Home Lifestyle Inilah List Film Tayang Offline & Online di KIFF 2020

Inilah List Film Tayang Offline & Online di KIFF 2020

written by Admin October 21, 2020
Inilah List Film Tayang Offline & Online di KIFF 2020

Penyelenggaraan event tahunan Korea-Indonesia Film Festival (KIFF) 2020 telah diumumkan secara resmi akan jatuh pada tanggal 28 – 31 Oktober 2020 dan menariknya akan digelar dengan dua cara, offline di beberapa bioskop CGV di Bandung dan online melalui layanan streaming GoPlay.

Secara garis besar, dijelaskan oleh Rivki Morais selaku Festival Director KIFF 2020 menyebut perbedaan film yang akan tayang di layar lebar dalam festival ini dengan yang tampil di layar streaming adalah dari segi nilai sinematiknya.

“Film yang kami pilih di studio adalah film yang memiliki value cinematic yang berbeda dibanding yang di online,” terang Rivki dalam virtual press conference Korea Indonesia Film Festival 2020, pada hari Rabu (21/10).

“Tentunya film yang tayang di online sudah pernah tayang di bioskop. Namun kami ini kami memilih film-film yang memberikan visual luar biasa secara cinema spectacle, jadi ada pengalaman yang kami bawa di sana,” tambahnya.

Berikut jadwal tayang film KIFF 2020, baik secara online maupun offline.

Offline Screening

Secara offline, KIFF 2020 akan mengadakan penayangan di bioskop CGV Paris Van Java dan Kings Shopping Center Bandung. Bagi pengunjung yang berminat, tiket untuk film dapat diperoleh langsung di lokasi.

Berikut ini adalah daftar film yang tayang secara offline di KIFF 2020:

  • The Swordsman

The Swordsman yang jadi debut Joe Taslim di perfilman Korea menceritakan tentang kondisi setelah Raja dari Dinasti Joseon, Gwanghaegun digulingkan. Seorang pendekar pedang terbaik negara itu, Tae Yool (diperankan Jang Hyuk) seketika lenyap.

Dinasti Joseon sendiri juga berada dalam kekacauan akibat konflik antara Dinasti Qing dan Ming. Gurutai (Joe Taslim), anggota dari keluarga kekaisaran Qing, membuat tuntutan yang tidak masuk akal pada Joseon.

  • Train to Busan: Peninsula

Peninsula merupakan film laga thriller yang mengisahkan sekelompok orang yang berhasil selamat dari wabah serta serangan zombie di Korea Selatan pada 2016.

Salah satu yang selamat adalah Jung-seok, mantan angkatan bersenjata dan menyelamatkan diri dari kawasan terinfeksi zombie. Namun, setelah empat tahun kemudian, ia terpaksa kembali ke sarang zombie untuk menyelesaikan misi.

Ia tak sendiri. Jung-seok kembali bersama beberapa orang lainnya kembali ke Seoul melalui pelabuhan Incheon. Dalam perjalanan, Jung-seok bertemu dengan beberapa orang lainnya yang ternyata bebas dari infeksi zombie.

  • Ashfall

Film bergenre laga ini mengisahkan peristiwa letusan vulkanik Gunung Baekdu di era modern. Letusan ini mengakibatkan kekacauan karena khawatir akan melenyapkan Semenanjung Korea.

Sebuah tim pun ditugaskan untuk menghentikan letusan bagi gunung ‘suci’ masyarakat Korea itu.

Pakar ledakan (Ha Jung Woo) harus bekerja sama dengan pejabat khusus Korea Utara (Lee Byung Hun) serta pakar geologi nomor satu (Ma Dong Seok) untuk menghentikan bencana dahsyat yang dapat menyebabkan Korea menghilang dari peta dunia untuk selamanya.

  • Beasts Clawing at Straw

Beasts Clawing at Straw mengisahkan Joong Man (Bae Sung-woo) yang bekerja paruh waktu di sebuah pemandian umum usai gagal berbisnis. Ia memiliki kondisi keuangan yang sulit dan tinggal bersama ibunya yang menderita Alzheimer.

Suatu kali, ia menemukan sebuah tas berisi uang di pemandian umum tempatnya bekerja. Alih-alih mencari pemiliknya, ia memutuskan menyimpan uang tersebut.

Sementara itu, Tae Young (Jung Woo-sung) yang merupakan petugas bea cukai rela meminjam uang dalam jumlah besar kepada rentenir untuk modal kekasihnya, Yeon Hee, berbisnis. Namun Yeon Hee justru menghilang.

Beasts Clawing at Straw merupakan film thriller Korea yang dibuat berdasarkan novel bertajuk Wara nimo Sugaru Kemonotachi karya Keisuke Sone. Film ini juga dibintangi Jeon Do-yeon, Youn Yuh-jung, Jeong Man-sik dan Jin Kyung.

  • Deliver us From Evil

Film thriller kriminal yang disutradarai dan ditulis Hong Won-chan ini mengisahkan penculikan mengejutkan di Thailand.

Seorang pembunuh bayaran yang baru saja menyelesaikan misi terakhirnya, In-nam (Hwang Jung-min), menyadari penculikan di Thailand itu berkaitan dengan dirinya.

Oleh sebab itu, ia menemui salah satu rekannya, Yoo-yi (Park Jung-min), untuk sama-sama menelusuri kasus penculikan tersebut.

Sementara itu, Ray (Lee Jung-jae) mengetahui bahwa saudaranya merupakan korban pembunuhan In-nam. Ia lantas terbang ke Thailand untuk balas dendam kepada In-nam.

  • Gundala

Film Gundala bercerita tentang Sancaka yang hidup di jalanan sejak orang tuanya meninggalkannya. Menjalani kehidupan yang berat, ia memikirkan keselamatannya sendiri untuk bertahan hidup.

Ketika keadaan kota makin buruk dan ketidakadilan berkecamuk di seluruh negara, Sancaka harus memutuskan, apakah dia terus hidup menjaga dirinya sendiri atau bangkit menjadi pahlawan bagi mereka yang tertindas.

Gundala diperkenalkan lewat seri komik Gundala Putra Petir karya Hasmi yang pertama kali rilis pada 1969. Ia diceritakan sebagai insinyur bernama Sancaka yang berambisi mencari serum anti petir.

  • Habibie & Ainun 3

Habibie & Ainun 3 menyoroti kehidupan Ainun kala remaja. Ainun merupakan siswi cerdas yang menjadi pujaan siswa sekolahnya, termasuk Habibie. Ainun dan Habibie mulai dekat lewat pertemanan.

Pesona Ainun membuatnya tetap menjadi idola ketika menjadi mahasiswi kedokteran. Ainun menarik perhatian Ahmad, mahasiswa tampan yang berasal dari keluarga terpandang.

Habibie dan Ainun 3 ini dibintangi Maudy Ayunda, Jefri Nichol dan Reza Rahadian.

  • Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam menceritakan tentang keinginan Maya yang diperankan Tara Basro dalam mengungkap misteri keluarganya.

Hal itu bermula ketika Maya mengalami permasalahan termasuk dalam pekerjaannya bersama dengan Dini (Marissa Anita). Masalah itu membuatnya ingin ‘rehat’ sejenak dengan mengunjungi tanah leluhurnya.

Kunjungan itu dikarenakan Maya menerima kabar bahwa dirinya bisa menerima harta warisan apabila mengunjungi desa leluhurnya.

Ia pun memilih untuk berkunjung ke desa leluhurnya nan terpencil dan terpelosok bersama Dini dengan harapan mengetahui keluarganya.

Online Screening

Secara online, KIFF 2020 bisa disaksikan di layanan streaming GoPlay. Dengan begitu, pengunjung diwajibkan untuk memiliki akun dan aplikasi GoPlay terlebih dahulu untuk bisa mengakses film yang tayang di KIFF 2020.

Berikut ini adalah daftar film yang tayang secara online di KIFF 2020:

  • A Taxi Driver

A Taxi Driver bermula dari seorang reporter asal Jerman, Peter, bekerja di Tokyo pada Mei 1980. Pada suatu hari, ia mendapat kabar bahwa sesuatu hal aneh dan misterius terjadi di Gwangju, Korea Selatan, dan memutuskan ke sana.

Sementara itu, pengemudi taksi bernama Kim Man-seob mendengar seorang turis asing bersedia membayar tinggi bagi yang mau mengantarkannya ke Gwangju.

Tak banyak yang mau mengambil tawaran tersebut karena mengetahui situasi panas di Gwangju. Namun demi menafkahi keluarga, ia langsung bergegas meninggalkan restoran dan menemui Peter.

Keduanya pun bersepakat dan akhirnya pergi ke Gwangju dengan taksi Man-seob.

  • Parasite

Parasite dimulai dengan kondisi nahas keluarga Kim, Ki-taek, Ki-woo, Ki-jung, Choong-sook, yang semua pengangguran. Mereka hanya menggantungkan harapan hidup dari melipat kotak pizza.

Hingga suatu hari, seorang rekan Ki-woo, Min-hyuk, menawarkan lowongan pekerjaan kepada Ki-woo untuk menjadi guru bahasa Inggris Da-hye, seorang anak perempuan yang lambat laun ditaksir Min-hyuk.

Berbekal ijazah kelulusan palsu, Ki-woo pun menjadi guru Bahasa Inggris Da-hye, yang merupakan anak dari keluarga konglomerat, Tuan Park.

Perlahan tapi pasti keempat anggota keluarga Kim bekerja di kediaman Tuan Park, mulai jadi guru Bahasa Inggris, guru seni, asisten rumah tangga serta supir pribadi.

  • Kim Ji Young 1982

Kim Ji-young, Born 1982 menceritakan kisah seorang wanita bernama Kim Ji-young (Jung Yu-mi) yang terpaksa keluar dari pekerjaannya karena hamil dan harus menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya.

Sebagai wanita Korea biasa di usia 30-an, Kim Ji-young seringkali merasa berat menjalani keseharian sebagai seorang ibu rumah tangga.

Meski kini menikah dengan pria yang dicintai, dia harus berusaha keras membesarkan anak perempuan mereka, hal yang membuatnya menanggalkan banyak hal dalam hidup.

  • The Beauty Inside

The Beauty Inside mengisahkan Woo jin, seorang desain furnitur yang memiliki kehidupan luar biasa. Setiap hari, ia selalu bangun dalam rupa yang berbeda-beda. Kadang ia bangun dalam rupa pria amat tampan dan kadang dalam rupa perempuan.

Kehidupan luar biasa tersebut sudah dijalani sejak usia 18 tahun. Sehingga, Woo jin memiliki peralatan, busana, sepatu hingga aksesoris yang pas dengan segala perubahannya ketika dewasa.

Meski selalu dalam rupa yang berbeda-beda, Woo jin tetap memiliki pikiran dan perasaan yang sama. Woo jin tetap menyukai Yi soo (Han Hyo-joo) dan selalu berkomunikasi dengannya setiap hari.

Sayangnya, Yi soo tak menyadari hal tersebut karena tidak mengenali Woo jin yang selalu datang dalam rupa lain setiap harinya

  • On Your Wedding Day

On Your Wedding Day mengisahkan cerita cinta romantis antara Seung Hee (Park Bo Young) dan Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang kembali muncul setelah sekian lama tak bertemu.

Keduanya pertama kali bertemu kala masih duduk di bangku SMA. Keduanya sama-sama saling suka namun tak ada yang berani mengungkapkannya, hingga jalan takdir mempermainkan mereka.

  • Architecture 101

Architecture101 mengisahkan kepulangan Yang Seo-yun (Han Ga-in) ke rumah lamanya di Pulau Jeju. Dia berencana merenovasi rumahnya itu sebagai tempat pemulihan ayahnya yang sakit keras.

Ia pun membutuhkan seorang arsitek untuk mewujudkan impiannya itu. Dari banyak kandidat, ia memutuskan merekrut Seung Min (Uhm Tae-woong) yang merupakan sosok masa lalu dari Ga-in.

Namun sejatinya ada niat lain dari Ga-in kepada Seun Min selain daripada urusan merenovasi bangunan

  • Juror 8

Juror 8 mengisahkan perjalanan 8 juri dari masyarakat sipil dalam sebuah kasus kriminal.

Sidang kasus kriminal yang melibatkan Kwon Nam Woo (Park Hyung Sik) itu dipimpin oleh Kim Joon Kyeom (Moon So Ri). Kim merupakan hakim ketua yang memimpin dalam kasus persidangan pertama dengan juri sipil ini.

Perjalanan delapan warga sipil untuk menguak kasus pembunuhan ini kemudian mengantarkan mereka dalam berbagai drama

  • The Odd Family Zombie On Sale

Film laga komedi ini mengisahkan, perusahaan farmasi terbesar di Korea, Human Bio, melakukan eksperimen ilegal terhadap manusia yang kemudian gagal dan membuat manusia menjadi zombi.

Dalam waktu singkat, zombi di pusat kota menyebar hingga pedesaan, tempat tinggal keluarga Park. Alih-alih takut, mereka malah memelihara zombi tersebut untuk menghasilkan uang. Putri bungsu keluarga itu bahkan menyukai zombi tersebut.

  • The Witch: Part 1 Subversion

The Witch: Part 1 Subversion menceritakan seorang remaja dengan kekuatan super namun mengalami hilang ingatan usai sebuah tragedi.

Dr Baek (Jo Min-su) dan Choi (Park Hee-soon) kaget ketika mendapatkan kabar soal laboratorium mereka. Insiden tersebut membuat sejumlah peneliti tewas dan objek penelitian hilang.

Sepuluh tahun kemudian, seorang remaja bernama Ja Yoon (Kim Da-mi) menjadi perhatian berkat sebuah ajang pencarian bakat. Namun bakat Ja Yoon ini mengingatkan akan insiden sedekade sebelumnya.

You may also like

Leave a Comment