Home Lifestyle Startup Asal Indonesia Siap Partisipasi pada Program Booking Booster 2019

Startup Asal Indonesia Siap Partisipasi pada Program Booking Booster 2019

written by Admin March 4, 2019
Startup Asal Indonesia Siap Partisipasi pada Program Booking Booster 2019

Hari ini (4/3), Booking.com mengumumkan 10 perusahaan startup di bidang pariwisata berkelanjutan yang akan mengikuti Program Booking Booster di Amsterdam di bulan April dan Mei 2019. Di tahun ketiganya, program akselerator berdurasi 3 minggu ini diisi dengan serangkaian kuliah, workshop serta pelatihan, dan diakhiri dengan pembuatan proposal untuk mendapatkan dana hibah hingga 500.000 (setara Rp8 miliar) dari total dana Booking Booster senilai 2 juta (setara Rp32 miliar) untuk mendorong pertumbuhan mereka. Mewakili Indonesia, Sumba Hospitality Foundation berpatisipasi sebagai 10 finalis teratas pada tahun ini.

“Kami melihat mutu kewirausahaan inovatif di sektor pariwisata berkelanjutan yang terus berevolusi dan menjadi matang,” kata Gillian Tans selaku President & CEO Booking.com.

“Keberagaman perspektif yang diwakili para finalis Booking Booster tahun ini, serta kreativitas mereka untuk memanfaatkan teknologi berkembang dan memaksimalkan dampaknya, begitu menginspirasi. Saya sangat bersemangat untuk mengenal lebih dalam para pembuat perubahan ini dan belajar lebih jauh tentang rencana inventif mereka untuk mengubah masa depan travel.”

Dari ratusan peminat dari seluruh dunia, 10 perusahaan startup yang bergabung di tahun 2019 ini berasal dari 9 negara yang berbeda dan beroperasi secara kolektif di seluruh dunia. Bisnis mereka juga mewakili keberagamaan model bisnis dan solusi, termasuk produk yang pemanfaatan teknologi untuk memfasilitasi konservasi lingkungan dan alam liar berskala. Mereka juga memanfaatkan platform yang memberdayakan komunitas beresiko untuk tumbuh berkembang melalui pendekatan pariwisata yang inklusif.

“Keberlanjutan sesungguhnya lebih dari sekadar berbelanja dengan sadar atau aksi sekali-sekali,” komentar Livia Firth selaku Pendiri dan Direktur Kreatif Eco-Age dan Duta Booking Booster 2019.

“Semua ini tentang pendekatan holistik dalam menjalankan bisnis yang memperhitungkan keseluruhan supply-chain dan komunitas. Menyenangkan sekali rasanya menjadi bagian dari upaya Booking.com untuk mendukung dan membiayai perusahaan startup yang memperjuangkan travel berkelanjutan, yang dalam semua bentuknya, adalah sebuah realita terjangkau yang menguntungkan travelers, komunitas lokal, dan planet kita,” tambahnya.

Sumba Hospitality Foundation merupakan sebuah sekolah-resort dimana melatih penduduk lokal muda dalam keterampilan hospitality, dimana juga mempersiapkan mereka untuk industri wisata di pulau tersebut, berlokasi dekat dengan Bali dan secara perlahan dibangun untuk menjadi salah satu destinasi wisata. Sekolah perhotelan ini menjanjikan pemuda-pemudi Sumba yang kebanyakan berasal dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan sebuah kesempatan dilatih demi sebuah peluang pekerjaan di industri hospitality, Sumba Hospitality

Inge De Lathauwer selaku Pendiri Sumba Hospitality Foundation mengatakan, “tiket ke Booking Booster merupakan lompatan besar bagi organisasi kami: keahlian dan bimbingan dari Booking.com adalah batu loncatan yang telah kami cari sejak lama untuk meningkatkan model pariwisata yang bertanggung jawab. Tim kami sangat bersemangat untuk memanfaatkan peluang luar biasa ini!”

Sumba Hospitality Foundation akan bergabung dengan 9 finalis lain pada Program Akselerator Booking Booster 2019 untuk berkompetisi di April dan Mei 2019 di Amsterdam, Belanda.

  • Avy | Belanda Avy adalah perusahan drone untuk kebaikan, yang membangun drone jarak jauh untuk pengiriman obat-obatan, melindungi kehidupan alam liar, dan konservasi lingkungan.
  • Clean Travel | Australia Platform perangkat lunak inovatif Clean Travel membantu operator travel etis setempat mengelola bisnis mereka dan menjangkau pelanggan internasional.
  • Hydrao | Prancis Hydrao menyediakan solusi manajemen pintar untuk konservasi dan pengelolaan air.
  • I Like Local | Belanda I Like Local adalah marketplace untuk travel berdampak yang menghubungkan travelers dengan penduduk setempat di negara berkembang, yang bertujuan untuk menyediakan pengalaman autentik bagi travelers dan pendapatan tambahan bagi host setempat.
  • IMPULSE Travel | Kolombia Impulse adalah platform pariwisata regeneratif untuk pengalaman di destinasi, yang menawarkan lebih dari 200 tur dan aktivitas di tujuh lokasi di Kolombia.
  • NotOnMap | India NotOnMap memberdayakan komunitas dan menciptakan mata pencaharian untuk masyarakat marginal di daerah terpencil melalui preservasi budaya dan warisan, menghubungkan travelers dengan pengalaman yang unik dan bervariasi.
  • Okra Solar | Australia Teknologi inovatif Okra akan mengubah pasar energi dan menyediakan akses energi terbarukan yang terjangkau untuk 1,2 miliar orang yang hidup di pedalaman.
  • The Picha Project | Malaysia Picha mempromosikan warisan budaya dengan memberdayakan para pengungsi untuk berbagi kuliner tradisional autentik dari tanah leluhur kepada kalangan umum.
  • SASANE Sisterhood Trekking and Travel | Nepal SASANE Sisterhood Trekking and Travel menciptakan pariwisata dengan tanggung jawab sosial dengan melatih perempuan setempat yang pernah menjadi korban trafficking sebagai pemandu trekking dan tur di desa terpencil di gunung-gunung Nepal.

Semua perusahaan sosial yang berpartisipasi akan menerima bimbingan dan pelatihan selama setahun dari para ahli di Booking.com. Mereka juga akan menerima berbagai peluang dan akses untuk berkolaborasi dengan Booking.com dalam inisiatif inovasi yang potensial, serta eksperimen untuk membantu mempercepat pertumbuhan, termasuk proyek yang dilakukan Program Relawan Booking Cares.

Dalam membantu travelers untuk menjelajahi dan merasakan lebih dari 145.000 destinasi unik di seluruh dunia, Booking.com juga berupaya untuk berkontribusi terhadap keberlanjutan mereka sehingga generasi mendatang dapat terus menikmatinya selama bertahun-tahun mendatang. Dengan Booking Cares Fund dan Booking Cares Labs, Booking Booster Program juga bekerja sama dengan program relawan internal Booking.com, di mana pegawai Booking.com telah lama bermitra dengan organisasi setempat dalam berbagai proyek yang membantu meningkatkan kualitas destinasi di seluruh dunia. Berbagai inisiatif ini membentuk dan memperluas komitmen Booking.com untuk membuat dampak positif pada industri pariwisata global.

You may also like

Leave a Comment

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});