Home Lifestyle Gubernur DKI Jakarta Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Ancol

Gubernur DKI Jakarta Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Ancol

written by Admin November 10, 2019
Gubernur DKI Jakarta Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Ancol

Ancol Taman Impian kembali mempersembahkan sebuah pagelaran seni tradisional Indonesia yaitu Pagelaran Wayang Kulit pada hari Sabtu (9/11) di Pasar Seni Ancol. Pertunjukkan kali ini diisi oleh dalang legendaris Ki Manteb Soedharsono yang membawakan lakon ‘Becik Ketitik Ala Ketara’.

Dalam kata sambutannya Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Sahali menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta yang menyempatkan waktunya hadir bersama masyarakat pengunjung menyaksikan gelaran wayang kulit.

Diselenggarakan dalam rangka hari Wayang yang telah ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia, nantinya juga akan dibuat rutin dan terjadwal dikaitkan dengan perayaan dan hari besar Nasional.

Menanggapi sambutan Direktur Utama Ancol, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam sambutannya merasa bersyukur bahwa Ancol kembali menjadi tempat di mana pagelaran wayang termasuk pagelaran wayang kulit bisa diselenggarakan lagi.

“InsyaAllah nanti ini rutin. Jadi seperti disampaikan Pak Dirut (Ancol) tadi, InsyaAllah bulan Maret lagi ya bersamaan dengan Isra Mi’raj akan ada pagelaran wayang lagi di Ancol ini,” ujar Anies Baswedan

Anies juga berharap nanti bisa lebih diluaskan jangkauannya. Apalagi 3 hari yang lalu baru saja memperingati hari Wayang nasional.

“Ini menjadi pengingat bahwa tradisi pewayangan bukan saja harus dirawat tapi harus dikembangkan. Karena di sini bukan saja tontonan, tapi ada tuntunan, dan InsyaAllah bisa membentuk tatanan. Harapannya akan bisa mendorong pemanfaatan wayang lebih dari sekedar hiburan tapi membantu membentuk tatanan,” imbuh Gubernur Anies.

Dalam akhir sambutannya, Anies menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ki Manteb Sudarsono, jajaran Manajemen Taman Impian Jaya Ancol dan semua pihak yang terlibat di dalam penyelenggaraan ini. Juga Pepadi yang selama ini menjaga semangat kegiatan pewayangan di Jakarta.

“InsyaAllah pagelaran wayang kulit malam ini berjalan lancar sehingga tuntas dan menjadi pelajaran serta hikmah bagi kita semua,” ungkapnya.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini dimulai pada pukul 19.00 WIB di Panggung Utama Pasar Seni. Diawali dengan penampilan dari dalang cilik Barata dan dilanjutkan oleh Ki Manteb Sudharsono dengan lakon Becik Ketitik Ala Ketara.

You may also like

Leave a Comment