Home Lifestyle Multi Bintang Indonesia Tegaskan Ambisi Jadi Perusahaan Terdepan & Berkelanjutan

Multi Bintang Indonesia Tegaskan Ambisi Jadi Perusahaan Terdepan & Berkelanjutan

written by Admin October 19, 2020
Multi Bintang Indonesia Tegaskan Ambisi Jadi Perusahaan Terdepan & Berkelanjutan

Multi Bintang Indonesia, mengumumkan langkah-langkah dalam perkembangan dalam upaya menjadi perusahaan terdepan dalam aspek keberlanjutan di Indonesia melalui peluncuran Sustainability Report 2019. Saat ini, setengah dari energi yang digunakan di fasilitas produksi Multi Bintang berasal dari sumber energi terbarukan, dan perusahaan memiliki target untuk mencapai 100% penggunaan energi terbarukan pada tahun 2025 sebagai upaya mengurangi jejak karbon.

Sebagai peracik bir tertua di Indonesia, sepanjang perjalanannya Multi Bintang telah belajar untuk berkembang dalam kondisi lingkungan yang selalu berubah, dan perubahan iklim merupakan salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi di era ini. Perusahaan berkomitmen untuk terus berkontribusi menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi masyarakat dan bumi ini, melalui strategi keberlanjutan ‘Brewing a Better World’, yang berpusat pada kemitraan dan kolaborasi dengan para karyawan, masyarakat sekitar, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Selama sembilan dekade, kami meracik dan menyajikan Bir Bintang, merek bir paling ikonik di Indonesia. Kami berkomitmen untuk selalu menyajikan produk dengan kualitas terbaik bagi para konsumen, dengan senantiasa menempatkan bumi ini dan manusia yang ada di dalamnya sebagai pusat dari perusahaan kami. Oleh karena itu, kami menetapkan target yang ambisius untuk perusahaan ini dalam perjalanan keberlanjutan kami dan selalu berusaha untuk membuat dampak yang berarti,” ujar Ika Noviera, Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia.

Mengangkat tema “Brewing a Limitless Tomorrow”, Sustainability Report 2019 menggambarkan bagaimana perusahaan mengintegrasikan seluruh kegiatan bisnis dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan utama dalam berbagai inisiatif. Laporan tersebut mengangkat berbagai progres dan pencapaian Multi Bintang terkait area fokus penting yang mendukung upaya perusahaan untuk mengembangkan rantai nilai berkelanjutan secara menyeluruh:

Pengurangan Emisi Karbon:

  • Percepatan ambisi Multi Bintang untuk menggunakan 100% energi terbarukan dalam proses produksi, sebagai upaya mendukung ambisi pemerintah Indonesia untuk mencapai 23% energi terbarukan pada 2025.
  • Pencapaian 97,34% kemasan yang dikembalikan dan digunakan kembali (botol bekas, kaleng, dan barel) serta 98% byproducts yang didaur ulang (spent grain, sludge, dan abu sekam padi).

Perlindungan Sumber Daya Air:

  • Air merupakan salah satu bahan dasar utama dari bir. Oleh karena itu, setiap tetesnya menjadi penting, dan merupakan tanggung jawab perusahaan untuk melindungi sumber daya air. Melalui program Pengelolaan Restorasi Terpadu Berbasis DAS bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara, kami ingin melindungi dan memulihkan DAS Cisadane untuk mencapai target pemulihan air 100%. Melalui upaya reboisasi, kami telah mengembalikan 35 juta liter air ke alam setiap tahunnya, atau setara dengan konsumsi air 350.000 orang per hari.
  • Peluncuran program tiga tahun untuk pemulihan sumber daya air yang bernama “River2River Journey”, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penurunan kualitas sumber daya air akibat limbah rumah tangga.

Tumbuh Bersama Masyarakat Melalui Advokasi Pengelolaan Limbah Bertanggung Jawab:

  • Peluncuran program “Sungai Watch” di Bali bekerja sama dengan Make a Change World, untuk memperkenalkan budaya pengelolaan limbah bertanggung jawab di kawasan pariwisata dengan tujuan mencegah limbah mencemari sungai-sungai dan lautan.
  • Penambahan jumlah bank sampah dari 238 unit pada 2018 menjadi 273 unit per Desember 2019, yang tersebar di 18 wilayah di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dan Kota Tangerang, Banten.

Konsumsi Bertanggung Jawab:

  • Kami percaya bahwa produk-produk kami harus dinikmati secara bertanggung jawab, dan penting bagi kami untuk menciptakan lingkungan yang positif bagi konsumen. Kami melibatkan para pelanggan, seperti bar dan restoran, untuk mendukung konsumsi yang bertanggung jawab dengan memberikan pelatihan kepada outlet mitra dan para karyawan mereka.
  • Secara bersamaan, kami juga menawarkan lebih banyak pilihan minuman bebas alkohol kepada para konsumen.

Di tahun yang sama, Multi Bintang mendapat kehormatan untuk menerima Sustainable Business Awards 2019, dengan kategori Special Recognition on Workforce. Penghargaan tersebut merupakan simbol pengakuan atas kontribusi Multi Bintang dalam mendukung budaya inklusif dan keragaman dalam perusahaan.

“Multi Bintang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik, sekarang dan untuk generasi mendatang. Sepanjang 88 tahun perjalanan kami di Indonesia, kami percaya bahwa semua yang telah kami capai tidak akan mungkin terjadi jika kami melakukannya sendiri. Bersama dengan masyarakat sekitar, pemerintah, maupun masyarakat secara luas, kita semua dapat membantu membangun Indonesia yang lebih cerah dan lebih hijau,” tutup Ika.

You may also like

Leave a Comment