa temukan penjual gethuk pisang di sepanjang Jl. Dhoho.

Terbuat dari olahan pisang yang rasanya manis, sedikit asam, dan juga legit yang membuat kita ingin makan lagi dan lagi. Gethuk pisang ini rupanya seperti lontong, karena dibungkus dengan daun pisang. Unik dan lezat.

6. Nasi Pecel Tumpang Pudakit

Kuliner ini menjadi primadona masyarakat Kediri. Buktinya, kuliner ini bisa ditemukan hampir di semua warung yang ada di Kediri. Dan salah satu rumah makan yang direkomendasikan adalah di Nasi Pecel Pudakit di jalan Dhoho, Kediri.

Sebenarnya pecel ini sama saja dengan nasi pecel dari daerah lain. Yang membuat beda adalah sambal tumpangnya yang berbahan fermentasi tempe. Jadi cita rasanya khas dan lezat. Anda dapat menikmatinya dengan rempeyek dan juga pendamping lainnya seperti telur, ayam, jeroan, dan lain-lainnya.

7. Sate Siboen

Nama Siboen diambil dari pendirinya adalah Pak Siboen, yang terletak di Jalan Panglima Sudirman 134, Kota Kediri. Sejarah panjang tentang Sate Siboen yang dirintis sejak tahun 1939 inilah yang menjadikan sate khas Ponorogo ini cukup terkenal di Kediri.

Sate ayamnya terasa empuk tidak alot. Padahal yang digunakan adalah ayam kampung yang cenderung alot. Namun, ayamnya dibakar secara tepat tidak banyak bagian yang gosong. Dicampur dengan bumbu kacang, kecap, sambel dan irisan bawang merah menambah kepuasan rasa saat memakannya.

Anda dapat menyambangi warung sate ini di Jalan Jalan Panglima Sudirman 134 Kota Kediri.

8. Sate Emprit

Selanjutnya, ada sate dari burung kecil. Atau, biasa disebut burung emprit. Biasanya sate bahan dasarnya terbuat dari kambing atau ayam berbeda dengan sate yang satu ini.

Pasti banyak yang berfikir mengapa menggunakan bahan dasar burung ini. Salah satu penggagas kuliner ini Pak Darmianto. Ia melihat burung emprit sering dianggap hama oleh para petani, karena sering memakan padi yang baru berisi.

Dengan inisiatifnya, Pak Darmianto akhirnya membuka warung sate emprit ini. Sate emprit ini terletak di Jl. Wahidin Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

9. Sate Bekicot

Jika di Negara Prancis ada makanan yang bernama escargot, di Kediri ada sate bekicot. Bahan dasarnya sama-sama terbuat dari hewan bekicot. Bagi sebagian orang, kuliner ini mungkin terdengar ekstrim.

Akan tetapi daging bekicot tidaklah amis dan rasanya pun juga tak kalah enak dari sate-sate yang lain. Sate 02 sebutan bagi sate bekicot ini, makanan ini berpusat di Desa Djengkol Kecamatan Plosokaten Kabupaten Kediri. Lebih tepatnya sebelah tenggara kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

Bukan hanya sate saja di daerah tersebut banyak menyediakan makanan olahan bekicot seperti tongseng, kripik, krengsengan, serta masih banyak lagi olahan yang lain dan semua dengan bahan dasar bekicot.

10. Depot Wilis Kediri

Depot Wilis yang berada di Jalan Panglima Sudirman Nomor 41 Kota Kediri. Tempat ini menyediakan menu-menu masakan Jawa dengan rasa rumahan yang enak dan tidak membosankan. Menu makanan yang tersedia diantaranya adalah rawon, soto, sop buntut, nasi campur, nasi rendang, nasi bali dan masih banyak lagi.

Masakan rumahan di Depot Wilis Kota Kediri tidak akan mengecewakan lidah. Selain makanannya yang enak, tempat ini memberikan pelayanan yang cepat serta tempat yang bersih. Memang bangunan depot ini terbilang kuno tetapi kualitasnya tetap terjaga hingga kini.

You may also like

Leave a Comment