Home Lifestyle Inilah 5 Rekomendasi Aktivitas Seru Saat Berlibur di Distrik Keren Tiong Bahru

Inilah 5 Rekomendasi Aktivitas Seru Saat Berlibur di Distrik Keren Tiong Bahru

written by Admin February 4, 2022
Inilah 5 Rekomendasi Aktivitas Seru Saat Berlibur di Distrik Keren Tiong Bahru

Tempat wisata hipster (keren) yang terkenal di kalangan warga lokal, bisa menjadi pilihan saat berwisata khususnya saat masa pandemi. Banyak orang cenderung mencari tempat yang lebih sepi dan belum terkenal di kalangan turis. Distrik hipster di Singapura yang bernama Tiong Bahru, dapat menjadi destinasi wisata menarik untuk liburan travelers selanjutnya di Singapura untuk pengalaman baru dan merasakan kehidupan ala warga lokal.

Tiong Bahru adalah salah satu daerah perumahan tertua di Singapura. Nama ‘Tiong‘ diambil dari bahasa Hokkian yang artinya ‘Pemakaman’, dan ‘Bahru‘ dari bahasa Melayu yang berarti baru. Perumahan Tiong Bahru dibangun pada 1930-an, saat itu banyak bermunculan apartemen mewah.

Sampai saat ini, travelers masih bisa melihat apartemen tersebut yang memiliki desain art deco, sekaligus menjadi daya tarik dan ciri khas dari Tiong Bahru.

Beberapa tahun belakangan, Tiong Bahru mengalami transformasi menjadi distrik gaya hidup yang keren. Banyak kafe, toko buku, dan butik fesyen independen di sini. Oleh karena itu, distrik ini sering menjadi tempat berkumpul seniman, pekerja kreatif, dan pencinta budaya di Singapura.

Selain itu, di Tiong Bahru juga terdapat penginapan dan kawasan kuliner yang tak kalah keren. Travelers bisa berlibur di Singapura dan menjadikan Tiong Bahru tempat beristirahat sejenak karena atmosfer di sini yang santai.

Lokasi Tiong Bahru juga sangat strategis, berada di antara Central Business District dan Orchard Road yang memungkinkan travelers menjelajah distrik lain dengan lebih mudah.

Selengkapnya, lima aktivitas seru yang dapat travelers lakukan di Tiong Bahru Singapura yang belum banyak diketahui wisatawan. Simpan dulu daftar ini untuk kunjungan selanjutnya yang penuh petualangan baru dan tidak terbayangkan sebelumnya di Singapura.

  • Staycation di Tiong Bahru

Suasana di Tiong Bahru terasa santai dan cocok untuk staycation. Pilihan hotel di distrik ini juga beragam, Anda bisa merasakan desain kontemporer bertemu dengan modern di penginapan yang ada di Tiong Bahru, seperti rekomendasi berikut ini.

The Nostalgia

Butik hotel ini memiliki desain ala kolonial yang berada di lokasi strategis. Keunikan hotel ini memiliki kolam renang luar ruang yang menghadap langsung ke kawasan Tiong Bahru, sehingga cocok bagi Anda untuk bersantai.

Setiap kamar di The Nostalgia juga dilengkapi dekorasi bertema sejarah Tiong Bahru.

Alamat: 77 Tiong Bahru Road, Singapura 168727 Telepon: +65 6808 1818

Email: reservation@hotelnostalgia.com.sg

Website: https://www.hotelnostalgia.com.sg/

D’Hotel Singapore

D’Hotel menawarkan 41 kamar berperabotan dengan karya seni bunga dan alam. Hotel ini juga memiliki pusat kebugaran dan bar di puncak gedung yang menawarkan pemandangan kota yang indah.

Alamat: 231 Outram Road, Singapura 169040

Telepon: +65 6595 1388

Website: https://www.discoverasr.com/

Hotel 81 Osaka

Hotel 81 Osaka menempati pertokoan Tiong Bahru dengan lokasi yang strategis. Lokasi hotel berada dekat di Tiong Bahru Plaza dan Tiong Bahru Food Centre. Hotel bintang tiga ini terkenal akan harganya yang relatif terjangkau di kalangan wisatawan.

Alamat: 1 Eng Hoon Street, Singapura 169753 Telepon: +65 6258 8181

Email: os-res@hotel81.com.sg

  • Wisata kuliner ternama

Wisata kuliner jadi salah satu agenda wajib di Tiong Bahru, karena di sini Anda akan menemukan tempat makan legendaris, diakui oleh penghargaan kuliner dunia, Michelin, dan kafe hipster yang terkenal di kalangan warga lokal.

Tiong Bahru Market

Tiong Bahru Market adalah salah satu pusat jajanan kuliner (hawker) terbaik di Singapura, karena di sini terdapat banyak makanan terkenal, salah satunya gerai nasi ayam yang diakui Michelin yakni Bib Gourmand Tiong Bahru Hainanese Boneless Chicken Rice.

Selain itu pusat jajanan kuliner ini juga terkenal akan chwee kueh (kue lobak) ternama Jian Bo Shui Kueh dan Min Nan Prawn Noodles.

Tiong Bahru Bakery

Tiong Bahru Bakery begitu terkenal di kalangan warga lokal Singapura, sampai membuka banyak cabang di Singapura. Croissant di Tiong Bahru Bakery disebut sebagai croissant terbaik di Singapura.

Anda bisa menemukan croissant dan pastry lain dalam berbagai rasa, termasuk sandwich dan burger yang mengenyangkan untuk makan siang.

Tiong Bahru Galicier Pastry

Apabila Anda lebih suka kue tradisional, cobalah berkunjung ke Tiong Bahru Galicier Pastry. Toko kue legendaris ini menyajikan aneka kue peranakan tradisional (nyonya kueh) yang lezat seperti ongol-ongol, putu ayu, aneka pie, dan kue bolu.

Siap-siap lapar mata saat berkunjung ke toko kue ini karena banyaknya jenis kue yang tampak menggoda.

  • Belanja di toko indie

Toko indie adalah salah satu daya tarik dari Tiong Bahru, karena Anda bisa menemukan berbagai merek independen yang menjual barang-barang unik tidak ada di tempat lain.

Nana & Bird

Anda bisa menemukan pakaian rancangan desainer lokal dan internasional dengan model yang tidak pasaran. Selain itu Anda juga bisa menemukan aksesoris dan wewangian di butik ini.

First Stitch

First Stitch merupakan butik pakaian yang awalnya membuka kios di depan Tiong Bahru Market pada 1980-an. Seiring waktu, First Stitch berkembang menjadi butik modern yang menawarkan pakaian siap pakai tetapi tetap dijual dengan harga terjangkau.

Ciri khas butik ini adalah menjual pakaian yang dibuat dengan bahan yang nyaman dengan iklim Singapura serta model pakaian yang cocok untuk semua bentuk tubuh.

Woods in the Books

Bagi orang yang hobi membaca buku, berkunjung ke toko buku adalah aktivitas yang menyenangkan. Namun, toko buku di Tiong Bahru menawarkan pengalaman lebih dengan menjual berbagai akesoris berbentuk lucu dan antik, termasuk mainan.

Toko buku rekomendasi di Tiong Bahru bernama Woods in the Books, toko buku indie yang menjadi tempat berkumpul anak hipster Singapura.

  • Berfoto di mural dan gedung Tiong Bahru yang unik

Sebagai daerah perumahan pertama di Singapura, Tiong Bahru menjadi rumah bagi apartemen, pertokoan, dan rumah-rumah berdesain unik yang ‘that is obviously good for your social media feed‘. Tiong Bahru adalah satu-satunya daerah perumahan yang tidak dibangun pemerintah Singapura (Houseing Development Board) sehingga membuat desain rumah di sini benar- benar istimewa.

Anda dapat menemukan perumahan dengan desain art deco yang tidak memiliki sudut lancip dan memiliki tangga spiral. Gedung-gedung ini sangat menarik untuk diabadikan dalam foto, terutama bagi Anda yang tertarik dengan desain arsitektur.

Lanjutkan perjalanan Anda dengan berfoto di mural buatan seniman Singapura ternama Yip Yew Chong. Tiong Bahru kebetulan adalah taman bermain Yip semasa kecil dan banyak keluarga besarnya di sana, sehingga membuat tiga mural untuk mengenang masa kecilnya. Yip melukis tiga mural di Tiong Bahru dengan judul ‘Bird Singing Corner’, ‘Pasar and Fortune Teller’, dan ‘Home’.

Mural ‘Bird Singing Corner’ menceritakan masa lalu Tiong Bahru yang merupakan tempat para uncle (laki-laki paruh baya) berkumpul dan menggantung sangkar burung perliharaan mereka sambil berbincang. Mural ini dapat ditemui di Seng Poh Lane Block 71.

‘Pasar and Fortune Teller’ membuat gambar suasana pasar tradisional Ting Bahru di zaman dulu dan peramal peranakan yang dahulu mudah ditemui di Singapura. Mural ini berlokasi di Eng Watt Street Block 73.

Mural ketiga Yip berjudul ‘Home‘ menggambarkan suasana rumah-rumah tradisional di Tiong Bahru yang menjadi kenangan tersendiri bagi Yip di masa kecil. Lokasi mural di Tiong Poh Road/Eu Chin Street Block 74.

  • Mengunjungi situs bersejarah

Ada kelenteng di Tiong Bahru yang berumur hampir satu abad beranama Qi Tian Kong. Anda bisa melihat termpat peribadatan umat Tao yang dengan warna-warni yang semarak. Kelenteng ini mendedikasikan dewa kera Sun Wo Kong yang terkenal akan kisah perjalanan mencari kitab suci ke Barat.

Selain kelenteng Qi Tian Kong juga ada situs bersejarah di Tiong Bahru yaitu Air Raid Shelter, sebuah bungker dari zaman perang yang dibangun pada tahun 1939. Bungker ini memiliku luas 1.500 meter persegi dan belum mengalami perubahan. Saat ini bungker tidak dibuka untuk umum, tetapi terdapat penjelasan mengenai situs ini yang bisa dibaca.

Tiong Bahru bisa menjadi tempat liburan seru di Singapura untuk merasakan atmosfer santai dan pengalaman baru yang keren. Anda akan dapat mengunjungi Tiong Bahru saat pembatasan perjalanan dibuka.

You may also like

Leave a Comment