Home Blog Butuh Destinasi Wisata Baru di Tahun yang Baru? Jawabannya: Hainan!

Butuh Destinasi Wisata Baru di Tahun yang Baru? Jawabannya: Hainan!

written by Admin January 7, 2019
Butuh Destinasi Wisata Baru di Tahun yang Baru? Jawabannya: Hainan!

Nama Hainan belakangan ini mulai jadi buah bibir di kalangan travelers Indonesia. Wajar saja, apalagi kalau kita lihat promosi gencar yang melibatkan Hainan sebagai destinasi wisata belakangan ini di beberapa kota-kota besar di Indonesia. Kondisi inipun akhirnya semakin melambungkan nama Hainan sekaligus menyentil rasa penasaran kita sebagai penikmat traveling.

Walaupun baru-baru saja booming di Indonesia, sebenarnya Hainan ini sudah ditetapkan pemerintah China sebagai Pulau Pariwisata Internasional sejak tahun 2008 lalu lho. Dan memang sejak ditetapkan itulah, Hainan berbenah serius untuk menjadi ‘Hawaii-nya China’ bahkan ada beberapa yang menyebutnya sebagai ‘Bali-nya China’ dan tampaknya usaha itupun mulai membuahkan hasil yang positif sekarang ini.

Khusus tahun 2018 lalu, nama Hainan benar-benar menjadi primadona, di hampir banyak promosi digital Travel Agency di Indonesia seperti H.I.S Travel contohnya yang tak henti terus menjual pesona keindahan pulau Hainan sebagai destinasi alternatif termurah dalam paket tour China, belum lagi kalau melihat promosi di tiap acara Travel Fair, mutlak nama provinsi paling selatan Republik Rakyat Tiongkok ini selalu jadi ‘headline‘-nya.

Mungkin ya itu tadi alasannya, rasa penasaran travelers Indonesia karena Hainan bukanlah destinasi yang populer di China bagi travelers Indonesia, belum lagi adanya kebijakan pembebasan visa oleh pemerintah China terhadap travelers Indonesia sejak bulan Mei 2018 lalu, dan ditambah lagi tawaran harga yang sangat murah, membuat banyak travelers Indonesia pun tanpa pikir panjang langsung setuju mem-booking perjalanan mereka ke provinsi yang beribukota Haikou ini.

Bayangkan saja, informasi terbaru terkait Hainan Tour yang saya berhasil intip di website resminya, H.I.S. Travel memasang tarif mulai Rp4 jutaan untuk group tour selama 6 hari 4 malam (info paket tour #HotHainan selengkapnya bisa klik di sini).

Tentunya penawaran paket tour ke Hainan ini sangatlah menggoda naluri traveling kita kan?!

Apakah Anda travelers sudah mulai tertarik dengan Hainan? Lalu muncul deh pertanyaan apa saja sih yang sebenarnya ditawarkan Hainan?

Tenang, karena lewat tulisan ini saya akan coba memberikan referensi destinasi terbaik yang bisa Anda kunjungi di Hainan.

  • Pantai Yalong Bay dan Yalong Bay Tropical Paradise Forest Park

Sebagai pulau yang menjuluki dirinya ‘Hawaii-nya China’ tentu saja Hainan memiliki potensi wisata pantai yang memukau, salah satu destinasi wisata pantai yang paling terkenal di Hainan adalah pantai Yalong Bay. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Hainan jika tak menginjakkan kaki Anda di hangatnya pasir pantai Yalong Bay.

Dan yang menjadi daya tarik lainnya dari Yalong Bay ini adalah keberadaan hutan tropis  bernama Yalong Bay Tropical Paradise Forest Park. Sebagaimana layaknya sebuah hutan tropis, di Yalong Bay Tropical Paradise Forest Park ini terdapat pepohonan rimbun, sungai jernih yang mengalir dan bahkan sebuah jembatan gantung yang siap menguji adrenalin sekaligus memberikan pemandangan sensasional ke lepas pantai Yalong Bay.

Jembatan Gantung di Yalong Bay Tropical Paradise Forest Park yang Siap Uji Nyali Sekaligus Hadirkan Pemandangan Istimewa

  • Tianya Haijiao (‘the Edge of Heaven’ atau ‘Perbatasan Surga’)

Setelah Yalong Bay, satu lagi destinasi wisata pantai yang tak dapat dilewatkan di Hainan, yaitu Tianya Haijiao atau Perbatasan Surga, letaknya di kota Sanya dan sesuai namanya lokasi bibir pantainya yang berpasir dan berbatu-batu ini memang selalu berhasil memukau setiap travelers mancanegara yang berkunjung.

Lokasi inipun bisa dibilang salah satu bibir pantai paling instagramble di Hainan.

Tianya Haijiao, Salah Satu Pantai Paling Instagramable di Hainan

  • Nanshan Temple atau Kuil Nanshan (Patung Raksasa Dewi Guan Yin)

Sebagai bagian dari Negeri Tirai Bambu, China, tentu saja di Hainan, travelers akan menemui keberadaan kuil-kuil megah, salah satu yang paling menarik dan ikonik di Hainan adalah Kuil Nanshan yang terletak di Nanshan Buddhist Culture Tourism Zone, sekitar 40 km barat daya pusat kota Sanya.

Kuil Nanshan ini terbagi menjadi 2 bagian, bagian pertama adalah kuilnya sendiri yang menjadi pusat peribadatan masyarakat dan para penganut agama Buddha. Sementara bagian kedua adalah sebuah jalanan menuju patung besar Dewi Guan Yin yang berdiri kokoh setinggi 108 meter di atas Laut Cina Selatan.

Mumpung sudah berada di Kuil Nanshan ini, jangan lewatkan kesempatan melihat Patung Giok Emas Kwan-Yin, sebuah monumen suci berlapiskan berlian dan permata. Travelers bisa juga ke Sea Watch Terrace, sebuah teras cantik yang menghadap ke lautan dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari salah satu sisi patung raksasa Dewi Guan Yin.

Kuil Nanshan yang Merupakan Rumah Ibadah Sekaligus Destinasi Wisata Favorit Wisatawan

  • Luhuitou Park atau Taman Luhuitou

China selama ini dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sejarah cukup panjang, dan masyarakat China sejak dahulu kala selalu senang membagikan kisah-kisah inspiratif sebagai pengingat bagi generasi selanjutnya. Salah satu kisah yang cukup populer di Hainan yaitu cerita percintaan seorang pemburu muda yang sedang memburu seekor rusa mulai dari Gunung Wuzhi hingga pantai bertepian jurang di Laut Cina Selatan. Saat si pemburu sedang akan melepas anak panahnya, sebuah cahaya terang muncul dan rusa tersebut berubah menjadi seorang gadis. Kisah tersebut berlanjut dengan sang pemburu dan si gadis rusa jatuh cinta pada pandangan pertama.

Dan cerita tersebut dilambangkan dengan adanya sebuah patung ikonik di atas sebuah bukit tepatnya di Taman Luhuitou. Bukit yang romantis serta patung ini menyimbolkan sebuah cinta sejati sehingga banyak pasangan muda mengunjungi bukit ini untuk menyatakan perasaan mereka. Taman Luhuitou ini berjarak sekitar 4 km di barat daya pusat kota Sanya.

Travelers tertarik memanfaatkan momen di sini untuk melamar kekasih Anda?

Patung Simbol Kisah Cinta yang Populer di Kalangan Muda-Mudi yang Terdapat di Luhuitou Park

  • Wenbi Peak atau Puncak Wenbi

Puncak Wenbi ini terletak di bagian tengah kawasan bernama Ding’an di Hainan. Selain menampilkan pemandangan yang memukau dari ketinggiannya, Puncak Wenbi inipun punya peranan besar dalam sejarah Hainan dan bahkan China. Puncak Wenbi ini biasa juga disebut sebagai Gunung Wenhao. Sementara Wenhao dalam bahasa mandarin kurang lebih berarti orang yang punya bakat khusus dalam menulis.

Dahulu kala, kabarnya ada banyak sekali sarjana kerajaan yang dilahirkan di Puncak Wenbi ini. Salah satunya adalah Wang Honghui yang saat itu pernah menjabat sebagai Menteri Ritual yang sangat disukai oleh Raja Mingsheng dari Dinasti Ming. Wajar bila Puncak Wenbi akhirnya punya tempat tersendiri dalam sejarah besar China, dan keindahannya akan menjadi bagian besar pula dari kekaguman banyak travelers yang singgah ke lokasi ini.

Wenbi Peak di Gunung Wenhao Merupakan Lokasi dengan Pemandangan Paling Mengangumkan di Hainan

  • Qilou Old Street & Movie Town

Bicara Hainan, tidak selalu tentang pemandangan alamnya yang menakjubkan, akan tetapi pusat kota kunonya pun juga sangat istimewa. Salah satu titik kota kuno di Hainan terdapat di Qilou Old Street, Haikou yang menampilkan bangunan kuno dengan arsitektur gabungan Eropa kuno dengan Asia. Sepanjang jalanan tua Qilou ini travelers akan menemukan banyak sekali penjual Pie Durian yang lezat sekali. So, jangan sampai tidak ke Qilou Old Street ya.

Biasanya, setelah puas mengarungi Qilou Old Street yang instagramble, bisa langsung bergeser ke Movie Town untuk kembali berfoto-foto di beberapa spot menariknya. Nah, di Movie Town ini ada 2 pintu masuknya yaitu di 1942 street dan Nanyang street. Kalau travelers memilih masuk dari 1942 street, tempatnya  seperti lokasi setting film dengan rumah-rumah kuno yang terbuat dari kayu, disini juga bisa ditemui sebuah studio untuk bisa berfoto dengan Chiang Kai Shek lho.

Sementara itu, kalau masuknya dari Nanyang Street, tempatnya juga seperti setting film tetapi dengan bangunan yang lebih modern dan di sini travelers akan berkesempatan berfoto studio bersama Mei Ni (gadis cantik) berbaju Shanghai lho.

Qilou Old Street Hadirkan Bangunan Kuno dengan Arsitektur Eropa Bercampur dengan Asia

  • Kuliner

Saat berada di Hainan, semaksimal mungkin sempatkanlah diri anda menikmati berbagai kuliner lezat khas provinsi ini, ada beberapa kuliner yang harus Anda cari saat berada di Hainan, seperti Ayam Wenchang, Kambing Dongshan, Kepiting Hele, Rice Noodle (Mie Beras) dan Dabianlu (Seafood Plate khas Hainan).

Satu hal yang pasti travelers, semua makanan-makanan ini sangat lezat sekali dan harganya sangat terjangkau.

Ayam Wenchang yang Lezat dan Gurih

Itulah beberapa panduan menikmati Hainan secara maksimal dan percayalah, masih ada banyak lagi hal menarik lainnya yang bisa Anda alami di Hainan. Dan akan terasa lebih puas jika anda menikmati langsung pengalaman berwisata ke kawasan yang berbatasan langsung dengan Vietnam ini. Mumpung tahun 2019 baru saja dimulai, Anda jadi masih bisa merencanakan perjalanan ke Hainan bersama teman atau pasangan bahkan keluarga.

Langsung saja hubungi H.I.S Travel untuk mendapatkan harga terbaik berwisata ke Hainan tentunya dengan kualitas perjalanan serta pengalaman liburan ke Hainan yang terbaik pula.

Promo Liburan ke Hainan Bersama H.I.S. Travel

 

 

 

 

 

 

You may also like

Leave a Comment