Home Nusantara Festival Tanjung Kelayang 2020: Menarik, Aman dan Nyaman

Festival Tanjung Kelayang 2020: Menarik, Aman dan Nyaman

written by Admin November 16, 2020
Festival Tanjung Kelayang 2020: Menarik, Aman dan Nyaman

Event pariwisata tahunan Festival Tanjung Kelayang telah memasuki penyelenggaraannya yang ke-3 pada tahun 2020 ini dan dilangsungkan di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung.

Pembukaan Festival Tanjung Kelayang 2020 ini dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah dengan turut dihadiri juga oleh Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh dan Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Edy Wardoyo.

Rangkaian acara menarik pun menghiasi momen pembukaan Festival Tanjung Kelayang 2020 ini, diantaranya adanya ajang Belitung Beach Run 5k, tarian tradisional dan pelepasan tukik/penyu ke lautan Pantai Tanjung Kelayang.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah selepas acara menjelaskan kepada TravelmakerID bahwa pelaksanaan Festival Tanjung Kelayang 2020 merupakan hasil kerja keras Pemerintah Kabupaten Belitung dalam rangka terus memutar roda pariwisata meskipun masih di tengah pandemi Covid-19.

“Pada hari ini membuktikan bahwa Kabupaten Belitung tetap konsisten di dalam melaksanakan agenda nasional, karena Festival Tanjung Kelayang masuk di dalam agenda nasional kepariwisataan Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Bupati Belitung Sahani Saleh mengungkapkan evalusi terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung menjadi acuan digelarnya Festival Tanjung Kelayang tahun ini. Dari hasil evalusi akhirnya diputuskan Festival tetap digelar dengan memprioritaskan penerapan protokol kesehatan.

“Semenjak Maret 2020 ini, Covid ini, sebagaimana sudah menjadi tugas kita mengevaluasi setelah berjalan tiga bulan. Setelah tiga bulan berjalan dari penanganan penyebaran, penanganan terdampak dari hasil evaluasi kita mampu menyelenggarakan event ini,” ungkapnya.

Tampak Antusiasme Masyarakat Menghadiri Pembukaan Festival Tanjung Kelayang 2020 (Eljohnnews)

Apresiasi Kemenparekraf untuk Festival Tanjung Kelayang

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf, Edy Wardoyo pun mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung dalam mengedepankan protokol kesehatan dalam menggelar festival ini.

“Jadi walaupun di Kabupaten Belitung tingkat jumlah penderita Covid-19-nya sangat rendah tetapi pemerintah Kabupaten Belitung dan masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan, yang harus kita garis bawahi bahwa perhatian terhadap protokol kesehatan adalah prioritas dalam sebuah event seperti ini,” terang Edy.

Festival Tanjung Kelayang 2020 ini dilangsungkan selama 4 hari  dari tanggal 15-19 November 2020. Selamat event berlangsung juga akan ada beragam acara menarik seperti parade pelangi budaya yang diikuti 27 peserta yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2020 mulai pukul 14.00 WIB.

Selain itu, masih ada acara menarik lainnya seperti pertunjukan tari kolosal yang  melibatkan 60 penari dan pemain musik. Tari berjudul Legenda Batu Bedil akan ditampilkan pada malam penutupan Festival Tanjung Kelayang serta beragam lomba pun juga diselenggarakan, seperti lomba vlog dan lomba pidato berbahasa Inggris. Menarik!

You may also like

Leave a Comment