Home Nusantara Kampung Pelangi Semarang, Menggoda & Aman

Kampung Pelangi Semarang, Menggoda & Aman

written by Admin September 28, 2020
Kampung Pelangi Semarang, Menggoda & Aman

Kawasan Gunung Brintik, di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan sempat viral dan menjadi bahan pembicaraan di kalangan travelers domestik dan mancanegara. Kawasan ini kemudian lebih dikenal travelers dengan sebutan Kampung Pelangi Semarang.

Kampung Pelangi pun tak butuh waktu lama jadi salah satu potensi terbesar pariwisata di Kota Semarang, penyebabnya adalah karena Kampung Pelangi ini mampu tampil beda sebagai destinasi wisata di tengah dominasi wisata alam, seni dan budaya yang sangat kental di Semarang bahkan Jawa Tengah.

Kampung Pelangi ini seakan mampu memberi jawaban atas kebutuhan destinasi wisata yang menarik, unik, atraktif dan juga menyasar generasi milenial yang jumlahnya sangat besar.

Dijelaskan oleh Ndan Slawi selaku Konseptor keberadaan Kampung Pelangi Semarang ini bahwa, “Awal mula keberadaan Kampung Pelangi ini, adalah karena kebetulan saya berasal dari Yogyakarta, dan saya terinspirasi mengembangkan Kampung seperti kesuksesan pengembangan Kampung Warna-Warni di Malang dan Kampung Code di Yogyakarta. Awalnya saya bawa konsep Kampung Warna-Warni ke Pemerintah Daerah dan ternyata diapresiasi serta mendapatkan dukungan dan diusulkan untuk dinamai Kampung Pelangi agar memiliki ciri khas.”

Diungkapkan juga oleh Ndan Slawi bahwa, “Sampai bisa seperti sekarang ini, ada banyak pihak yang terlibat langsung dalam proses ‘mewarnai’ Kampoeng Pelangi ini, selain tentu saja Pemerintah Daerah yang membantu lewat APBD, ada pihak swasta yang memberikan bantuan lewat gerakan Corporate Social Responsibility (CSR) serta para wisatawan dan mahasiswa yang turun tangan langsung mengukir karya menariknya di tembok-tembok rumah warga.”

Kemudian, dipaparkan oleh Ndan Slawi bahwa pada tahun 2021 mendatang akan ada pengembangan penting yang siap dilakukan di Kampung Pelangi Semarang ini yaitu Tangga 999. Sesuai namanya akan ada sejumlah 999 anak tangga yang akan dikreasikan dengan menarik, unik namun tetap aman yang akan menghubungkan wilayah paling bawah kampung menuju wilayah teratas kampung ini.

Berdasarkan pantauan langsung TravelmakerID, sejumlah protokol kesehatan tampak sudah mulai dilaksanakan di Kampung Pelangi Semarang ini, hal ini tampak dari keberadaan banyak masyarakat yang telah memiliki kesadaran akan pentingnya memakai masker dan beberapa rumah warga juga tampak menyediakan sarana air bersih untuk cuci tangan wisatawan. Menarik!

Selain konsepnya yang menarik dan cukup menggoda untuk dikunjungi, selama masa Adaptasi Kebiasaan Baru inipun travelers tak perlu khawatir berlebihan mengunjungi destinasi Kampung Pelangi Semarang ini karena ternyata juga cukup aman dan menerapkan protokol kesehatan yang baik.

You may also like

Leave a Comment