Home Lifestyle Karakteristik Wisatawan Tiap Negara Turut Pengaruhi Strategi Promosi Kemenpar

Karakteristik Wisatawan Tiap Negara Turut Pengaruhi Strategi Promosi Kemenpar

written by Admin May 11, 2018
Karakteristik Wisatawan Tiap Negara Turut Pengaruhi Strategi Promosi Kemenpar

Berbagai strategi dan jurus terus dilancarkan oleh Kementrian Pariwisata RI untuk mengaet datangnya wisatawan mancanegara di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengangencar memperkuat promosi di negara-negara potensial wisatawan mancanegara.

Deputi Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya mengupas tuntas strateginya dalam sebuah ajang Coffee Morning bersama Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) di Hotel Raffles Jakarta, pada hari Jum’at (11/5).

Berikut adalah beberapa strategi yang diluncurkan Kemenpar.

“Pertama berpartisipasi dalam berbagai pameran, kedua mengikuti festival, famtrip dan kerjasama terpadu,” ungkap Nia.

Lalu ada promosi wisata minat khusus, yakni MICE, terakhir mendatangkan media mancanegara mengunjungi destinasi-destinasi terbaik di Indonesia  lewat kegiatan famtrip.

“Beberapa negara menyumbang wisatawan mancanegara terbesar bagi Indonesia, yakni China, India, Jepang, Amerika Serikat, dan negara-negara di Eropa seperti Inggris, Prancis, Belanda dan Jerman,” jelas Nia.

“Poinnya khusus ke China itu direct selling, ke kota-kota di pedalamannya. Dari karakternya biasanya wisatawan asal China ini lebih suka naik charter flight dan menariknya sekarang bukan hanya destinasi Bali yang dituju, tapi ada juga Manado dan beberapa destinasi lain” jelasnya.

Sementara itu, karakteristik wisatawan mancanegara asal India juga menarik, karena biasanya mereka selalu menanyakan berbagai pertanyaan yang mendetail terkait suatu destinasi wisata sebelum akhirnya memutuskan akan pergi ke sana.

“Wisatawan Mancanegara asal India menarik, saya melihat langsung, karakteristik mereka yang sangat detail mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan. Umumnya, mereka sangat senang bertanya kepada tim promosi kita atau tim travel agent yang kita bawa ke sana,” jelas Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional III, Raden Sigit Witjaksono.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2017 secara kumulatif mencapai 14,04 juta atau tumbuh sebesar 21,84% dari tahun sebelumnya. Hingga Maret 2018 sudah naik menjadi 1,36 juta atau sebesar 28,76% dibanding periode yang sama.

Selama ini, Kemenpar terus mempromosikan destinasi-destinasi Beyond Bali, yakni 10 destinasi baru dan juga berbagai festival-festival di daerah yang termasuk dalam 100 Calendar of Event Kemenpar.

You may also like

Leave a Comment