Peranan dan perkembangan tas punggung, atau yang lebih dikenal dengan istilah backpack menjadi semakin penting terutama di kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja muda profesional, dan travelers. Mobilitas individu yang tinggi bertambahnya fitur dan utilitas, menjadikan backpack sebagai pilihan yang tepat untuk membawa berbagai jenis barang yang dibutuhkan.
Peluang ini dimanfaatkan oleh Skybags sebagai brand tas dan koper terbesar di India, yang berada dibawah naungan VIP Industries Ltd. untuk mendistribusikan produknya di Indonesia melalui PT Klasik Distribusi Indonesia. Target pasar utama dari Skybags adalah anak-anak muda dan generasi milenial yang penuh dengan ekspresi, aktif, energik, penuh dengan aktivitas, serta ingin memiliki personal style statement kemanapun dan dimanapun mereka berada. Skybags hadir dengan produk backpack dan koper yang mengusung tagline ‘Move In Style’, yang dituangkan dalam bentuk desain tas yang unik, colorful, stylish, dan atraktif. Skybags juga merupakan pelopor dan brand India pertama yang memproduksi dan mencetak design print pada koper berbahan Polycarbonate.
Beberapa produk backpack juga dilengkapi dengan dedicated rain cover, sehingga para pengguna Skybags tidak perlu khawatir dengan cuaca yang tidak menentu. Tidak hanya fungsi tas yang beragam, model dan warna yang unik dari Skybags backpack membuat penggunanya tampil stylish. Produk Skybags memiliki tiga kategori utama dengan target yang berbeda yaitu pelajar / mahasiswa (School / College Category), pekerja muda profesional (Professional Category), hingga traveler (Weekender Category), yang mengakomodir pengguna berusia 15 tahun hingga 30 tahun.
Beberapa fitur unggulan dari backpack Skybags adalah berat yang ringan namun sangat kuat karena menggunakan material Polyester dan Nylon berkualitas. Semua tas juga memiliki bantalan busa dan jahitan ganda pada tali punggung (built-to-last straps) untuk menahan beban maksimum dalam kondisi sekeras apapun, serta dilengkapi dengan Air Mesh yang membuat sirkulasi udara yang baik antara punggung dan tas. Seakan belum cukup, Skybags juga memberikan 12 bulan garansi internasional untuk semua jenis tas ranselnya. Pada kategori Professional dan Weekender, terdapat teknologi Tri-Tech, yaitu 17” Laptop+Tablet Compatible, Aer-Zone Back Comfort, dan Overnighter Space.
Pada Skybags Launch Event yang diadakan pada 30 April 2019 di Bounce Street Asia – Trampoline Park, Kelapa Gading, PT Klasik Distribusi Indonesia bekerjasama dengan Saaih Halilintar sebagai salah satu ikon anak muda berpengaruh yang sangat aktif dan energik, sesuai dengan karakteristik dari brand Skybags. Saat ini produk-produk Skybags sudah dapat dijumpai pada berbagai department store dan toko buku yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Gramedia SOGO, dan Centro. Kedepannya, Skybags menargetkan untuk membuka 100 counter di berbagai kota di Indonesia sehingga semakin mudah untuk dijangkau oleh seluruh masyarakat di Indonesia.
Amiya Prakash selaku International Business Head, VIP Industries mengatakan, “VIP Industries telah menjadi pemimpin pasar yang dominan di India sejak pertama kali berdiri dan merupakan salah satu pemain tas dan koper terbesar di Asia. Saat ini kami sedang berusaha untuk mengembangkan industry ini di panggung Global. Kami bersemangat untuk masuk ke Indonesia karena dalam beberapa aspek, pasar di Indonesia mirip dengan India. Indonesia adalah negara yang sangat beragam secara etnis dengan banyaknya populasi muda. Skybags adalah merek yang disukai oleh kaum muda, dan menjadi merek No. 1 di India, serta telah menjadi pelopor dalam kategori ransel khususnya. Kami yakin bahwa pengalaman kami dalam penjualan di India ditambah dengan mitra distribusi kami yang cakap akan membantu memberikan dampak instan di pasar Indonesia.”
Ditambahkan Amiya Prakash, bahwa hadirnya Skybags ke pasaran adalah untuk mendobrak kebiasaan produsen membuat tas yang tidak memiliki kualitas jahitan terbaik dan juga design yang futuristik.
“Saya sangat bangga, Skybags memiliki kualitas bahan dan jahitan yang terbaik sehingga kita ingin agar para pengguna tas buatan Skybags bisa menggunakannya untuk waktu yang lama. Jadi tidak ada pelanggan yang merasa tertipu dengan kualitas tas yang kami produksi. Pasar di India sudah menjadi bukti keberhasilan kami, semoga pasar di Indonesia juga akan segera membuktikan keseriusan kami memberikan tas berkualitas,” tambah Amiya kepada Travelmaker.ID.

Sementara itu, Noviana Wijaya selaku Brand Manager Skybags Indonesia menyatakan bahwa Skybags akan siap memnuhi kebutuhan para pelajar, profesional dan travelers Indonesia dengan tas berkualitas dan jahitan yang kuat serta ringan serta praktis.
“Kebutuhan para pelajar, pekerja professional akan tas dengan kapasitas yang besar dengan bobot yang ringan, kuat, serta praktis menjadikan Skybags sebagai pilihan produk backpack yang sangat unggul. Ditambah maraknya kegiatan wisata yang digemari oleh penduduk Indonesia saat ini, membuat Skybags seri Weekender sebagai salah satu produk yang kami yakini dapat memenuhi kebutuhan akan tas traveling yang ringkas dan fungsional, terlebih untuk menghadapi medan ekstrim dan beragam di lokasi wisata Indonesia.” ungkap.
PT Klasik Distribusi Indonesia merupakan pemegang lisensi tunggal brand Skybags di Indonesia. PT Klasik Distribusi Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang impor dan distribusi, yang beroperasi sejak tahun 2013. Fokus kategori industri PT Klasik Distribusi Indonesia adalah distribusi, consumer goods, dan personal care. Saat ini, PT Klasik Distribusi Indonesia berada di bawah perusahaan KNS Group, yang merupakan perusahaan global, yang bidang usahanya mencakup Perbankan & Keuangan, Properti & Real Estat, Hiburan, Perhotelan, Perdagangan & Distribusi, Penambangan, dan Manufaktur.