Home Lifestyle Bekali Diri dengan Benda-Benda Ini, Roadtrip Jadi Menyenangkan

Bekali Diri dengan Benda-Benda Ini, Roadtrip Jadi Menyenangkan

written by Admin March 20, 2021
Bekali Diri dengan Benda-Benda Ini, Roadtrip Jadi Menyenangkan

Sejak pandemi menyergap kehidupan dan keseharian masyarakat Indonesia, berbagai adaptasi pun dilakukan, termasuk untuk urusan berwisata. Kini untuk menikmati destinasi wisata #DiIndonesiaAja, salah satunya adalah lewat jalan darat atau yang lebih dikenal dengan istilah road trip.

Harus diakui kondisi infrastuktur yang dibangun oleh pemerintah seperti Jalan Tol Trans Jawa, yang kini sudah mencapai Probolinggo, menjadi solusi untuk semakin memudahkan dan mempersingkat waktu perjalanan.

Untuk menikmati momen road trip, ada baiknya wisatawan membekali diri dengan beragam kebutuhan. Mulai dari kuliner hingga ke berbagai kebutuhan yang bersumber dari sektor ekonomi kreatif, yang kini sedang dimaksimalkan lewat gerakan #BanggaBuatanIndonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun dalam Opus Creative Economy Outlook tahun 2019, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp1.105 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Untuk itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Uno, menghimbau seluruh pihak yang terlibat di sektor ekonomi kreatif, berkolaborasi dalam memanfaatkan kekuatan ekonomi kreatif sehingga tujuan agenda pembangunan berkelanjutan dapat tercapai.

“Semua orang harus memiliki andil dalam membantu menggeliatkan kembali industri ekonomi kreatif di Indonesia bahkan global,” ujar Menparekraf dalam acara ‘International Year of Creative Economy 2021 (IYoCE 2021)‘ yang mengangkat tema ‘Creative Economy for Inclusive Development and Global Recovery‘ akhir Januari 2021 lalu.

So, sebelum berangkat road trip mari kita penuhi kendaraan dengan beragam produk buatan lokal agar perjalanan makin aman, nyaman dan menyenangkan.

Berikut ini beragam kebutuhan yang perlu dipersiapkan sebagai bekal road trip:

  • Obat-obatan dan hygiene kit

Hal apapun yang tidak diinginkan dalam perjalanan dapat terjadi seperti sakit, pusing, mabuk di perjalanan, ataupun terluka. Obat-obatan pribadi dan hygiene kit seperti masker, hand sanitizer dan disinfektan wajib tersedia di dalam kendaraan.

  • Konsumsi

Setiap daerah di Indonesia pasti punya kuliner khas yang mudah ditemui di sepanjang jalan. Tapi hal ini bukan penghambat untuk membawa beragam jenis kuliner dalam kendaraan.

Makanan ringan seperti keripik, buah, bumbu andalan, hingga minuman dalam kemasan buatan lokal adalah menu wajib untuk masuk dalam kendaraan ketika road trip.

  • Pakaian

Untuk urusan fesyen, jelas tidak mau kan kalau tiba di lokasi wisata tapi salah kostum atau stoknya sudah habis?

Nah, itu sebabnya pakaian juga harus diperhitungkan. Jangan sampai udah niat main ke pantai, tapi tidak bawa busana pantai buatan lokal yang kece banget.

  • Perlengkapan makan

Jangan lupakan juga bawa perlengkapan makan buatan lokal seperti piring, gelas, sendok, dan garpu yang bisa digunakan berkali-kali untuk mengurangi sampah plastik.

Kalau semua barang di atas sudah lengkap, road trip pasti akan terasa aman dan nyaman. Selain itu semua, usahakan untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun.

Yuk bersama kita sebarkan energi positif untuk kebangkitan pariwisata Indonesia!

You may also like

Leave a Comment